Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Bupati Jayapura: Anggaran PON Rp16 miliar ditahan-tahan untuk apa?

Bupati Jayapura: Anggaran PON Rp16 miliar ditahan-tahan untuk apa?
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw saat diwawancarai wartawan. - Jubi/Engel Wally
Papua No. 1 News Portal | Jubi
Sentani, Jubi – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw meminta Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional atau PB PON XX Papua tidak ragu mengucurkan anggaran pelaksanaan PON kepada Sub PB PON XX. Awoitauw menyatakan waktu pelaksanaan PON XX Papua semakin dekat, dan Sub PB PON XX membutuhkan dana untuk mempersiapkan kejuaraan multicabang tingkat nasional itu.

Hal itu dinyatakan Awoitauw selaku Ketua Sub PB PON XX Kabupaten Jayapura. Ia menyampaikan hal itu seusai memimpin rapat koordinasi Sub PB PON XX Kabupaten Jayapura di Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura, Senin (9/8/2021).

Awoitauw mengaku kaget ketika mengetahui PB PON XX Papua baru menyerahkan Rp78 miliar dari total Rp94 miliar anggaran penyelenggaraan PON kepada Sub PB PON XX Kabupaten Jayapura. Ia tidak mengetahui kapan kekurangan Rp16 miliar itu akan dikucurkan.



“Rp16 miliar itu ditahan-tahan untuk apa? Pekerjaan dan semua kegiatan sudah harus berjalan. Berikan kepercayaan kepada kami. Apa yang sudah menjadi hak Sub PB PON tidak perlu ditahan lagi. Sudah ada kesepakatan dan penanganan berita acaranya beberapa bulan lalu, kenapa dihambat dan diperlambat seperti ini,” kata Awoitauw.

Ia menyatakan Sub PB PON Kabupaten Jayapura mulai menggunakan Rp78 miliar anggaran penyelenggaran PON yang telah mereka terima. Menurut Awoitauw, 30 persen anggaran itu telah diteruskan kepada setiap bidang kepanitiaan, dan mulai dibelanjakan sesuai kebutuhan.

“Kas kami memang belum habis. Akan tetapi, selisih [Rp16 miliar] yang belum digeser itu harus segera digeser ke kas kami,” tegas Awoitauw.

Ia menegaskan pihaknya tidak main-main dalam mengelola anggaran penyelenggaraan PON. Seluruh penggunaan anggaran itu dievaluasi setiap pekan, di mana setiap bidang kepanitiaan diwajibkan melaporkan penggunaan anggarannya. Pengawasan anggaran penyelenggaraan PON juga melibatkan pihak yang berkompeten, untuk memastikan tidak ada salah pengelolaan anggaran.


“Dukungan keuangan sangat penting, agar semua kegiatan semua bidang dapat berjalan dengan baik. Kalau hanya menunggu saja, kasihan masyarakat kita juga, yang setiap saat bertanya apakah PON XX akan berjalan di Papua atau tidak,” ujarnya.

Bendahara Umum Sub PB PON XX Kabupaten Jayapura, Subhan menjelaskan pihaknya telah menerima komitmen PB PON XX Papua yang akan mengucurkan anggaran penyelenggaran PON senilai Rp94,89 miliar. Akan tetapi, hingga Senin nilai anggaran yang telah diterima Sub PB PON XX Kabupaten Jayapura baru Rp78,688 miliar. Dengan demikian, kekurangan anggaran Sub PB PON XX Kabupaten Jayapura mencapai Rp16,204 miliar.

“Anggaran yang telah direalisasi [atau digunakan atau diteruskan] sebesar Rp22,17 miliar. Anggaran di Kas Sub PB PON XX Kabupaten Jayapura Rp56,51 miliar. Kami sudah berkonsultasi dengan tim Universitas Cenderawasih terkait selisih Rp16 miliar itu, mereka mengaku sudah dikoordinasikan,” kata Subhan. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G


https://jubi.co.id/bupati-jayapura-a...untuk-apa/amp/
PON sudah dekat...
semoga atlet-atlet dari banyak provinsi bisa berprestasi
semoga KKB  nggak banyak berulah pas PON
extreme78
muhamad.hanif.2
ksatriabajaputi
ksatriabajaputi dan 4 lainnya memberi reputasi
5
787
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.