mbiaAvatar border
TS
mbia
Protes UNESCO Tak Digubris, Pemerintah Lanjut Bikin Jurrasic Park di Pulau Komodo


Seakan tak menghiraukan peringatan dari badan PPB, UNESCO, Pemerintah Indonesia tetap melanjutkan pembangunan taman nasional buatan di Pulau Rinca (Pulau Komodo), NTT meski dalam kondisi pandemi.

Pembangunan resor dan tempat wisata premium senilai Rp 69 miliar ini sudah hampir rampung. Resor "Jurrasic Park Indonesia" tersebut nantinya akan memberikan pengalaman pada turis lokal dan asing dalam melihat Komodo di alam liar buatan.
"Proyek ini akan dilanjutkan… sudah disetujui tidak akan memberikan dampak (lingkungan.red)," ujar Wiratno, Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem KLHK kepada kantor berita Reuters,dikutip HAI dari Kompas.com, Minggu (8/8/2021).

Baca Juga: Sejarah Labuan Bajo: Dari Nama, Pesona Komodo, Sampai Pasir Warna Putih dan Pink!

Padahal UNESCO sudah memperingatkan, jika rencana pembangunan "Jurassic Park" itu dilanjutkan akan ada sejumlah dampak buruk bagi lingkungan.

UNESCO dalam konferensi Komite Warisan Dunia mengatakan, proyek tersebut memerlukan penilaian baru untuk melihat lebih dalam lagi dampak lingkungan atas masalah penangkapan ikan ilegal dan potensi risiko terhadap habitat alami komodo.

Tak cuma UNESCO, sejumlah lembaga dan organisasi di Indonesia dan internasional juga menyoroti proyek tersebut, karena dianggap mengancam habitat komodo.

Namun seperti dikutip dari BBC Indonesia, Wiratno justru mengatakan pembangunan, termasuk di Pulau Rinca yang sudah mencapai 95 persen itu akan tetap dilanjutkan.

Dia mengatakan, pembangunan infrastruktur di lahan seluas 1,3 hektar di kawasan Loh Buaya, Pulau Rinca itu justru tidak merusak lingkungan dan malah untuk melindungi komodo.

Dalam pernyataan terpisah, Wiratno mengatakan proyek tersebut akan mencakup renovasi pada struktur yang sudah ada dan tidak akan menimbulkan bahaya bagi komodo.

Petinggi UNESCO meminta perkembangan baru dari analisis tersebut, tapi hingga kini pihaknya belum mendapatkan tanggapan dari Pemerintah Indonesia.

Wiratno, belum lama ini mengatakan analisis yang baru sedang disusun dan akan bisa diserahkan pada September mendatang.

Mesi begitu, hingga saat ini tidak ada kejelasan proyek apa yang sedang dilakukan di Pulau Rinca tersebut, apa benar ada area perlindungan komodo atau memanh hanya membangun "tempat wisata premium" di pulau tersebut.

Baca Juga: Dikenal Cinta Damai, Simpanse dan Gorila Terlihat Berperang di Alam Liar untuk Pertama Kalinya

Seperti dimetahui, "Jurassic Park" Indonesia adalah sebuah sebutan dari pengguna sosial media, bukan nama resmi proyek sebenarnya di Taman Nasional Komodo itu.

Penyebutan ini terjadi setelah foto yang viral di jejaring sosial, menggambarkan seekor komodo tengah berdiri di depan sebuah mobil besar dan seakan melawan pembangunan tersebut adegannya mengingatkan mereka pada pulau dinosaurus di film Jurassic Park.

Nah, sejak 2020, sejumlah pembangunan untuk pengembangan pariwisata dilaporkan sedang berlangsung di Taman Nasional Komodo, yang juga masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO.

Sejumlah lembaga dan organisasi di Indonesia dan internasional menyoroti proyek tersebut, selebritas yang peduli pada isu ini juga menyampaikan protesnya, karena "Jurrasic Park"ini dianggap mengancam habitat asli komodo.

"Apa yang mau diharapkan? Manusia aja dicuekin, apalagi komodo," cuit Fiersa.

"Maaf kan kami komodo ... hotel dll bukan habitat mu, yang kami ajak bicara hanyalah tembok uang tanpa hati . Batu. Semoga reinkarnasi nya pada jadi kecoak nanti," tulis Melanie.

Baca Juga: Komentar Soal 'Jurassic Park' di NTT, Anggota DPR RI Khawatir Pulau Komodo Berubah Jadi Pulau 'Mang Dodo'

"Ambil aja bos semuanya. Duitin semuanya. Kalimantan sawitin semuanya, bikin kaya yang punya duit. Pulau komodo bikin bangunan yg akan buat kaya investor yg ga tau orang manatuh,” cuit Bintang Emon pada Oktober tahun lalu tak digubris. (*)


https://hai.grid.id/read/072827584/p...i-pulau-komodo
Diubah oleh kaskus.infoforum 08-08-2021 08:03
guntur9090
Proloque
tepsuzot
tepsuzot dan 4 lainnya memberi reputasi
5
3.8K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.