Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rantai.bumiAvatar border
TS
rantai.bumi
Bagaimana Rasanya Menggunakan Iklan Berbayar Seperti Tokped, Shopee,Lazada ?
Bagaimana Rasanya Menggunakan Iklan Berbayar Seperti Tokped, Shopee,Lazada ?
Apa Itu Iklan Berbayar ?


Iklan berbayar atau dikenal juga dengan Paid Ads merupakan cara pemasaran digital melalui pemasangan iklan di platform tertentu sehingga mengundang pemirsa atau calon pelanggan untuk mengunjungi halaman produk terkait.


Iklanku. Dulu pas masih kerja dan freelance saya pakai day to day. Saya sih selalu bilang Shopee dan Lazada itu kaya kolam koi restoran Sunda. Kita lempar nasi langsung dikerubuti, kita lempar tulang ikanpun dikerubuti


Jadi yang perlu dipahami pertama kali adalah: kita gak butuh pasang iklan kalau hanya untuk sekadar laku. Kalau kita udah lempar ke kolam tapi gak dikerubuti, mungkin:


Harus bersabar, karena ikan koinya masih OTW

Yang kita lempar bukan nasi tapi batu bata

Gak semua jenis produk bisa laris dalam semalam, walaupun mungkin-mungkin aja itu terjadi untuk beberapa produk


Barang yang kalau gak diiklanin gak laku, diiklanin kemungkinan besar akan gak laku juga. Ingat, 10 x 100 = 1000, tapi 0 x 100 = 0


Jadi pertama sabar dulu, baru lihat. Kalau barang harga wajar dan di bawah 100 ribu seminggu belum ada yang beli, atau harga wajar dan di bawah 250 ribu sebulan belum ada yang beli, berarti ada hal fundamental yang harus diperbaiki. Entah itu:


Apa Yang Harus Diperbaiki Saat Menggunakan Iklan Berbayar Seperti di OLX, Shopee,Di Tokopedia, dll?


Deskripsi Produk


Bagaimana Rasanya Menggunakan Iklan Berbayar Seperti Tokped, Shopee,Lazada ?


Deskripsi produk adalah informasi yang menjelaskan produk Anda, baik berupa spesifikasi produk, kelebihan, cara penggunaan dan lain sebagainya. Bagi penjual, deskripsi produk bermanfaat untuk bisa memperkenalkan produk mereka secara spesifik. Sebelum menulis deskripsi produk langkah yang pertama adalah mengenal target konsumen anda, mencari tahu karakter konsumen anda . Mulai dari kesukaan mereka, apa yang mereka butuhkan , seberapa sering mereka mengunjungi website anda , dan kenali juga gaya bahasa yang tepat untuk membangun komunikasi dengam mereka. Biasanya gaya bahasa bisa disesuaikan dengan usia target konsumen atau selera humor.


Foto Produk

Bagaimana Rasanya Menggunakan Iklan Berbayar Seperti Tokped, Shopee,Lazada ?

Salah satu fungsi Foto Produk adalah meningkatkan nilai jual produk pada calon konsumen kita. Membuat Foto Produk yang estetik untuk kegiatan promosi memegang peranan penting dalam membangun brand baru dunia marketing.


Seberapa penting foto produk ? Sebelum belanja online yang calon konsumen pertama lakukan adalah mengetik kata kunci yang ingin mereka lihat. Kemudian mereka akan melihat lihat produk melalui foto produk . Dia tidak melihat harga, deskripsi atau nama. Setelah itu , maka calon konsumen anda akan membandingkan harga dan melihat deskripsi produk.


Semakin bagus foto produk maka kemungkinan besar calon konsumen akan melakukan deal dengan anda. Fenomena konsumen ini terjadi karena manusia adalag makhluk visual. Proses informasi lebih cepat diproses melalui gambar atau foto.


Deskripsi Toko


Berikan informasi tentang toko Anda seperti sejarah, jenis produk, lokasi pengiriman, jam operasional, dan keunggulan lainnya.


Deskripsi toko membantu calon konsumen mengetahui produk yang dijual dalam etalase toko online. Kategorikan produk berdasarkan kategori yang sesuai. Selain itu beri informasi seperti lokasi tempat kamu berjualan online. Nomor telepon yang aktif dan bisa dihubungi dengan cepat.


