Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
120
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6102a986d0bab3262b09305d/jangan-asal-nyelonong-motor-keluar-gang-ternyata-ada-aturannya
Untuk menjaga ketertiban dan keselamatan dalam berkendara, diperlukan sekumpulan aturan. Selain aturan, berkendara itu juga ada etika yang harus dipahami. Kedua hal tersebut harus benar – benar diterapkan di jalanan.
Lapor Hansip
29-07-2021 20:13

Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!

Past Hot Thread

Untuk menjaga ketertiban dan keselamatan dalam berkendara, diperlukan sekumpulan aturan. Selain aturan, berkendara itu juga ada etika yang harus dipahami. Kedua hal tersebut harus benar – benar diterapkan di jalanan.

Nah, salah satu kebiasaan pengguna kendaraan atau motor yang melanggar aturan adalah kebiasaan pengguna motor yang keluar gang tanpa “permisi” alias asal nyelonong saja. Pasti Agan dan Sista banyak nemuin orang yang kayak gini kan...

Meskipun terlihat sepele, ternyata berkendara keluar di persimpangan atau gang itu ada aturannya loh GanSis. Ini bukan sembarang aturan GanSis, ada undang – undang yang mengatur hal ini.

 Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!

Menurut UU No. 22 Tahun 2009 Pasal 113, pada persimpangan sebidang yang tidak dikendalikan dengan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) atau lampu merah, pengemudi wajib memberikan hak utama kepada beberapa kendaraan lain. Soal etika keluar dari gang atau jalan yang lebih kecil, Pasal 113 poin b menyebut, pengemudi harus memberikan hak utama kepada kendaraan dari jalan utama jika pengemudi tersebut datang dari cabang persimpangan yang lebih kecil atau dari pekarangan yang berbatasan dengan jalan.

Tuh GanSis, di undang – undang tersebut jelas disampaikan bahwa pengguna motor harus memberikan hak utama kepada kendaraan dari jalan utama, jadi jangan asal main gas aja GanSis. Apa susahnya untuk berhenti atau memperlambat kendararan di mulut gang/jalan kecil? Toh itu semua untuk keselamatan bersama.

Bukan sekali dua kali adanya tabrakan karena pengendara main nyelong aja ketika keluar gang tanpa melihat kondisi jalan utama. Bahkan gak jarang juga yang merasa benar terhadap apa yang ia lakukan, padahal udah jelas – jelas itu salah. Kalau pun tidak terjadi tabrakan, biasanya pengendara dari jalan utama akan kaget dengan kelakuan nyelonong seperti itu. Hal ini tentunya akan menghilang fokus ketika berkendara.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
isu152 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 5
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 01:41
Biasanya sih warlock yg kayak gini ini
profile-picture
gvia memberi reputasi
1 0
1
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 01:43
Peraturan tak tertulis; YANG NABRAK YANG SALAH.
Apalagi mobil vs motor, org2 sekitar pasti rata2 nyalahin mobil.
Entah krn kecemburuan sosial kali ya..


Amannya sih keluar gang/jln kecil itu pertama lihat KANAN dulu, baru lihat KIRI, dan -ini harus- LIHAT KANAN lagi..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 01:47
pernah gue gini untuk rem depan masih oke ,sampe ngangkat ban belakang bisanya ni orang ya ngga punya sim, kalo pun punya pasti nembak
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 01:59
Semoga bsa membuka fikiran semua pembaca agar tertib. Krn tertib tidak membahayakan dan merugikan diri nya serta org lain.
Kalau nyelonong tidak memberi manfaat untuk kalian, untuk apa klian korbankan. Minimal kalian bsa perduli ke diri sendiri dlu, sdh otomatis org lain pun akan terasa nyaman dan aman nya.
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh KS06
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 02:52
Kalo pertigaan model T, yg di jalur utama yg diutamakan. Ane inget hal2 ginian karna dulu masuk ke dalam ujian SIM.

Makanya bikin SIM jangan nembak.

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 03:16
Keren nih agan meng edukasi thread nya, kok ane gak tau ada pasal begini an
👍
Waktu ane bikin sim gak ada tuh sosialisasi pasal itu
Yg ada malah di tawarin " ada yg bawa gak " emoticon-Hammer2


profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 03:24
Iru akan terjadi ketika Otak lu lebih kecil dari Khuonthol...

Kelakuan org TOLOL UDIK ya kaya gitu
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 03:25
di sini prakteknya malah kebalik. jalan utama yg disuruh liat2/ati2 dan dipasangi poldur segede gaban. bwt melindungi pengendara dr jalan kecil/jalan keluar masuk komplek

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dante_craze dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 03:31
Quote:Original Posted By xperim
di sini prakteknya malah kebalik. jalan utama yg disuruh liat2/ati2 dan dipasangi poldur segede gaban. bwt melindungi pengendara dr jalan kecil/jalan keluar masuk komplek

emoticon-Ngakak


Haha....epic emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 03:37
Kadang bukan pemotor doang nih yang begini, orang modelan yg baru naik kasta dari motor ke mobil atau supir taksi online juga banyak nih.
Kesel banget gue.....
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus oleh KS06
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 05:00
dah percuma
0 0
0
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 05:13
Fucking bullshit dengn aturan.. Dari jaman firaun masih ada klo ibu ibu yang pake motor mau sen kiri belok kanan atau apapun itu iya aja ketimbang di ulek lambemu apalagi kalo dah telat jemput anak sekolah ahahah...emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngacir
0 0
0
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 05:15
tetep gan yg nyebarang/motong tetep yg pelan2 dan hati2 ..
0 0
0
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 05:28
Sering banget nemu yang kayak gini, bikin emosi di jalanemoticon-Marah
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 05:29
Aturan dimana gan???disini gak berlaku...kekuar gang lawan arus cuek aja..gak usah bawa2 aturan dinegeri ini udh lama mati aturannya
0 0
0
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 05:38
Ya kalo keluar gang mah kudu liat kanan kiri, kaga nyelonong ae.. sama kek kuda kalo gitu mah emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 06:05
yang kaya gini diklakson dan mereka teriak "monyet lu"
0 0
0
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
31-07-2021 06:08
Apa itu peraturan? Peraturan ada untuk dilanggar


emoticon-Ngacir
profile-picture
fcb.com memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia