dellesologyAvatar border
TS
dellesology
Perang Paraguay, Perang Terbesar Sepanjang Sejarah Amerika Latin

Hello GanSis kembali lagi dengan kreator kali ini jika beberapa waktu lalu Kreator bahas invasi VOC ke Port Zeeland Taiwan, kali ini kreator balik mau membahas sejarah dari kawasan Amerika Latin, yang mungkin bagi GanSis jarang ada yang tahu tentang kisah sejarah dari kawasan Amerika Latin. Jika mungkin GanSis hanya tahu tentang perang terbesar adalah perang dunia yang melibatkan banyak negara seperti Inggris, Jerman, Jepang, bahkan Amerika Serikat. Namun dari beberapa front yang terjadi dalam perang tersebut, mungkin kreator dan GanSis jarang mendengar konflik yang melibatkan negara di Amerika Latin.

Sebenarnya GanSis kalau selama ini GanSis berfikir mungkin kawasan Amerika Latin jarang atau tak terdengar ada konflik atau perang GanSis salah besar, karena alasan utama ada salah satu perang yang terjadi di kawasan Amerika Latin dan perang ini merupakan perang terbesar di kawasan Amerika Latin. Perang Paraguay atau "War of Triple Alliance", salah satu perang yang melibatkan Paraguay melawan tiga negara besar di Amerika Latin lainnya yakni Brazil, Argentina, dan Uruguay. Sebelum masuk ke dalam pembahasan kita belajar sedikit letak geografis Paraguay ini dulu ya GanSis.

Jadi letak Paraguay bagi GanSIs yang belum tahu, negara ini terhimpit di tengah-tengah 3 negara besar yang kreator sebutin diatas seperti Brazil, Argentina dan Uruguay. Dasar atau penyebab utama Perang Paraguay ini terjadi bermula keinginan dari pemimpin Paraguay yakni Fransisco Solano Lopez yang terinspirasi oleh Napoleon dan ingin menyaingi negara Brazil dan Argentina yang merupakan dua kekuatan dominan di Amerika Selatan saat itu. Untuk mewujudkan ambisinya ini Paraguay memanfaatkan situasi politik Uruguay yang sedang dilanda perang saudara, dan mendukung "partai Blanco" melawan "partai Colorado" yang didukung oleh Brazil dan Argentina.


Potret Fransisco Solano Lopez, Sumber Gambar

Hal ini membuat Brazil memutuskan untuk mengintervensi keterlibatan Paraguay dan keduanya langsung menyatakan perang satu sama lain pada bulan Desember 1864. Sedangkan Argentina yang masih mengawasi pertikaian antara Brazil dan Paraguay, kemudian memutuskan untuk terlibat setelah tentara Paraguay memaksa akses wilayah mereka agar dapat lebih mudah untuk menyerang Brazil. Hal ini kemudian mendeklarasikan berdirinya koalisi 3 negara yang terdiri atas Brazil, Argentina dan Uruguay yang dikenal sebagai "Triple Alliance" melawan Paraguay.

Salah satu petarungan terbesar yang melibatkan 2 kubu tersebut terjadi di Tuyuti dan menjadi petempuran palig berdarah dalam sejarah Amerika Latin. Bagaimana tidak, ada sekita 35.000 pasukan aliansi dan 24.000 pasukan Paraguay bertarung mati-matian demi kejayaan bangsa masing-masing. Namun kegagalan pasukan Paraguay memanfaatkan momentum membuat mereka harus kalah dan kekuatan militernya mengalami penurunan drastis sampai tidak bisa menjalankan serangan berskala besar seperti sebelumnya. Namun dari kekalahan Paraguay dengan 3 negara aliansi ini membuat kedua belah pihak melonggarkan ketegangan pada tahun 1866, bahkan pasukan Aliansi mengganti komanda mereka menjadi Duke of Caxias yang mampu mengorganisir pasukan militer dari pihak aliansi.


Sumber Gambar


Setelah kekalahannya atas 3 negara aliansi Paraguay yang awal berfokus pada pertahanan namun gagal menahan serangan sekutu, membuat Lopez mengubah strategi menjadi perang gerilya pada tahun 1869. Perang ini berakhir setelah Lopez dan pasukannya tewas dalam satu petempuran di wilayah Hutan Cerro Cora pada Maret 1870. Hal ini mengakhiri Perang Paraguay yang berdampak kepada kondisi 4 negara yang terlibat, dimana jumlah orang yang tewas mencapai lebih dari 440.000 jiwa dan masing-masing negara mengalami krisis ekonomi berkepanjangan.


Sumber Gambar

Pada akhirnya GanSis Perang inipun menjadi salah satu dampak dan krisis ekonomi yang terjadi di wilayah Amerika Selatan menjelang Perang Dunia dan menjadi salah satu faktor juga GanSIs yang membuat negara-negara di Amerika Latin jarang terdengar dan terlibat secara aktif dalam dua perang yang terjadi di abad ke-20.

Sekian Thread Kreator kali ini semoga kita bisa memetik hikmah dari perang ini ya GanSis

Kreator mau ucapin Terimakasih dan tetap di rumah bagi GanSIs yang daerah kena PPKM darurat jangan lupa 3M dan menolong sesama ya....

Sebelum benar-benar berpisah mungkin GanSis bisa mampir Ke Thread Kreator yang lain disini

Spoiler for Sumber dan Referensi:


Aramina
BagoesAK47
jiresh
jiresh dan 26 lainnya memberi reputasi
25
4.6K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.