Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

asetbroAvatar border
TS
asetbro
Manajemen Aset : Pengertian, Strategi dan Maanfatnya
Apa itu Manajemen Aset ?

Manajemen Aset adalah sebuah proses pengembangan, pengoperasian, pemeliharaan serta penjualan aset dengan cara yang paling hemat.

Istilah manajemen aset ini biasanya digunakan pada bidang keuangan atau finansial. Istilah manajemen aset sendiri dipakai untuk menunjukan individu atau perusahaan yang mengelola aset atas nama individu atau kelompok.

Setiap individu atau kelompok yang menjalankan usaha perlu sekali untuk mengatur aset-aset yang mereka miliki. Maka dari itu para pemimpin perusahaan harus mengetahui aset apa yang mereka miliki, yang menghasilkan pendapatan yang optimal.

Dalam dunia bisnis aset terbagi menjadi dua kategori : aset tetap dan aset lancar. Aset tetap atau aset tidak lancar adalah aset yang diperoleh dan digunakan untuk jangka panjang, Sedangkan aset lancar adalah aset yang dapat dikonversi langsung menjadi uang tunai dalam waktu yang singkat.

ketika berbicara masalah manajemen aset, seorang manajer biasanya berurusan dengan dua masalah utama. Masalah pertama adalah apa yang harus dilakukan dalam menjalankan manajemen aset ? dan yang kedua adalah bagaimana perusahaan dapat mengembangkan rencana manajemen aset yang baik ?

Manfaat Manajemen Aset
Manajemen Aset : Pengertian, Strategi dan Maanfatnya
Ada banyak manfaat jika kita mengadopsi sistem strategi ini, misalnya :

1. Meningkatkan Pendapatan dan Penggunaan
Dengan mengamati biaya operasional dari aset yang kamu punya, kamu bisa meningkatkan nilai kegunaan dari aset yang kamu punya.
Bisa mengembangkan perusahaan untuk membeli alat yang dibutuhkan oleh para pekerja.

2. Meningkatkan Kepatuhan
Instansi pemerintah, organisasi nirlaba serta perusahaan diwajibkan untuk memberikan laporan komprehensif tentang bagaimana mereka mendapatkan, memanfaatkan, serta menggunakan aset yang mereka miliki.

Biasanya dalam mempermudah laporannya, mayoritas dari mereka mencatat informasi tentang aset mereka di database pusat.

Dengan begitu setiap kamu ingin membuat laporan keuangan tahunan, kamu bisa mendapatkan informasi apa saja di database pusat.

Kesimpulan
Manajemen Aset adalah sebuah Sistem dan strategi yang membantu perusahaan dalam melacak penggunaan semua aset yang mereka miliki, misalnya kendaraan, peralatan atau aset yang berupa investasi.

Dengan mengawasi aset membantu mempermudah proses operasional, proses pencatatan aset juga sangat membantu dari kemungkinan adanya aset yang tercatat namun barangnya sudah tidak ada.

Dengan begini kamu sudah memperhitungkan aset yang kamu miliki dengan baik.


Sumber : manajemen aset pengertian strategi dan manfaatnya





evywahyuni
Richy211
alfidanger
alfidanger dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.2K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan KeuanganKASKUS Official
9.2KThread6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.