• Beranda
  • ...
  • Movies
  • 9 Sutradara Film Hollywood Terbaik Versi Ane, Kalau Versi Agan Bagaimana?

cintadineAvatar border
TS
cintadine
9 Sutradara Film Hollywood Terbaik Versi Ane, Kalau Versi Agan Bagaimana?
Selamat datang kembali di thread ane gan.



Kali ini ane mau membahas tentang film lagi nih. Bagi agan pecinta film asal Amerika alias Hollywood pastinya mengenal nama-nama sutradaranya. Merekalah orang di balik berhasil atau tidaknya sebuah film. Tugas sutradara adalah mengarahkan semuanya mulai dari mengarahkan kru sampai para pemain sehingga dia harus punya visi yang tajam untuk mengkonversi naskah ke dalam bentuk visual.

Di Hollywood tentunya banyak nama sutradara terkenal dengan nama besar. Di bawah ini adalah para sutradara terbaik di Hollywood terbaik versi ane. Oh iya, yang ane sebutkan di bawah ini adalah yang film-filmnya sudah ane tonton jadi kalau ada sutradara bagus tapi tidak ada di film ini kemungkinan filmnya belum ane tonton terutama sutradara di zaman lampau yang di mana film klasik yang pernah ane tonton memang tidak terlalu banyak. Langsung saja gan ini dia pembajasan singkatnya.

1. Quentin Tarantino (Pulp Fiction, Django, Inglorious Bastard, dll)


Quentin Tarantino sejauh ini sudah menyutradarai sembilan film sejak debutnya pada 1992. Tarantino dikenal karena filmnya yang penuh dengan black comedy, realistis, sekaligus sadis namun sadis dengan gaya. Karya pertamanya adalah Reservoir's Dog (1992) yang merupakan film unik, mengisahkan perampokan bank tapi perampokannya tidak pernah ditampilkan. Film terbaiknya tentu saja adalah Pulp Fiction rilisan tahun 1994 dan ditasbihkan menjadi film terbaik Tarantino sejauh ini.

Kemudian ada Inglorious Bastard (2009) yang manyajikan kegilaan akting Brad Pitt sebagai Yahudi yang balas dendam pada Nazi. Film terbaru Tarantino, Once Upon Time in Hollywood (2019) justru menurut ane malah yang paling biasa saja.

2. Steven Spielberg (Jurassic Park, Saving Private Ryan, Bridge of Spies, dll)

Sebagai sutradara veteran yang sudah memproduksi banyak film dan bahkan telah memenangkan penghargaan Best Director di Academy Awards sebanyak dua kali, rasanya aneh kalau tidak memasukan Spielberg ke daftar ane ini. Debut Spielberg sebagai sutradara adalah dalam film The Sugarland Express (1974). Film tersebut kurang terkenal dan biasa saja namun nama Steven Spielberg mulai melejit setelah merilis Jaws (1975).

Banyak judul-judul film yang digarap oleh Spielberg, sebut saja E.T (1982), Schindler's List (1993), Jurassic Park (1993), Saving Private Ryan (1998), dll.

3. Stanley Kubrick (2001:A Space Odyssey, Path of Glory, Full Metal Jacket


Stanley Kubrick, lahir pada 1928 dan meninggal pada 1999 adalah sutradara legendaris yang terkenal karena film-filmnya mengandung makna yang sangat mendalam dan mempertanyakan kemanusiaan. Contohnya pada Path of Glory (1958), Kubrick mengkritik sistem sosial melalui film anti-perang di mana pangkat yang paling atas bisa memperlakukan semuanya dengan seenaknya. Atau pada A Clockwork Orange (1971), film kontroversial tersebut mempertanyakan arti sisi baik dan jahat yang menjadi ambigu. Dalam Full Metal.Jacket (1987) film tersebut menggambarkan sebuah ironi di atas ironi tentang peperangan di Vietnam.

4. Alfred Hitchcock (Psycho, The Birds, Vertigo, dll)


Dijuluki sebagai master of suspense, Alfred Hitchcock memang terkenal dengan karya-karyanya yang orisinil dan mempengaruhi film-film lainnya. Dia piawai dalam membangun ketegangan penonton melalui adegan yang sederhana. Karya fenomenalnya yaitu Psycho (1960) adalah film suspense yang minim pembunuhan tapi mampu membuat penonton tegang bagaikan ikut menghadapi sang psikopat.

