machinAvatar border
TS
machin
Lima Sifat Ini Cukup Untuk Mengukur Kedewasaan Seseorang
Selamat malam menjelang pagi agan aganwati. Sehat dan bahagia selalu.emoticon-rose


Berbicara tentang sifat dewasa seseorang memang banyak tolak ukurnya. Selain banyak, tolak ukur kedewasaan seseorang juga relatif, jika tidak ada batas yang dimunculkan dalam mengukurnya.

Kedewasaan sendiri secara general bisa diartikan sebagai sifat yang tertanam pada pribadi seseorang, dimana sifat tersebut jika diterapkan dimanapun dia berada, dia dapat memberi manfaat terhadap orang lain, tidak merugikan (materi maupun mental) orang lain dan diri sendiri.

Quote:

Sebenarnya kalimat di atas bisa dikatakan cukup untuk mendefinisikan kedewasaan seseorang. Namun, kalimat di atas belum cukup spesifik, karena jika mau lebih spesifik, perlu membahas lebih detail lagi. Misalnya, apa itu batasan "merugikan" dan "manfaat" yang dimaksud dari kalimat di atas. Merugikan itu relatif dan manfaat juga relatif bagi sebagian orang. Aku pernah menulis thread  yang membahas tentang apa itu manfaat, meskipun dalam thread  tersebut lebih dominan membahas tentang rasa syukur secara logika. Silahkan klik link yang ada di kalimat sebelum ini.

Jika disempatkan membaca thread  tersebut, itu akan lebih mudah mengolah definisi kedewasaan di atas. Jadi, apa lima sifat yang dimaksud di judul thread  ini ?
Quote:

Seseorang tidak juga bisa dikatakan dewasa jika seseorang tidak dapat mengambil keputusan atas dirinya yang selalu dirugikan oleh orang lain. Meskipun berurusan dengan anak kecil, saat kita benar, kita harus menyampaikan bahwa posisi kita benar. Pastinya menggunakan cara yang tidak merugikan anak tersebut, baik secara mental dan materi. Sangat tidak dibenarkan untuk membenarkan tindakan yang salah meskipun itu disampaikan terhadap anak kecil.

Quote:


Dengan sikap tersebut, seseorang akan rela meluangkan waktu untuk mendengar penjelasan dari orang lain. Baik itu dari bawahannya maupun dari anak kecil sekalipun.
Quote:

Ucapan terimakasih tidak memiliki efek samping yang besar dari pada kata maaf. Kata maaf akan memberikan efek samping yang buruk terhadap diri sendiri jika terlalu sering diucapkan, akibatnya akan membuat orang lain mudah meremehkan dan merendahkan si pengucap. Aku juga menulis opiniku tentang kata maaf.
Quote:

Memang sih banyak yang sukanya barengan dari pada sendirian. Kalau barengan gak kelihatan salahnya, karena ketutup momennya.
Quote:

Jadi, itulah lima sifat yang cukup untuk mengukur kedewasaan seseorang menurut TS. Semoga kita semua bisa menjadi pribadi yang memberi manfaat kepada orang lain tanpa perlu mengorbankan diri sendiri.
--
Terimakasih sudah membaca threadopiniku ini. Sehat dan bahagia selalu.emoticon-rose
Sumber gambar : terlampir


DickyRTFcolony
alifrian.
jiresh
jiresh dan 20 lainnya memberi reputasi
21
6.7K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.