Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

johnwick245Avatar border
TS
johnwick245
Sulit Bedakan Gejala Pilek Vs COVID-19 pada Anak? Ini Bedanya


Photo By Detik.com

Jakarta - Anak-anak bisa terinfeksi COVID-19, namun mungkin sering diabaikan karena gejalanya yang mirip dengan pilek biasa. Hal ini bisa jadi masalah tersendiri karena anakbisa saja terlambat mendapat penanganan bila kondisinya memburuk atau menyebarkan virus tanpa sadar ke orang lain.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengatakan pilek dan COVID-19 yang ringan memiliki gejala mirip mulai dari sakit tenggorokan, kelelahan, batuk, serta sakit kepala.

Menurut ahli medis sekaligus kolumnis, Leana Wen, beberapa gejala tersebut sebetulnya bisa memiliki ciri khas yang dapat dibedakan. Sebagai contoh batuk pada gejala COVID-19cenderung kering atau minim dahak.

Lebih jauh anak yang pilek biasanya kesulitan mencium bebauan karena hidung yang tersumbat oleh ingus. Sementara pada COVID-19, kesulitan mencium bebauan dapat terjadi tanpa adanya keluhan hidung tersumbat.

Anak yang mengidap COVID-19 juga dapat mengalami keluhan mual, muntah-muntah, dan diare yang jarang terjadi pada penyakit pilekbiasa.

"Saya mendorong agar orang tua memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi dan tidak menyuruh anak ke sekolah bila sedang merasa tidak sehat atau mengalami gejala mirip COVID-19," kata Leana seperti dikutip dari CNN, Selasa (10/8/2021).

Sumber Berita: Detik.com


emineminna
EriksaRizkiM
aldirules1205
aldirules1205 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.9K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.