• Beranda
  • ...
  • Games
  • Mengapa Harga Games di PC Lebih Murah di Banding di PS4?

hyde13
TS
hyde13
Mengapa Harga Games di PC Lebih Murah di Banding di PS4?

Sebagai contoh game Horizon Zero Dawn Complete Edition yang , di Steam harganya Rp. 209.999, sedang di PS4 harganya Rp. 309.000 ada lagi game paling terkenal di muka bumi Grand Theft Auto V: Premium Edition di Steam harganya Rp 148.370, sedangkan di PS4 harganya Rp 214.500. Terlihat selisihnya cukup besar menurut saya. Jadi sebenarnya apa sih faktor yang menyebabkan harga di Steam lebih murah dari pada di PSN Store?


Jawabannya tentu ada beberapa :

1. Game producers/publishers harus membayar biaya tambahan kepada Digital Store (PSN/Steam) setiap kali game-nya laku terjual, dan biaya tersebut di bebankan kepada kita sebagai pembeli. Jumlah biaya yang di bebankan biasanya berbeda-beda, dan potongan pada Steam tergolong potongan yang paling kecil sekelas pengecer, ini merupakan faktor utama kenapa harga/ diskon games di Steam kadang lebih menggiurkan.



2. Sistem distribusi dari game, kalau pada PS4 sistem distribusinya mereka masih menggunakan kaset fisik dan penjualan di toko retail secara offline, jadi harga game digitalnya harus selalu di jaga untuk sebisa mungkin tidak lebih murah dari game fisik, supaya toko offline tidak mati. Berbeda dengan Steam mereka hanya menjajakan game secara digital, sehingga harga bisa sangat bersahabat, karena tidak perlu memikirkan harga pada toko offline.


3. Musuh utama dari Steam adalah pembajakan game yang sangat mudah di bandingkan dengan console. Sehingga harga game pada Steam harus lebih kompetitif sehingga lebih meyakinkan para pemain untuk membeli game dengan metode yang sah.


4. Beberapa game merupakan game lama, ini saya contohkan untuk port game dari console ke PC, sehingga target pembelinya juga pemain lama yang sudah memainkan game tersebut di console, mereka mau membeli game itu lagi untuk merasakan peningkatan secara visual dan stabilitas fps yang lebih tinggi, sehingga tidak mungkin mematok harga yang sama dengan yang di console, harga lebih murah otomatis kemungkinan membeli lagi lebih besar.


5. Jawaban yang terakhir adalah, kenapa tidak. Saya contohkan kenapa barang di Alfamart kadang bisa lebih murah daripada di Indomart (dan sebaliknya) padahal barangnya sama?, Semuanya karena setiap game store ingin mengambil margin yang lebih besar di banding game store lainnya. Semua adalah tentang bisnis dan keuntungan margin perusahaan. Contohnya juga di Store Origin milik EA, kita bisa melihat beberapa list game yang merupakan game buatan mereka sendiri, namun di jual dengan harga seperti versi console, padahal logikanya harusnya di Store Origin-lah harga yang paling murah, karena mereka tidak membayar poin 1-4 yang sudah saya buat di atas. Dari situlah kelihatan keserakahan EA emoticon-Frown.



6. Di samping itu, pandangan saya begini om Setya Panca. Kalo di ekosistem PC, Steam tidak bisa memonopoli pasar. Ada Ubi Connect, Origin, EGS, GOG, Origins dsb. Sedangkan PSN? Monopoli. Baik kata produk Ubi, EA, Activision harus melewati "gerbang" PSN (sementara kalo di platform PC, mereka punya "direct store" masing2). Tentu saja PSN bisa menerapkan price policy yang lebih "leluasa" karena kondisi (monopolistik) -*Tambahan dari Agan Donny Hendrawan FB



Jadi bagaimana menurut teman-teman? mau pindah ke PC? atau stay di Console? Semoga informasinya bermanfaat, terima kasih.




SUMBER : https://www.ceritagames.com/2021/08/mengapa-harga-games-di-pc-lebih-murah.html
anggrekbulanalvikoyahyaa.w.a.w.a.w
a.w.a.w.a.w dan 13 lainnya memberi reputasi
14
5.1K
102
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
Games
icon
38.8KThread15KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.