Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Ini Perbedaan Busi Iridium dan Busi Biasa

Di pasaran umumnya ada tiga macam material pembuat busi. Busi platina, iridium, dan busi temaga yang biasanya ada pada kendaraan. Busi iridium dan busi tembaga merupakan dua jenis busi yang paling banyak diketahui orang, karena memang keduanya sering digunakan.

Kedua jenis busi ini memiliki beberapa perbedaan, meskipun secara kasat mata keduanya terlihat serupa. Jika diperhatikan lebih detil, ujung elektrodanya punya perbedaan wujud. Khusus busi iridium, ujung inti elektroda pusatnya meruncing, sementara busi biasa bentuknya masih batang kecil.


Percikan api yang dihasilkan busi iridium dinilai lebih stabil ketimbang busi tembaga atau busi biasa. Selain itu, busi iridium juga gak terlalu membutuhkan tegangan listrik yang besar untuk memunculkan percikan api. Oleh karena itu, keuntungan dari penggunaan busi iridium adalah dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan tarikan motor yang menjadi lebih oke.

FYI, Material iridium pada busi terletak pada ujung inti elektrodanya itu sendiri yang bentuknya meruncing dan menghasilkan api. Iridium merupakan logam yang sangat keras dan berfungsi sebagai konduktor yang baik. Material ini juga tahan panas karena titik lelehnya mencapai 2.000 celsius.

Sementara untuk busi biasa atau busi tembaga, ujung inti elektrodanya menggunakan material tembaga. Logam ini juga konduktor yang baik, hanya saja bisa lebih cepat terkorosi. Titik leburnya juga lebih rendah dari iridium, pada 1.085 celsius.

Untuk urusan durabilitas, busi iridium memiliki durabilitas yang lebih baik ketimbang busi biasa. Apabila busi biasa yang motor umurnya bisa nyampe 8 atau 10 ribu km, maka busi iridium baru bisa diganti setelah 50 ribu km. Sementara pada mobil yang pakai busi biasa harus diganti pada interval 20 sampai 40 ribu km, mobil dengan busi iridium baru ganti setelah 100 ribu km. Untuk harga pun kedua jenis busi ini juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

sumber

decodeca
isu152
tien212700
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.9K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.