too.santoAvatar border
TS
too.santo
Ini dia gan 5 Software Yang Wajib Dipakai oleh Desainer Grafis Pemula
Desain grafis sekarang ini sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Hampir setiap informasi yang disampaikan tentu akan menggunakan gambar visual sebagai pelengkapnya. Saat ini peran desainer grafis cukup penting termasuk didalam dunia usaha, Banyak sekali perusahaan yang memperkerjakan para desain grafis untuk membuat desain promosi produk yang unik dan menarik. Gajinya pun cukup lumayan besar lho!

Dengan gaji yang lumayan besar ini, desainer grafis menjadi salah satu profesi yang cukup menjanjikan. Namun, untuk menjadi seorang desainer grafis yang profesional banyak hal yang perlu kalian pahami. Bahwa desain grafis merupakan salah satu seni visual yang menggabungkan banyak keterampilan seperti pengolahan editing gambar, ilustrasi dan konsep.


Semakin canggihnya perkembangan teknologi komputer saat ini melahirkan berbagai macam aplikasi desain grafis yang dapat menjadi pilihan bagi para desainer grafis pemula maupun profesional. Berikut ini 5 Software yang wajib dipakai oleh desainer grafis pemula yang saya rekomendasikan untuk kalian gunakan.

1. Adobe Photoshop
Photoshop menjadi software desain grafis pertama yang saya rekomendasikan untuk kalian gunakan. Walaupun Software ini dirancang sebagai aplikasi editing yang di khususkan untuk memanipulasi objek gambar, Namun fitur yang ada didalamnya dapat kalian manfaatkan untuk pembuatan desain logo, banner, spanduk, stiker dan masih banyak lagi.
Spoiler for ss:


Kalian tidak akan kesulitan untuk menemukan panduan penggunaan software ini, karena hampir semua blog dan chanel youtube menyediakan konten yang membahas pengunaan photoshop dari mulai tingkat dasar sampai tingkat profesional.

2. Adobe Ilustrator


Ilustrator merupakan software desain grafis serupa Photoshop namun memiliki fungsi dan fitur yang lebih lengkap. Ilustrator dirancang khusus untuk pembuatan desain yang lebih kompleks dan detail.
Kalian dapat membuat gambar vector, flat design, ilustrasi ,sketsa, kartu nama, logo perusahaan, logo website, banner, ikon aplikasi, kartun dan masih banyak lagi.

Spoiler for ss:


Pengolahan gambar vektor di Ilustrator mempunyai kelebihan dimana gambar tidak akan pecah ketika di zoom atau scalling.

3. CorelDraw


Memiliki fungsi lengkap yang dibutuhkan oleh para desainer grafis, CorelDraw menjadi software yang wajib kalian gunakan jika ingin menjadi seorang desainer grafis profesional.
CorelDraw menyajikan kemudahan dalam pengolahan gambar berbasis vector dan menjadi standar software yang wajib digunakan didalam dunia percetakan (digital printing).
Spoiler for ss:


CorelDraw memiliki segudang tool yang dibutuhkan dalam proses pembuatan logo, banner, spanduk, cover buku, majalah, kartu nama, undangan dan berbagai gambar desain lainnya.


4. InkScape


Inkscape merupakan Software desain grafis ringan yang dapat digunakan di PC dengan spesifikasi menengah.  Software ini bisa menjadi alternatif para desainer  yang belum mempunyai perangkat komputer spesifikasi tinggi.
Spoiler for ss:

Inkscape dapat membuat desain berbasis vector, walaupun proses pembuatan desain di Inkscape tidak secepat di Corel dan Ilustrator. Kabar baiknya bahwa Inkscape masih tersedia gratis dan dapat digunakan oleh siapa saja pada platform Windows, Linux dan Mac OS.

5.  Adobe InDesign


Merupakan produk unggulan Adobe yang menjadi rujukan para desainer profesional untuk membuat desain layout yang mengagumkan. InDesign menyediakan tool dan fitur keren khas produk Adobe yang belum tentu kalian temukan di software grafis sejenis.


InDesign cukup ideal untuk pembuatan desain layout majalah, brosur, poster dan buku. Kemampuan ini yang membuat InDesign menjadi software andalan bagi banyak perusahaan untuk membuat desain layout majalah digital.

Spoiler for ss:




Diubah oleh too.santo 21-12-2023 03:47
sealgeek
sealgeek memberi reputasi
1
4K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
All About Design
All About DesignKASKUS Official
13.8KThread3.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.