Jangan lupakan karya-karya yang lainnya seperti North by North West (1959). Itu film jadul tapi adegan-adegannya bagaikan film zaman sekarang. Kemudian ada The Birds (1963), Vertigo (1958), Rear Window (1954), dll.

5. Martin Scorsese (Taxi Driver, Goodfellas, The Departed, dll)

Martin Scorsese juga sutradara veteran Hollywood yang karya-karyanya fenomenal. Taxi Driver (1976) merupaka film yang membuatnya terkenal dan saat itu dibintangi oleh Robert de Niro. Pada 1990 ia merilis Goodfellas yang juga dibintangi oleh Rebert de Niro dan sederet bintang lainnya. Scorsese kerap apik dalam mengemas cerita bertemakan mafia dan thriller. Karya fenomenal lainnya adalah tentu saja Shutter Island (2010) yang endingnya membuat banyak orang kepalanya berasap karena mikir. Ane sendiri agak menyesal nonton film itu, bukan karena filmnya jelek tapi karena dipaksa mikir muter-muter. emoticon-Ngakak (S).

6. Christopher Nolan (The Dark Knight, Inception, The Prestige, dll)

Ya, para pecinta film zaman sekarang siapa sih yang tidak kenal sama sutradara yang satu ini? Nolan memulai debutnya sebagai sutradara dalam film Following (1998) namun baru terkenal lewat film keduanya yaitu Memento (2000) yang menggemparkan perfilman karena alurnya yang tak biasa. Sejak saat itulah Nolan dikenal dengan sutradara film yang mengharuskan penontonnya untuk "mikir". Karya terbaiknya adalah The Dark Knight Trilogy. Sedangkan film Nolan yang paling ane suka adalah The Prestige (2006).

7. James Cameron (Terminator, Aliens, Avatar)


James Cameron dikenal sebagai sutradara yang perfeksionis dan itulah kenapa sutradara yang satu ini karya filmnya termasuk sedikit sejak debutnya pada tahun 1982. Film pertamanya yaitu Piranha II: The Spawning (1982) justru gagal total. Karirnya mulai moncer ketika menyutradarai The Terminator (1984) dan membuatnya dipercaya menggarap Aliens (1986) sekuel film Alien itu sukses dan James menambahkan unsur action yang justru minim dalam film pertamanya.

Terminator 2 (1991) menurut ane adalah karya terbaik James Cameron selain Titanic (1997). Kalau Avatar (2009) James Cameron memberikan inovasi berupa visual CGI yang sangat indah sehingga bisa jadi film terlaris sepanjang masa.

8. Ridley Scott (Alien, Gladiator, Blade Runner, dll)

Ridley Scott adalah sutradara yang terkenal lewat film Alien (1979). Film tersebut berhasil mendapatkan banyak pujian karena gaya penceritaannya dan menjadi salah satu horor fiksi ilmiah terbaik. Karya ambisiusnya yaitu Blade Runner (1986) adalah film dengan visual efek terbaik di zamannya sekaligus menjadi salah satu film yang mempopulerkan tema cyberpunk.

Gladiator (2000) adalah film Ridley Scott yang memenangkan penghargaan Oscar sebagai Best Pictures dan dibintangi oleh Russel Crowe dan juga Joaquin Phoenix jauh sebelum Phoenix berperan sebagai Joker.

9. Orson Welles (Citizen Kane, Touch of Evil, dll)

Seorang legenda Hollywood yang menjadi panutan banyak sineas film hingga sekarang. Orson Welles meraih kesuksesannya di bidang film pada usia muda yaitu 26 tahun. Hebatnya lagi dia pula yang menjadi produser, penulis, sekaligus aktor dalam filmnya tersebut. Welles berjaya di era film hitam putih dan film yang paling terkenal tentu saja Citizen Kane (1941) yang beberapa kalangan menyebut film ini sebagai masterpiece yang haram hukumnya untuk diremake. Karya lainnya antara lain adalah Touch of Evil (1958) yang memberikan pengaruh yang cukup besar pada teknik pengambilan gambar yaitu teknik one-shot. Suatu teknik yang sangat sulit dilakukan pada masa itu meningat masih belum ada komputer canggih untuk editing.

Nah, gan. Kalau versi agan siapa aja nih. Sebutkan di sini dan apa film terbaiknya. emoticon-Ngakak

Quote:
Diubah oleh cintadine 14-07-2021 16:17
telah.ditipu
asamboigan
nyonyo2
nyonyo2 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
7.8K
88
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
19.9KThread17.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.