semisapocAvatar border
TS
semisapoc
Bukan Sekadar Hobi, Ternyata Ini 10 Manfaat Merajut untuk Kesehatan


Akhir-akhir ini, atlet loncat indah asal Inggris Tom Daley menjadi topik perbincangan warganet di media sosial lantaran aktivitas merajut yang digelutinya diketahui publik saat Olimpiade Tokyo berlangsung. Hal itu terlihat ketika Daley sedang menonton pertandingan final loncat indah 3 meter putri pada Minggu pagi (1/8/2021) di Tokyo Aquatics Centre.

Sebelumnya, merajut kerap diidentikkan dengan kegiatan yang dilakukan generasi tua untuk menghabiskan waktu senggang. Namun, beberapa waktu belakangan ini, kegiatan satu itu juga mulai digandrungi generasi muda karena dianggap sebagai hobi yang classy.

Melansir dari Health Fitness Revolution, lebih dari sekadar hobi yang menenangkan, ternyata merajut memiliki beberapa manfaat kesehatan juga terutama untuk kesehatan mental lho Genhype. Simak yuk informasi berikut ini.

Melatih Fungsi Pikiran/Kognitif



Merajut adalah aktivitas dinamis di mana setiap keputusan diatur untuk mewujudkan apa yang kamu visualisasikan untuk bentuk akhir karya rajutmu. Melakukan hal itu bisa merangsang korteks motorik, lobus frontal dan oksipital yang bisa memperkuat pikiran dan memperlambat gangguan kognitif.

Menciptakan Rasa Orientasi atau Tujuan



Merajut sangat cocok untuk mereka yang berorientasi pada tujuan dan ingin mengatur tugas yang dapat dicapai. Terlepas dari apa yang kamu hasilkan, keberhasilan membuat suatu karya dapat menandakan pelepasan hormon dopamin, yang merangsang pusat achievement dalam diri. Euforianya mirip dengan perasaan yang kamu dapatkan setelah berhasil meletakkan potongan puzzle terakhir.

Meredakan Stres



Alih-alih menguras energi pada hal-hal yang tidak bisa kamu kendalikan, merajut justru bisa menghindari dari perasaan anxiety atau kekhawatiran. Merajut memiliki elemen terapeutik yang dapat secara efektif menghilangkan stres karena membuat kamu fokus pada tugas daripada berdiam dalam siklus stres yang terus-menerus.


Meningkatkan Konsentrasi



Baik bagi anak-anak atau orang dewasa, merajut bisa mengurangi sikap hiperaktif dan membantu mereka yang kesulitan fokus pada satu hal. Itu memberikan kamu sesuatu yang nyata untuk dikerjakan dengan mengalihkan perhatian untuk merajut. Kemampuan untuk segera melihat hasilnya otomatis bisa memperkuat keinginan untuk berkonsentrasi pada tugas yang ada.

Meningkatkan Memori



Merajut adalah kegiatan yang membutuhkan latihan dan dedikasi yang konsisten untuk mengembangkan keterampilan. Bahkan, orang yang paling berpengalaman dalam merajut pun dapat membuat kesalahan. Tak hanya itu, merajut juga mengajarkan kamu untuk mengingat kesalahan sehingga kamu dapat menyusun strategi untuk menghindarinya di masa depan.


Pustaka
nonaontop
nonaontop memberi reputasi
1
1.3K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hobby & Community
Hobby & CommunityKASKUS Official
10.4KThread6.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.