• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pakai Masker Dalam Jangka Waktu Yang Lama, Benarkah Menurunkan Saturasi Oksigen.

c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Pakai Masker Dalam Jangka Waktu Yang Lama, Benarkah Menurunkan Saturasi Oksigen.




Dimasa seperti saat ini ketika pandemi melanda dunia, banyak kejutan menarik yang membuat banyak orang beda pendapat, tentu semua bukan tanpa sebab. Informasi yang diterima masyarakat memang simpang siur, tidak terlalu jelas apa yang dimaksud terkadang keputusan yang diambil bisa berubah dengan cepat.

Terutama tentang hal memakai masker, pemakaian masker di awal covid masuk ke Indonesia sempat terjadi panic buying. Maka statement dari pemerintah "Masker untuk yang sakit saja"



Namun perubahan yang cepat tentang masker dimana kita lihat saat ini pemakaian masker menjadi diwajibkan. Bila ada yang tidak pakai masker akan kena sanksi, masker menjadi salah satu hal yang penting.

Namun, ketika masker sering dipakai dalam waktu yang cukup lama terutama para pekerja di lapangan mulai terkendala, dan ada pendapat yang menyatakan "Masker akan mengurangi saturasi oksigen".



Rasa sumpek, menghambat oksigen dan dapat menyebabkan keracunan karbon dioksida (CO2) mulai dicuitkan oleh orang-orang yang anti memakai masker.

Apakah benar demikian?

Masker bedah atau kain itu sebenarnya berpori, untuk itu udara masih dapat bergerak melalui bahan tersebut namun lebih sulit untuk droplets masuk melewatinya. Bisa dibilang memakai masker cukup efektif untuk menghalangi virus, bakteri jika ada dari penderita yang bicara, maka peraturan di dalam transportasi umum dilarang bicara untuk mencegah hal itu semua. Bagi penumpang KRL mungkin tidak asing dengan peraturan seperti ini.



Walau memakai masker seperti ada penghalang yang menyebabkan aliran udara masuk ke area pernafasan, seperti merasakan hipoksemia (pasokan oksigen arteri rendah) atau hipoksia (kekurangan oksigen yang cukup dalam jaringan).

Namun sebenarnya masker tidak mempemgaruhi tingkat asupan oksigen ketika manusia bernafas, lantas bagaimana dengan keracunan co2 atau karbon dioksida (hiperkapnia) ?



Quote:


Jadi pada dasarnya memakai masker tidak mengalami hal-hal yang ditakutkan oleh beberapa orang yang menilai masker bisa menjadi masalah pada pernafasan.



Kecuali kalau yang memakai masker memang ada masalah pada paru-parunya, atau berkaitan dengan penyakit paru memakai masker harus dengan petunjuk dokter, bahkan masker juga tidak dianjurkan untuk anak-anak berusia dibawah 2 tahun.

Untuk aktifitas berat juga tidak dianjurkan memakai masker termasuk olahraga, bisa dilihat pada olimpiade Tokyo saat ini hampir seluruh cabor pesertanya lepas masker.

Namun pemakaian masker bila berada di tempat yang jauh dari keramaian, atau sedang dirumah juga tak dianjurkan. Walau bagaimanapun bernafas dengan masker atau tanpa masker tentu lebih nikmat tanpa masker.



Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star





Diubah oleh c4punk1950... 29-07-2021 05:13
kimha420nyimak92midim7407
midim7407 dan 39 lainnya memberi reputasi
40
10.5K
189
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.