• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Laksana Cityline 3, Bus Kota Rasa Eropa Buatan Anak Bangsa

ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Laksana Cityline 3, Bus Kota Rasa Eropa Buatan Anak Bangsa
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini ane bakal bahas seputar Cityline 3, bus kota rasa Eropa buatan anak bangsa.




Bagi Gansis yang sering menaiki Transjakarta, pasti pernah menaiki bus dengan bentuk seperti diatas. Dengan logo dan sasis Volvo, Scania atau Mercedes-Benz serta bentuk yang mirip dengan bus-bus kota di Eropa, mungkin Gansis mengira bus tersebut didatangkan langsung dari Eropa alias CBU dengan wujud yang sudah sepenuhnya jadi.

Ternyata, tidak Gansis. Bus tersebut bodynya buatan karoseri lokal, Laksana di Ungaran, Provinsi Jawa Tengah, dengan nama Cityline 3. Nah, pada thread ini, ane bakal bahas nih seputaran body Cityline 3 ini.



Cityline 3 merupakan generasi ketiga dari seri body bus Cityline buatan Laksana. Sebelumnya telah ada Cityline 1 dan 2. Cityline 3 ini dirancang untuk perjalanan dalam kota jarak dekat.

Body ini sangat fleksibel, bisa dipasang di hampir semua sasis bus besar. Mulai dari sasis mainstream sekelas OH 1526, 1626, 1836 dan 2542, Scania K410IB dan K360IB serta Volvo B11R, sasis-sasis berlantai rendah seperti Scania K250UB dan lainnya, hingga sasis-sasis gandeng pun bisa dipasangi body Cityline 3 ini.




Cityline 3 sendiri pertama kali diperkenalkan setahu ane belum lama, mungkin sekitar 2-3 tahun yang lalu. Seperti yang ane bilang diatas, Cityline 3 diperkenalkan untuk menggantikan Cityline 2.

Perubahan Cityline 3 dibandingkan Cityline 2 tidaklah signifikan. Hanya sedikit saja perubahan dan penyempurnaannya setahu ane. Grillnya saja yang berubah dan aksen hitam pada headlamp, tak lupa juga penempatan lampu DRL, selain itu jika dilihat sekilas semuanya hampir sama.




Interior dari Cityline 3 sebenarnya biasa saja, tak ada yang terlalu spesial dari bentuk plafon, kursi, dan lainnya. Tetapi, kursi-kursinya kebanyakan menghadap depan, selayaknya bus Transjakarta dan Metrotrans lainnya.

Bus asal Ungaran, Jawa Tengah ini paling banyak digunakan oleh Metrotrans dan Transjakarta sebagai armada BRT yang melayani berbagai rute di perkotaan Jakarta. Ane perkirakan sudah ada lebih dari 300-500 armada Metrotrans dan Transjakarta yang memakai body Cityline 2 dan 3.




Nah, jadi itulah isi thread ane yang membahas seputar Cityline 3. So, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star

KORENGAN
si.matamalaikat
eyefirst2
eyefirst2 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
4.6K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.