• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Siapa Bilang Manusia Paling Berjasa Dalam Teknologi ? Tanpa Hewan, Mereka Cupu.

machinAvatar border
TS
machin
Siapa Bilang Manusia Paling Berjasa Dalam Teknologi ? Tanpa Hewan, Mereka Cupu.
Selamat malam agan aganwati. Sehat dan bahagia selalu.emoticon-rose


Yuri Gagarin, manusia pertama yang melakukan perjalanan di luar angkasa. Dia adalah astronaut yang berumur 27 tahun berkebangsaan Rusia. Nama Gagarin disemen dalam buku rekor dunia, dan dia langsung menjadi pahlawan nasional bagi Uni Soviet. Peristiwa ini merupakan peristiwa kemenangan atas Perlombaan Luar Angkasa yang sengit melawan AS, pria berusia 27 tahun, yang telah dipilih hanya tiga hari sebelum misi, menghabiskan 108 menit di luar angkasa, berhasil mengorbit di luar angkasa dan kembali ke Bumi dengan kondisi yang sehat. [klik]


Oh tunggu dulu, jauh sebelum manusia berhasil pergi kesana, para ilmuwan telah melakukan percobaan dengan mengirimkan beberapa jenis hewan. Jadi, manusia jangan bangga dulu. Karena tanpa hewan, perkembangan ilmu pengetahuan mungkin tidak seperti sekarang. Elon Musk ? Meskipun sudah merancang roket yang bisa digunakan berkali-kali, sangat tidak mungkin bisa mewujudkan pencapaiannya sekarang tanpa adanya pemeran pertama dalam perkembangan ilmu pengetahuan.


Percobaan yang melibatkan hewan telah dilakukan sejak abad ke 18 dan sudah mencatatkan sejumlah hewan yang berperan besar dalam sejarah perkembangan pengetahuan. Dalam konteks penelitian tentang ruang angkasa, hewan-hewan itu berperan dalam uji coba yang dilakukan diatas balon dan pesawat terbang demi meminimalisir jumlah korban manusia yang disebabkan oleh kegagalan penelitian. Meskipun terdengar cukup normal, namun nasib buruk yang dialami oleh para hewan tersebut memunculkan perdebatan panas dikalangan para aktivis hewan.


Sebenarnya, apa yang terjadi pada hewan-hewan yang dikirimkan ke luar angkasa tersebut? Kita perlu mengetahui dampak apa yang didapatkan oleh makhluk hidup setelah pergi ke luar angkasa. Tingginya resiko yang berkaitan dengan penelitian menjadi alasan mengapa para peneliti bertekad untuk menjadikan hewan sebagai bahan uji coba. 

Spoiler for Infografis:


Kemudian terdapat barisan-barisan hewan lainnya yang menjadi bahan uji coba dalam rangka mewujudkan ambisi perkembangan ilmu pengetahuan bagi peradaban umat manusia. 

Quote:

Apakah berhenti di situ ? Oh tidak. Manusia masih meluncurkan beberapa binatang lainnya yang digunakan untuk penelitian lebih lanjut tentang efek kondisi luar angkasa terhadap tubuh. Semakin banyak data semakin baik. Semakin variatif data yang didapat, keakuratan perhitungan akan mendekati sempurna. Apakah bisa sempurna ? Dengan melihat kemajuan saat ini, bisa dibilang cukup sempurna.

Quote:

Cukup mengejutkan bukan ? Atau tidak mengejutkan sama sekali ? Hewan tidak mendapatkan kredit dalam sumbangsihnya kepada perkembangan ilmu pengetahuan. Apa buktinya ? Mereka tidak masuk di pelajaran sekolah. Justru Neil Amstrong yang jadi topik utama dalam perkembangan ilmu pengetahuan tentang peradaban manusia mencapai luar angkasa.
So,  sekian thread  berbagi informasi malam ini. Semoga bisa dijadikan tema cerita ke anak agan aganwati. Bahwa kita hewan memiliki banyak jasa dalam perkemangan ilmu pengetahuan.
--
 Seperti biasa, salam sehat selalu dan bahagia selalu. Cintailah dirimu sendiri terlebih dahulu, tanpa merugikan lingkungan, kemudian cintailah seluruh alam.emoticon-rose
Sumber terlampir ditambah opini pribadi.


Diubah oleh machin 16-07-2021 16:07
jiresh
MasterSims
garpupatah
garpupatah dan 21 lainnya memberi reputasi
22
4.6K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.