Khusus untuk Shopee, biasanya ngaco tetep laris sih, jadi kalau sampai harus ada perbaikan fundamental kaya gini berarti ngaconya itu udah ngaco banget haha. Contohnya yang jual masker harganya di luar batas kewajaran, eh gak taunya produknya disembunyikan oleh sistem. It happens, a lot of times


Jangan lupa buka halaman, "produk saya," terus nanti di sana ada kuota produknya, biasanya di awal 100. Nah itu angka 100 nya diklik, terus pilih, "tingkatkan akun saya." Ada step by step-nya registrasi pakai KTP. Nanti kalau berhasil kuota nambah jadi 2000


"Tapi saya ga butuh kuota sebanyak itu."


Nah fungsi ningkatin akun itu biar bisa didaftarkan ke program-program semisal cashback dan gratis ongkir. Nanti kalau dapat kesempatan, dikasih tau di notifikasi


Oke anggaplah secara fundamental udah benar semua. Ada 2 faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memasang iklan:


Budget

Keumuman produk

Sebelum membahas kaidahnya, kita kenali dulu kedua faktor ini. Budget, hanya untuk iklanku saja, apapun jenisnya (kata kunci, produk terkait, dan toko), di luar campaign berbayar, bisa dibagi 3:


Kecil atau indie, di bawah 5 juta per bulan

Sedang atau menengah, 5–10 juta per bulan

Besar, di atas 10 juta per bulan


Keumuman produk, ini kualitatif, bisa dibagi 3 juga:


Umum

Biasa saja

Niche


Karena keumuman produk ini cenderung menggunakan analisis, artinya dia tidak bersifat seperti bilangan biner yakni satu dan nol, jadi tidak ada yang namanya mutlak umum ataupun mutlak niche. Bentuknya spektrum, dan semua relatif


Oke, sebelum kita lanjut soal faktor ini, ada satu hal yang harus kita kenali dalam dunia periklanan: return on investment (ROI). ROI dalam bahasa indonesia bisa disebut rasio uang yang diperoleh atau hilang pada suatu investasi, relatif terhadap jumlah uang yang diinvestasikan.  Mohon maaf ini ya matematika dikit


Laba atas investasi = ((omset - biaya iklan)/biaya iklan) x 100%


Bagaimana Rasanya Menggunakan Iklan Berbayar Seperti Tokped, Shopee,Lazada ?


Nah mohon maaf lagi nih ya, statistik dikit, besaran ROI terhadap keumuman produk akan membentuk distribusi normal


Artinya, ROI untuk produk yang terlalu umum akan rendah, bahkan bisa hampir nol, kemudian semakin tidak umum semakin naik ROI-nya, sampai kepada titik produk itu menjadi niche. Erm, niche itu, …


…, nah saat produk tersebut udah menjadi niche, ROI-nya akan turun lagi


Kita Ambil Contoh: mainan


Produk pertama adalah bola. Bola ini mainan yang sangat umum, ROI-nya pasti sangat rendah, boleh dicoba sendiri kalau gak percaya


Produk Kedua Adalah Model Kit dan Action Figure 

ROI mainan jenis ini secara alami akan lebih tinggi daripada bola, terus sampai pada


Produk Ketiga, Mainan Seks. 

Ini niche, ROI-nya akan turun lagi


Nah barulah sekarang kita hubungkan kedua faktor ini


Iklan untuk barang umum, hanya bisa dijangkau oleh budget besar. Buat yang budgetnya menengah dan kecil, niscaya akan megap-megap liat duit baru top up udah langsung ludes lagi, itupun belum tentu produk kejual karena ROI-nya rendah.


Iklan untuk barang niche, bisa dijangkau oleh siapa saja, tapi saya hanya merekomendasikan untuk budget menengah dan besar. Kasihan buat yang budget-nya masih kecil lebih baik fokus meningkatkan skala bisnisnya dulu, jangan budget dipakai buat yang ROI-nya rendah.


Iklan untuk barang B ajah, nah ini yang sweet spot


Sekarang baru kita bahas memasang iklan dengan praktis. Saya gak bilang dengan advanced ya karena butuh SEO dan business analytics. Ntar bahasannya kepanjangan. SEO itu bisa buat jadi satu pertanyaan sendiri, business analytics bisa satu pertanyaan sendiri


Definisi cara praktis di sini adalah cepat, siapa saja bisa melakukan, tapi gak polos-polos amat biar duit kita gak melayang sia-sia ke kantong perusahaan aseng haha.


