• Beranda
  • ...
  • Health
  • Vaksin Covid-19, Peluang Besar Untuk Menuntaskan Pandemi Covid-19

ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Vaksin Covid-19, Peluang Besar Untuk Menuntaskan Pandemi Covid-19

Selamat pagi, siang, sore dan malam untuk Gansis di seluruh dunia. Kita semua tahu, bahwa pandemi virus Covid-19 sudah terjadi kurang lebih 1 tahun di seluruh dunia dan memusingkan miliaran orang di seluruh dunia. Bahkan, pandemi virus Covid-19 ini sudah merenggut lebih dari 2.2 juta orang di seluruh dunia. Tak hanya itu, ekonomi dunia seolah "melambat", banyak orang yang kehilangan pekerjaan.

Tetapi, ada kabar baik nih Gansis. Vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech telah diuji klinis di Indonesia, serta siap disuntikkan ke 180 juta orang Indonesia, dengan beberapa tahapan yang berbeda.


Vaksin ini juga telah disuntikkan ke 1 juta orang di Indonesia, pada tahap awal saat ini. Oh iya, tahapan-tahapannya ada beberapa tahapan, pertama vaksinasi ke tenaga kesehatan dan tenaga penunjang, serta mahasiswa kedokteran yang sedang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan. Tahap kedua menyasar ke TNI/Polri, petugas pelayanan publik di berbagai tempat, perbankan, PLN, dan PDAM. Tahap ketiga disuntikkan ke masyarakat yang rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi. Tahap keempat yang akan menerima vaksin adalah seluruh warga Indonesia yang memenuhi syarat vaksinasi Covid-19.

Sekarang pertanyaannya: Mengapa vaksin Covid-19 merupakan peluang besar untuk menuntaskan pandemi? Jawabannya simpel, vaksin merupakan "pencegah" manusia agar tak terkena virus Covid-19. 


Vaksin membuat antibody seseorang terbentuk, yang akhirnya akan menghindarkan seseorang dari virus Covid-19. Tentu, setelah banyak orang memiliki antibody yang cukup, herd immunity akan terbentuk dan kemungkinan besar pandemi akan segera selesai.

Tapi, untuk mencapai herd immunity, tak cukup dengan vaksin saja. Kita harus menerapkan 3M seperti saat ini. Memakai masker, menjaga jarak, dan tentu saja mencuci tangan sehabis keluar dari rumah.

Baru ketika herd immunity benar-benar telah tercapai, dan pandemi Covid-19 benar-benar telah usai, kita bisa beraktivitas normal. Beraktivitas normal seperti tahun 2019 kebawah, yang penuh hepi-hepi dan kesenangan.


Dengan seluruh manfaat diatas, tentu ane mau dong disuntik vaksin Covid-19. Bagaimana dengan agan? Oh iya, jangan lupa tinggalkan jejak dibawah ya!

sumber:narasi pribadi
referensi: satudua tiga 

original written by: ulungrinjani

Diubah oleh ulungrinjani 13-02-2021 15:45
0
514
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread10KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.