Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

volcom77Avatar border
TS
volcom77
Ranking RI di Bawah Malaysia soal Ketahanan Lawan Corona
Ranking RI di Bawah Malaysia soal Ketahanan Lawan Corona
Foto: Kantor perdana menteri Malaysia di Putrajaya, Malaysia. (AP Photo/Vincent Thian)

Jakarta, CNBC Indonesia- Indonesia saat ini masih dilanda gelombang infeksi Covid-19 yang cukup besar. Bahkan dengan diterapkannya perpanjangan PPKM sekalipun, penambahan infeksi harian corona di RI masih berada di level 40 ribu kasus perharinya.

Hal ini membuat beberapa penelitian dunia menyebut bahwa Indonesia saat ini memiliki penanganan pandemi Covid-19 yang buruk. Terbaru, sebuah laporan dari Bloomberg menempatkan RI di peringkat terendah dari 53 negara soal ketahanan pandemi.

Ini terungkap dari laporan The Covid Resilience Ranking (Peringkat Ketahanan Covid-19) Juli 2021. Pemeringkatan itu sendiri adalah gambaran bulanan di mana virus ditangani paling efektif, dengan minimnya gangguan sosial dan ekonomi.

Ada 12 indikator di antaranya kualitas layanan kesehatan, cakupan vaksinasi, kematian secara keseluruhan. Ada pula kemajuan perjalanan global, dan pengurangan pembatasan perbatasan.

Dalam rilisnya mereka menyebut bahwa RI masih berkutat dengan tingginya angka kematian, rendahnya vaksinasi, dan ketatnya tindakan penguncian. Media itu menulis bagaimana kematian tinggi masih menghantui Tanah Air, rata-rata 1.300 orang meninggal karena Covid-19 setiap hari.

Belum lagi pasokan vaksin yang disebut tidak mampu memenuhi kebutuhan populasi yang besar. Menurut Our World In Data, baru ada7,2% dari populasi yang mendapatkan suntikan vaksin dalam dosis penuh, masih dibawah rata-rata dunia yang berada di level 14,2% populasi.

Dari sisi lain, Negeri Jiran Malaysia bertengger satu peringkat di atas Indonesia. Dalam laporan itu, Malaysia berada di posisi 52 di mana negeri itu unggul sedikit soal vaksinasi dan juga angka kematian.

Dalam informasi yang tersaji di Our World In Data, Malaysia diketahui telah menyuntikkan dosis penuh vaksin terhadap 18,6% dari jumlah total populasi. Dari segi angka kematian kasus kematian dalam basis sepekan menunjukkan bahwa negara yang berbentuk persekutuan itu melaporkan sekitar 4,90 per satu juta populasi kematian terkait Covid, masih lebih rendah dari Indonesia yang memiliki rasio 5,79.

Meski begitu, ada satu hal yang dimenangkan Indonesia. Pada basis rata-rata pergerakan tujuh hari, Malaysia mencatat 483,72 infeksi Covid yang dikonfirmasi per satu juta orang. Angka ini masih jauh lebih tinggi dibanding Indonesia yang mencatatkan 152,8 infeksi Covid-19 per satu juta orang.

Sementara itu, laporan Bloomberg menempatkan Norwegia di peringkat pertama sebagai negara dengan ketahanan Covid-19 terbaik. Penobatan ini berdasarkan angka vaksinasi yang sudah hampir separuh penduduk dan angka kematian yang rendah di Negara Nordic itu.

Setelah Norwegia, Swiss dan Selandia Baru menyusul di peringkat kedua dan ketiga. Swiss diketahui memiliki kekuatan di vaksinasi dimana sudah 51,4% populasinya tervaksinasi. Sementara Selandia Baru hanya memiliki tiga kasus per 100 ribu penduduk selama sebulan dengan nihilnya angka kematian

Ranking RI di Bawah Malaysia soal Ketahanan Lawan Corona
Ranking RI di Bawah Malaysia soal Ketahanan Lawan Corona
0
654
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.