Kita juga cuma bahas iklan kata kunci ya. Karena selain iklan kata kunci gak banyak settingan-nya, tinggal atur budget cost per click (CPC), dan rule of thumb-nya sederhana: Shopee ngasih rekomendasi CPC, kita ikutin. ROI tinggi, boleh kita naikin di atas rekomendasi. ROI rendah, turunin. Udah gampang kan gitu aja.


Nah untuk iklan kata kunci, pertama kita pencet tombol sarankan kata kunci. Nanti muncul tuh kata kunci banyak. Tugas kita cuma satu: mencocokkan kata kunci dengan judul produk. Setiap kata dalam frasa kata kunci harus ada di dalam judul produk. Satu kata saja miss, buang satu frasa. Setelah semua bersih, nyalakan iklannya.


Eits, belum selesai. Habis iklan aktif, langsung pencet edit iklan kata kunci. Kenapa? Karena CPC optimal yang disarankan Shopee itu dinamis, dan saat pertama kali kita mengaktifkan iklan, nilainya over estimate. Gimana cara Shopee ngitung saran CPC yang optimal? Nah ini panjang lagi bisa satu pertanyaan sendiri. Kita skip dulu aja lah ya.


Misalnya dia sarankan 300, ternyata habis diaktifin, terus kita edit, sarannya turun jadi 250. Gak usah panik, gak usah sakit hati merasa dikibulin. Terima aja. CPC bisa di-adjust kapan aja, dan untuk pertama kali, langsung aja adjust setelah iklan diaktifkan.


Selepas itu, lakukanlah adjustment satu jam sekali. Kalau kamu megang store sendirian, gak punya karyawan, dan gak sempat monitor CPC, ya seenggaknya sehari sekali lah.


"Ribet juga ya." Oh jangan salah. Di pembagian budget tadi kan ada yang kategori budget besar. Untuk level itu biasanya gak cuma besar di budget iklan, tapi juga punya karyawan yang kerjanya memantau CPC dan menganalisis ROI, SEO, dll. real time. Ya kurang lebih kaya jual beli saham mengikuti pergerakan harga di Wall Street versi olshop lah.


Terakhir, kaidah adjustment CPC: boleh turun, gak boleh naik. Hari ini Shopee bilang optimal 300, besok 250, kita adjust 250. Besoknya dia bilang 280, jangan kita adjust ke 280. Buat yang ngerti cara kerja rekomendasi CPC optimal Shopee, mungkin akan nanya,


"Loh, nanti gak paling atas lagi dong?"


Emang, tapi karakteristik pembeli Shopee itu gak akan mikir, "pokoknya saya beli siapapun yang paling atas." Mereka price sensitive dan akan cenderung scroll beberapa kali dulu sebelum memilih. Itupun kalau udah milih masih bisa balik terus liat yang lain.


Yang lebih parahnya lagi? Scroll keluar masuk banyak halaman produk berkali-kali padahal ga niat belanja sama sekali. Hayo ngaku, pasti sering kan? Istilahnya belanja jendela atau window shopping.


Gak perlu berambisi selalu paling atas, mayoritas prospek pembeli itu PHP soalnya, daripada kamu amsyong kan.


Terus gimana mengoptimalkan budget yang sudah ada? Daripada buat naikin CPC, mending buat ngiklanin produk lain. Gak ada produk lain? Atau produk lainnya terlalu umum atau terlalu niche? Gaplokin product manager-nya. E-commerce itu harus gesit, pertumbuhan bisnis sebanding dengan perkembang biakan SKU (variasi produk) nya.


Masih meremehkan UMKM berbasis e-commerce? Masih menganggap jualan online itu karena gak sanggup beli susu buat anak? Justru praktisi e-commerce itu hanya untuk orang-orang yang berpikir maju.


Mamak kita paling pinter kalau nawar grosiran di Tanah Abang terus buat dijual lagi. Tapi buat generasi milenial dan generasi Z, skill mamak kita udah berevolusi jadi digital.


Jangan lupa kasih cendol kalau sekiranya thread ini bermanfaat hehe emoticon-Cendol Gan
Diubah oleh rantai.bumi 10-08-2021 05:30
0
849
2
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & ProfesiKASKUS Official
37KThread8.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.