Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Papa.T.BobAvatar border
TS
Papa.T.Bob
Islam Makhachev dan Supremasi Dagestan di Ajang MMA


Islam Makhachev baru saja memperpanjang rekor kemenangan-nya di ajang UFC (Ultimate Fighting Championship) setelah mengalahkan Thiago Moises dalam sebuah pertandingan4 ronde. Di balik kemenangan itu ada peran tangan dingin Khabib Nurmagomedov.

Seperti yang telah banyak orang ketahui, Khabib Nurmagomedov adalah mantan petarung UFC yang punya rekor sempurna tak terkalahkan (29-0-0) di ajang MMA (mixed martial arts) kelas ringan.

Saat ini dengan statusnya sebagai pelatih, Khabib juga belum pernah mengalami kekalahan. Ia meraih 5 kemenangan beruntun di ajang UFC, termasuk 1 kemenangan Islam Makhachev atas Thiago Moises.

Siapakah Islam Makhachev?


Islam Ramazanovich Makhachev, rupanya memiliki banyakkesamaan dengan Khabib Nurmagomedov. Mereka berasal dari kampung halaman yang sama yaitu Dagestan, Rusia. Mereka juga sama-sama muslim, sama-sama menekuni ilmu bela diri combat sambo, dan sama-sama pernah dilatih oleh Abdulmanap Nurmagomedov (ayah Khabib) serta Javier Mendez (founder AKA).

Keduanya juga dikenal sangat dekat. Selisih umur keduanya juga tidak terlalu jauh. Bahkan mereka telah menjadi sparring partner sejak kecil hingga saat berlatih di AKA (American Kickboxing Academy). Dan sekarang hubungan keduanya di klub Eagles MMA adalah sebagai atlet-pelatih.

Penerus Khabib Nurmagomedov


Abdulmanap Nurmagomedov, men-diang ayah Khabib yang pernah melatih Islam Makhachev, sudahmenggadang-gadang Islam untuk menjadi penerus Khabib Nurmagomedov.

Islam pun tampaknya sama sekali tidak keberatan saat banyak orang yang membanding-bandingkannya dengan Khabib. Dia justru makin percaya diri. Dan Khabib pun mendukung penuh Islam untuk melanjutkan perjuangannya menjadi juara dunia di ajang UFC kelas ringan.

Selepas meraih kemenangan atas Thiago Moises, Islam Makhachev dengan mantap menantang Tony Ferguson. Tony Ferguson adalah rival bebuyutan Khabib semasa menjadi petarung di UFC yang anehnya belum pernah kesampaian untuk saling berhadap-hadapan, sampai akhirnya Khabib keburu pensiun.

Performa Tony Ferguson sendiri akhir-akhir ini sedang menurun, seiring kekalahan 3 kali berturut-turut di pertandingan UFC. Sebaliknya Islam sedang moncer dengan mencatatkan 8 kali kemenangan beruntun.

Supremasi Dagestan


Dagestan adalah daerahdi Rusia yang dijuluki sebagai "land of warriors". Bagi rakyat Dagestan seni bela diri, khususnya gulat, seakan mengalir di dalam darah daging mereka.

Akademi ilmu bela diri seperti Five Directions of the World, dan Club Abdulmanap Nurmagomedov sudah menghasilkan banyak juara dunia ilmu bela diri, dari kancah olimpiade hingga ajang tarung bebas seperti UFC dan Bellator.

Dulunya Dagestan mendapat stigma buruk dan dijuluki sebagai daerah sarang teroris. Tidak sedikit pemuda Dagestan yang direkrut oleh kelompok ekstremis untuk melakukan teror.

Karena alasan itulah Gusein Magomaev dan Abdulmanap Nurmagomedov, menawarkan pelarian positif bagi para pemuda Dagestan.


Gusein Magomaev adalah jebolan sekolah seni yang mempelajari dan menggabungkan berbagai konsep ilmu bela diri dari Asia Timur (wushu-sanda, taekwondo).

Ia lalu mendirikanakademi yang mengajarkan ilmu akademis dan kesenian di samping ilmu bela diri. Beberapa alumninya belakangan sukses menjadi juara dunia di berbagai cabang ilmu bela diri, termasuk juga di ajang MMA dan olimpiade.


twitter.com/TeamKhabib

Sementara Abdulmanap Nurmagomedov adalah tentara veteran Uni Soviet yang menekuni judo dan combat samboselama berkarir di militer. Ia kemudian memutuskan menjadi pelatih bela diri di Dagestan untuk menjauhkan anak-anak mudanya dari pengaruh ekstremisme.

Tak kurang dari 18 atlet juara dunia combat sambo merupakan hasil gemblengannya. Salah satunya adalah anak laki-lakinya, Khabib Nurmagomedov, juara dunia yang meraih kejayaan di ajang UFC dan kini pensiun setelah sang ayah meninggal dunia.

Tapi itu bukan masalah. Masih banyak petarung yang siap menjadi penerus kejayaan Dagestan di kancah tarung bebas.

Spoiler for :

Sebut saja Umar Nurmagomedov (13-0-0) yang baru melakukan debutdi ajang UFC kelas bantam dan memegang rekor belum pernah terkalahkan.

Spoiler for :

Lalu, Usman Nurmagomedov (12-0-0), petarungkelas ringan ajang Bellator. Juga belum pernah terkalahkan.

Spoiler for :

Dan Abubakar Nurmagomedov (16-3-1), petarungUFC kelas welter. Kesemuanya adalah sepupu dari Khabib Nurmagomedov.

Selain itu ada pula Magomedsharipov bersaudara.

Spoiler for :

Zabit Magomedsharipov (18-1-0) yang bertarungdi ajang kelas bulu UFC.

Spoiler for :

Dan Khasan Magomedsharipov (5-0-0) yang akanmelakukan debutnya di ajang Bellator kelas bulu.

Spoiler for :

Lalu, tentu saja, Islam Makhachev (20-1-0). Calon potensial penerusKhabib di kelas ringan ajang UFC.

Apakah supremasi Dagestan di ajang tarung bebas masih akan berlanjut?

* * * * *

Sekian dari ane Gan & Sis.
Jadi yang mana nih jagoan ente?
Silakan tulis di kolom komentar emoticon-Big Grin
Salam dan sampai jumpa di threadCipt. Papa.T.Bob selanjutnya.
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Toast
Diubah oleh Papa.T.Bob 20-07-2021 03:44
ableh80
EriksaRizkiM
haekalxt
haekalxt dan 23 lainnya memberi reputasi
22
5.2K
99
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.