Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Orang Indonesia Doyan Ketik "Wkwkwk" Saat Tertawa, Ini Asal-usulnya

volcom77Avatar border
TS
volcom77
Orang Indonesia Doyan Ketik "Wkwkwk" Saat Tertawa, Ini Asal-usulnya

Foto: Ayu ting-ting saat tertawa (Dok: Idn times)

KOMPAS.COM - Indonesia memiliki kata yang cukup unik untuk mengekspresikan tertawa di internet. Netizen Indonesia seringkali menggunakan kata "wkwk" (baca: weka-weka) untuk ekspresi kala gembira, senang, dan geli tersebut.

Penggunaan kata "wkwk" di Indonesia bisa dikatakan sangat unik. Warga dunia biasanya memilih istilah "laugh out loud", yang seringkali disingkat lol, atau "haha" untuk menggambarkan situasi tertawa. Sementara, "wkwk" hanya digunakan orang Indonesia saja.

Lantas, dari mana kata "wkwk" itu berasal? Pertanyaan tersebut muncul di situs tanya jawab Quora. Para anggota Quora asal Indonesia pun berlomba-lomba menjawab pertanyaan tersebut.

Salah satunya pengguna Quora bernama Dio Wijayanto Nugroho. Ia menuturkan bahwa kata "wkwk" sebenarnya lahir di komunitas game online.

Awalnya, menurut Dio, para pemain lebih gemar menggunakan kata "gua" sebagai pengganti "saya". Lambat laun, kata tersebut pun berganti menjadi "gw" karena lebih mudah untuk diketik, pemain hanya perlu mengetikkan dua huruf saja.

Perubahan juga terjadi di ekspresi tertawa. Penggunaan kata "haha" dianggap sangat formal di dunia game. Pemain lebih memilih untuk menggunakan kata "huehue" dan "huahua" untuk ekspresi tertawa.

Nah, sama seperti "gua" menjadi "gw", huruf "u" yang ada di "huehue" dan "huahua" diubah menjadi "w". Hasilnya, pemain memilih menggunakan kata "hwhwhw".

Kemudian kata itu berubah lagi menjadi "wkwk" dengan alasan lebih mudah diketik dibandingkan "haha".

Pemain game online bisa mengetikkan huruf "w" dengan tanpa menggerakan tangan kiri. Sementara itu, huruf "k" bisa diketik tanpa menggerakan tangan kanan. Itulah asal mula kata "wkwk".

Johannes Sulistyo, pengguna Quora lainnya, menambahkan para pemain game online di zaman itu gemar juga menuliskan kata "ka-ka-ka" sebagai ekspresi tertawa sarkastik. Penggunaan kata itu diambil dari "ngakak".

Lebih lanjut, penggunaan kata "wakaka" digunakan sebagai pengganti "ka-ka-ka" tersebut. Kemudian, untuk membuatnya semakin sederhana, dibuatkan kata "wkwk".

emoticon-Leh Uga emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak emoticon-Wkwkwk
Bagaimana dengan Anda? Ekspresi tertawa seperti apa yang sering digunakan
Quote:
Diubah oleh volcom77 06-08-2021 11:24
08kita2
varokahh
anameo96
anameo96 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
4.2K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.