tvapolitikAvatar border
TS
tvapolitik
Anies Klaim RS Lengang, Seperti Apa Situasi Terkini Pandemi Covid-19 di Jakarta?


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim Jakarta telah berhasil keluar dari situasi genting pandemi Covid-19.

Pasalnya, keterisian Instalasi Gawat Darurat (IDG) di berbagai rumah sakit di Jakarta telah berkurang signifikan dibanding bulan lalu.

“Kondisi di rumah sakit kini semakin terkendali karena kapasitas tempat tidur isolasi IGD hingga ICU tersedia,” ujar Anies melalui akun Instagramnya, Senin (26/7/2021).

Anies mengaku sudah mengunjungi dua rumah sakit, yakni RSUD Budhi Asih dan RSKD Duren Sawit, dan keduanya menunjukkan situasi yang membaik.

Situasi pada Senin pagi itu di RSKD Duren Sawit, kata Anies, berbeda dibanding ketika dirinya mengunjungi rumah sakit tersebut satu bulan yang lalu.

“Saat itu RS begitu penuh, bahkan selasar depan IGD pun dipenuhi oleh pasien yg antre masuk ke dalam IGD, kamar rawat inap dan ICU. Kini, selasar IGD itu sudah kosong, pasien dapat langsung masuk ke IGD. Situasi ini serupa di begitu banyak RSUD di Jakarta”.

Anies mengajak warga Jakarta untuk melanjutkan momentum perbaikan ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Masyarakat diminta untuk tidak mengendorkan protokol kesehatan karena berpotensi untuk meningkatkan kasus kembali.

“Tetap jaga prokes kapan pun dan di mana pun, serta kurangi mobilitas yang tidak perlu,” tegasnya.

Anies juga mengimbau warga yang belum melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk segera divaksin karena vaksinasi bisa menurunkan risiko mengalami gejala berat Covid-19, termasuk risiko kematian.

Situasi terkini lewat angka

Data corona.jakarta.go.id menunjukkan bahwa pertambahan kasus Covid-19 di Jakarta masih relatif tinggi dibandingkan dengan gelombang pertama Covid-19 pada awal tahun lalu.

Jakarta mencatatkan sebanyak 5.525 kasus harian pada Rabu kemarin. Angka ini meningkat dari 2.662 kasus pada Senin dan 3.567 kasus pada Selasa.

Sementara, penambahan kasus tertinggi pada puncak gelombang pertama di tanggal 7 Februari lalu adalah 4.213 kasus. Ini lebih rendah dari penambahan kasus di hari Rabu kemarin.

Oleh sebab itu, warga Jakarta tetap harus waspada dan memperketat protokol kesehatan karena penyebaran virus corona di tengah masyarakat masih terbilang tinggi.

Secara keseluruhan hingga Rabu kemarin, Jakarta mencatatkan total 804.027 kasus terkonfrimasi Covid-19, sebanyak 35.217 di antaranya merupakan kasus aktif yang kini membutuhkan perawatan ataupun isolasi mandiri.

Sebanyak 757.122 kasus dinyatakan sembuh, dan 11.688 sisanya meninggal dunia.

Sumber: https://amp.kompas.com/megapolitan/r...i-covid-19-di?
samsol...
anu.ku.l
anu.ku.l dan samsol... memberi reputasi
2
1.4K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.