Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Mengenal Family Raya Ceria, Bus AKAP Masa Kini Dari Bangko Jambi
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar PO Family Raya Ceria, bus AKAP masa kini dari Bangko, Provinsi Jambi.

Mengenal Family Raya Ceria, Bus AKAP Masa Kini Dari Bangko Jambi

Mungkin terasa agak aneh ketika mendengar sebuah PO dengan nama seperti ini. Yup, Family Raya Ceria atau yang biasa disingkat "FRC". Sebuah PO yang memang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat dan busmania dari Jambi khususnya.

"FRC" berawal pada tahun 1996 ketika Bapak Alm. H. Gusmaliadi yang ketika itu memiliki usaha di bidang rumah makan mendirikan sebuah PO bus yang dinamai "Family Raya" dengan trayek awal Bangko-Padang dan Bangko-Bukittinggi.

Mengenal Family Raya Ceria, Bus AKAP Masa Kini Dari Bangko Jambi

Bapak Alm. H. Gusmaliadi mendirikan PO ini karena mendapat masukan dari supir-supir truk. Masukan itu didapatnya ketika mengobrol dengan supir-supir truk yang berhenti di rumah makan miliknya. Akhirnya, Bapak Alm. H. Gusmaliadi mengubah truk yang biasa dipakai untuk usahanya menjadi sebuah bua.

Ternyata, usaha PO bus tersebut berjalan lancar dan Bapak Alm. H. Gusmaliadi terus menambah trayek dan armada. Family Raya menjadi salah satu PO terbesar di Jambi dan bahkan mungkin Sumatera pada era-era 2000an. 

Mengenal Family Raya Ceria, Bus AKAP Masa Kini Dari Bangko Jambi

Dan pada tahun 2006, dirubahlah nama dari PO tersebut. Bapak Alm. H. Gusmaliadi lalu membuat sebuah PT, yakni PT Family Raya Ceria Sejati. Bapak Alm. H. Gusmaliadi juga menambah nama PO menjadi "PO Family Raya Ceria", dan bus-bus miliknya mulai dipasangi tulisan "Ceria".

Akhirnya, Family Raya Ceria pun berkembang terus. Hingga pada saat ini, PT Family Raya Ceria Sejati memiliki 150 unit armada bus yang terdiri dari unit armada bus besar dan medium bus, dan juga termasuk shuttle-shuttle miliknya. Semua bus tersebut melayani trayek-trayek yang beragam.

Mengenal Family Raya Ceria, Bus AKAP Masa Kini Dari Bangko Jambi

Family Raya Ceria kini memiliki usaha di bidang bus AKAP, pariwisata, shuttle, rumah makan, bahkan hotel pun dimilikinya. "FRC" dikelola oleh Reno Saputra yang merupakan anak dari Bapak Alm. H. Gusmaliadi, semenjak Bapak Alm. H. Gusmaliadi wafat.

PO yang berasal dari Bangko, Jambi ini memiliki armada yang bersasis Mercedes-Benz dan Hino, serta berbalut body besutan karoseri Adiputro, Laksana, Restu Ibu, Rahayu Santosa, dan karoseri lainnya. Sementara, untuk armada travelnya, "FRC" menggunakan Toyota Kijang Innova, Toyota HiAce, Mitsubishi Canter, dan lain-lain.

Mengenal Family Raya Ceria, Bus AKAP Masa Kini Dari Bangko Jambi

Sementara, untuk kelas yang dilayani, Family Raya Ceria melayani kelas Super Eksekutif, Eksekutif AC, VIP AC, dan Ekonomi AC yang hampir semuanya menggunakan seat 2-2, tetapi kelas Super Eksekutif menggunakan seat 2-1. Sementara itu, PT Family Raya Ceria Sejati juga melayani kelas shuttle Toyota Hiace dan Shuttle Toyota Kijang Innova dengan fasilitas standar. Terbilang lengkap sebenarnya, kalau menurut ane yah.

Untuk harga tiketnya sendiri sebenarnya tergolong cukup terjangkau tetapi tak bisa dibilang murah. Misalnya, Family Raya Ceria membandrol harga 425 ribu rupiah untuk tiket jurusan Jakarta-Bangko dengan kelas Eksekutif AC. Tergolong cukup terjangkau, mengingat kelas yang ditawarkan adalah Eksekutif AC.

Mengenal Family Raya Ceria, Bus AKAP Masa Kini Dari Bangko Jambi

Trayek yang dilayani beragam, tetapi kebanyakan adalah jurusan kota-kota di Provinsi Jambi. Misalnya, Jambi-Jakarta, Jambi-Padang, dan lain sebagainya. Meski memang, Family Raya Ceria melayani trayek-trayek di Sumatera Barat seperti Bekasi-Solok dan lain sebagainya.

PO asal Bangko, Jambi ini menggunakan sistem penjatahan BBM yang setahu ane "solar jatah". Jadi, ugal-ugalan bisa diminimalisir. Selain itu, supir bisa mengambil uang sisa jatah solar jika menyetir dengan irit. Terlebih lagi, biaya perawatan akan menjadi lebih rendah pula.

Mengenal Family Raya Ceria, Bus AKAP Masa Kini Dari Bangko Jambi

Sebenarnya, filosofi dari "Family Raya Ceria Sejati" adalah keluarga dari Bapak Alm. H. Gusmaliadi dan istrinya. "Family" berarti keluarga, "Raya" berarti besar (Bapak Alm. H. Gusmaliadi adalah 9 bersaudara sementara istrinya adalah 8 bersaudara), "Ceria" artinya adalah keceriaan, dan "Sejati" artinya adalah selamanya. Bapak Alm. H. Gusmaliadi ingin keluarganya yang besar ceria selamanya, maka dari itu Bapak Alm. H. Gusmaliadi menamakan PO ini "Family Raya Ceria" dibawah naungan PT Family Raya Ceria Sejati. 

Sayang sekali, ane belum pernah menaiki bus milik PT Family Raya Ceria Sejati ini. Mungkin, nanti Family Raya Ceria akan menjadi salah satu opsi ane kalau ingin berkunjung ke kawasan Sumatera Barat ataupun Jambi.

Mengenal Family Raya Ceria, Bus AKAP Masa Kini Dari Bangko Jambi

Jadi, gimana pendapat Gansis seputar PO Family Raya Ceria ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ane yang salah!

Sumber: 1234
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh ulungrinjani 10-04-2021 15:47
69banditos
aripmaulana
Cucigosok
Cucigosok dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.7K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.