Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
5 Fitur Andalan Windows 11 Yang Dapat Memanjakan Penggunanya
Foto tampilan menu windows 11 | thedailystar.com


Perusahaan raksasa teknologi Amerika "Microsoft" dikabarkan melakukan perombakan pertama dari sistem operasi komputer andalan mereka yaitu "Windows". Siapa yang tidak mengenal sistem operasi populer yang satu ini, di warnet, perkantoran, instansi bahkan sekolah 90% menggunakan sistem operasi Windows, selain mudah digunakan Windows sangat user friendly.

Perusahaan Microsoft selalu menambahkan fitur-fitur canggih pada sistem operasinya yaitu Windows, dan membuang atau mengupgrade fitur jadul yang sudah tidak digunakan lagi. Beberapa sistem operasi yang paling sukses dijamannya adalah Windows XP, Windows 7.

Foto tampilan wallpaper windows 11 | usatoday.com


Meskipun Microsoft memiliki Windows 10 dengan beberapa fitur canggih, namun sepertinya tidak bisa menggeser popularitas Windows 7. Ternyata, pihak Microsoft gagal dengan mengandalkan fitur Windows 10 untuk bisa menggaet pengguna Windows 7, dan ujung-ujungnya mengeluarkan pemberitahuan jika pihak Microsoft tidak akan memberikan layanan atau update kepada pengguna Windows 7 lagi. Ini menurut opini saya, jika berseberangan dengan opini atau asumsi saya itu sah-sah saja.

Pihak Microsoft juga sudah menyiapkan Windows 11 atau saya singkat menjadi "W11" sebagai generasi terbaru mereka, Microsoft banyak menambahkan fitur dan pembaruan penting dalam sistem operasi windows 11. Berikut beberapa fitur andalan dari sistem operasi Windows 11.


1. Aplikasi Android Bawaan Windows (emulator)
Foto ilustrasi tampilan aplikasi tiktok di windows 11 | gsmarena.com


Salah satu fitur terpenting dari sistem operasi W11 adalah memiliki aplikasi Android, Agan dan Sista bisa mengunduhnya dari Microsoft Store jika belum terinstal.

Sebenarnya GanSis dapat menemukan fitur aplikasi Android ini di Windows 10 akan tetapi kurang maksimal penggunaannya dan sistem baru W11 GanSis dapat menggunakan fitur Android layaknya menggunakan smartphone.

Kelemahan aplikasi Android milik W11 yaitu hanya mendukung Amazon App Store saja. Yang artinya, aplikasi android W1 ini tidak berlaku di Google play store. Masih bingung? Intinya aplikasi Android W11 tidak mendukung GMS (Google mobile services) jadi tidak semua aplikasi dapat dijalankan aplikasi Android W11.


2. Widget futuristik

Foto tampilan menu windows 11 | thedailystar.com


W11 juga menambahkan widget ke antarmuka yang dapat disesuaikan oleh penggunanya, widget ini juga didukung oleh kecerdasan buatan yang dapat atur secara otomatis. Seperti widget untuk menampilkan informasi seperti berita, cuaca, pengingat kalender, daftar tugas, dan foto terbaru layaknya widget di smartphone.


3. Aplikasi video call Microsoft Teams

Foto tampilan menu windows 11 | mspowersuper.com


Aplikasi Video Call (VC) Microsoft Teams juga terintegrasi langsung ke dalam W11, sehingga mudah diakses untuk penggunaan sehari-hari. Dan Agan dan Sista dapat menggunakan aplikasi ini untuk terhubung dengan orang lain melalui video call.

Kelebihan Teams adalah bisa bekerja di berbeda perangkat, yang artinya Teams yang di instal di komputer bisa VC ke Teams yang dipasang di Android, iOS atau Mac, tapi sebelumnya aplikasi Teams harus di instal terlebih dahulu di gadget masing-masing.


4. Dekstop Virtual

Foto ilustrasi tampilan dekstop virtual 11 | cnet.com


W11 dapat memungkinkan pengguna membuat desktop virtual secara terpisah, pengguna dapat menyesuaikannya latar belakang yang berbeda-beda. Yang artinya GanSis dapat membuat desktop virtual untuk penggunaan pribadi, kantor, sekolah, game, atau apa pun. Sayangnya rumor ini belum jelas mekanismenya tentang cara mengatur desktop virtual di Windows 11.

Namun, beberapa rumor mengatakan jika desktop virtual ini tampaknya hanya slide layaknya menu slide di smartphone yang bisa kita gulir ke kanan, kekiri bawah dan atas tetapi berbeda wallpaper.


5. Tampilan multitasking yang elegan

Foto tampilan multitasking windows 11 | windowslatest.com


Saat GanSis bekerja di serangkaian jendela atau multitasking secara bersamaan, sistem operasi memungkinkan GanSis untuk mengatur letak secara manual baik pengaturan tata letak.

Sepertinya mirip dengan windows 10, atau seperti animasi pada windows 7 dengan menekan logo windows + tab



Referensi kutipan: 1. usatoday.com - Windows 11: Everything you must know about Microsoft's latest software

2. cnet.com - The Windows 11 features we think you'll be obsessed with (and how they work)

shock_lover
breekachu13
delfatesting260
delfatesting260 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
8.7K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer StuffKASKUS Official
50.4KThread8.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.