• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Dulu Wiji Thukul Kritik Rezim Bisa Hilang, Sekarang Harun Masiku Yang Hilang

c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Dulu Wiji Thukul Kritik Rezim Bisa Hilang, Sekarang Harun Masiku Yang Hilang




Dimasa Orde Baru adalah masa yang paling tenang, tidak ada yang berani menghujat apalagi menghina, bahkan yang nekat cuap-cuap bisa saja menghilang.

Banyak orang awam merasa nyaman dan aman dimasa Orba, itu semua memang bukan tanpa alasan semua lawan politik dibungkam, petisi 50 menjadi cerita ketika kawan dianggap lawan.



Kekuatan sang raja memang tak bisa digoyang dengan mudah, bagi mereka anak-anak remaja zaman Orba penuh dengan nostalgia, mencari kerja asal ada koneksi pun cukup mudah, para preman pun tak sanggup untuk berbuat kejahatan mata senjata siap untuk menghukum dengan sidang jalanan.

Hanya nyanyian fals dan sumbang saja yang dapat dinikmati, maklumlah saat itu masih "Demokrasi Nasi".



Ketidak adilan yang terjadi membuat masyarakat enggan berkata, hanya mereka yang berani bicara saja yang dapat melawan Tirani. Walau mereka tahu nasibnya kalau tidak dibalik jeruji besi ya hilang tanpa bekas, layaknya jentikkan jari Thanos ketika memperlihatkan kekuatannya.

Sosok yang hilang karena orasi dan puisinya yang pro demokrasi membuat banyak orang merinding, dialah Wiji Thukul yang hilang sebagai aktivis dengan seninya mengkritik kebijakan Orba. Dirinya menghilang di tahun 1998 hingga kini entah dimana keberadaannya tidak diketahui, masyarakat saat itu memang sudah paham siapa yang berani kritik istana konsekuensinya hilang atau berada di dalam penjara.





Tapi saat ini ketika reformasi berkumandang suara fals berganti dengan tema cinta, Orba yang sudah tumbang tentu memberikan harapan baru bagi mereka yang ingin Indonesia bersanding dengan negara demokrasi yang sudah maju.

Berharap keadilan akan menang, berharap kemakmuran akan datang, berharap ekonomi semakin meroket namun realitanya ada kasus yang menarik dimana para pengkritik bahkan penghina Istana dibebaskan dengan surat materai, sepertinya saat ini keadaan akan lebih soft karena pemimpin yang terlihat elegant, tidak ada kasus orang hilang karena kritik tajam, hanya saja mereka yang berbuat makar yang ditahan.





Namun kasus orang hilang ternyata tetap ada dan membuat bingung masyarakat, kok masih ada yang bisa hilang tanpa jejak? Dialah Harun Masiku politisi PDIP sebagai tersangka kasus dugaan suap penetapan anggota DPR RI melalui metode Pergantian Antar-Waktu (PAW).

Hilangnya Harun setelah satu tahun berjalan, tentu menimbulkan tanya? Entahlah apa yang sebenarnya terjadi daripada beropini tanpa bukti, yang jelas di zaman reformasi ini masih ada juga orang yang bermain politik hilang tanpa jejak.



Apa tanggapanmu sobat melihat mereka yang hilang tanpa jejak di dua peradaban yang berbeda?

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, semoga bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik,klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star




Diubah oleh c4punk1950... 25-07-2021 03:51
nonaontopalifrian.asamboigan
asamboigan dan 24 lainnya memberi reputasi
25
7.5K
107
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.