jasjus.kriptossAvatar border
TS
jasjus.kriptoss
Biden Bicara Jakarta Tenggelam, PKS: Nggak Usah Reaktif, Fokus Pandemi Saja


Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meminta pemerintah tak reaktif terhadap Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden karena berbicara perihal proyeksi Jakarta tenggelam dan pemindahan ibu kota. PKS meminta pemerintah berfokus pada penanganan pandemi COVID-19.

"Pertama kalem saja. Masukan pihak luar mesti dilihat konteksnya. Bisa diterima dan bisa dikaji. Kita lakukan dengan dasar kepentingan nasional. Kedua, nggak usah reaktif," kata anggota Komisi II DPR RI Fraksi PKS, Mardani Ali Sera kepada wartawan, Jumat (30/7/2021).

Mardani menilai masukan Joe Biden ini sebaiknya dikaji lebih mendalam. Namun saat ini dia menyarankan pemerintah berfokus pada penanganan pandemi Corona.

"Kita ucapkan terima kasih atas masukannya. Tapi kita putuskan sesuai dengan data, fakta, analisis, dan kepentingan nasional kita. Ketiga, fokus pada pandemi yang di depan mata," jelasnya.

Mardani menyarankan agar modus penyataan Joe Biden soal Jakarta tenggelam itu didalami terlebih dahulu. Dia menekankan bahwa saran dari negara lain akan menimbulkan bahaya kalau langsung diikuti.

"Perlu didalami modusnya apa. Dalam teori geopolitik, satu aksi negara lain perlu dilihat konteks dan kerangkanya. Bahaya jika saran negara lain langsung diikuti. Masukan dipertimbangkan. Perkara diterima atau tidak, mesti ada kajian lebih lanjut," sebutnya.

Joe Biden sebelumnya menyinggung Jakarta diproyeksikan akan tenggelam dalam 10 tahun mendatang. Pernyataan itu disampaikan Biden saat mengunjungi kantor Direktur Intelijen Nasional. Dikutip dari situs resmi White House, Jumat (30/7), pernyataan itu disampaikan dalam sambutannya di depan para pemimpin badan intelijen di AS.

Joe Biden mengatakan kini permukaan air laut terus meningkat. Dia mengungkapkan, ke depannya, akan banyak orang bermigrasi dan memperebutkan tanah yang subur. Biden mencontohkan Afrika Utara.

Biden kemudian menyinggung Indonesia. Menurutnya, jika apa yang diproyeksikan benar, dalam 10 tahun ke depan Indonesia harus memindahkan ibu kota karena akan tenggelam.

"Tapi apa yang terjadi, apa yang terjadi di Indonesia jika proyeksinya benar bahwa, dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena mereka akan berada di bawah air?" kata dia.

"Itu penting. Ini adalah pertanyaan strategis sekaligus pertanyaan lingkungan," imbuh Biden.

https://news.detik.com/berita/d-5663...s-pandemi-saja
samsol...
akulagiiiii2013
akulagiiiii2013 dan samsol... memberi reputasi
2
1.3K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.