Lockdown666Avatar border
TS
Lockdown666
Bertumbangan! 1.500 Restoran Berdarah-Darah, Tutup Total


Jakarta, CNBC Indonesia - Kalangan pelaku usaha mengungkapkan bahwa jumlah restoran yang tutup permanen kian bertambah banyak saat ini. Semula, banyak restoran yang masih bisa bertahan dengan status tutup sementara.
Berdasarkan data Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), setidaknya ada 400 restoran yang terancam tutup permanen, namun kini lebih banyak yang mengalami kebangkrutan.

"Sudah tutup permanen, saya kira sudah tutup permanen, Sekarang 1.500 restoran udah tutup permanen, bahkan saya kira lebih, itu hanya Jabodetabek baik di dalam mal maupun berdiri sendiri," kata Wakil Ketua PHRI Bidang Restoran Emil Arifin kepada CNBC Indonesia, Rabu (21/7/21).

Potensi lebih banyak restoran yang tutup akibat adanya kebijakan PPKM darurat, dimana pusat perbelanjaan atau mal dilarang beroperasi. Alhasil, restoran juga harus mengikuti aturan dengan tutup. Bagi resto yang berdiri sendiri, misalnya di ruko, kondisinya pun sepi karena larangan dine-in atau makan di tempat.

Pengusaha mengaku belum tentu siap menghadapi pembukaan kembali jika ada pelonggaran PPKM darurat mulai 26 Juli nanti. Pasalnya, perlu banyak yang dipersiapkan, mulai dari karyawan hingga bahan baku makanan.
"Dengan vendor atau pihak ketiga harus nego, karena ada yang belum dibayar jadi perlu dibayar, saya kira banyak yang mau nunggu atau wait and see dibanding harus membukanya secara langsung," sebut Emil.
Bagi restoran yang masih bertahan, semua cara untuk mengefektifkan biaya operasional sudah dilakukan. Misalnya dengan mengurangi jumlah karyawan. Namun, karyawan yang sudah dilepas pun ternyata ada yang masih datang meski tidak dibayar secara resmi sebagai seorang karyawan.

"Dia bilang, saya juga ngapain di kos-kosan, jadi pergi ke resto sambil bantu-bantu, kan bisa juga makan, karena di kosan juga kan perlu makan sementara udah habis uangnya. Sampai segitunya begitu mereka yang loyal, jadi pengusaha ngasih uang transport aja karena mereka juga sambil bisa makan," sebut Emil.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...ah-tutup-total
AbdChaniago
jerrystreamer1
trac0ne
trac0ne dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.8K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.