Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Viral! Thread Ini Viral Karna Di Judulnya Ada Tulisan 'Viral'


Kira-kira berapa kali dalam sehari Anda melihat berita yang judulnya dimulai dari kata viral? Sebenarnya apa sih arti viral itu? viral berasal dari bahasa inggris yang artinya virus. Makna kata viral sendiri digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang penyebarannya begitu cepat layaknya virus dan hal ini biasa kita temukan di sosial media.

Di jaman sekarang anak artis makan pakai sendok pun bisa menjadi viral dan sesungguhnya tak ada kriteria tertentu yang menentukan seperti apa viral itu sebenarnya. Apakah harus sudah memiliki 100 retwet? Atau dikomentari oleh 100 netizen? Entahlah. Yang jelas kalau situs berita menuliskan viral di judulnya maka kejadian itu adalah viral meski mungkin saja kejadian itu tak ada yang tahu dan tak ada yang peduli.



Fenomena viral ini bisa menjadi ajang penyebaran hoax yang berbahaya. Hanya dengan embel embel viral satu pihak bisa saja mempengaruhi pembacanya dan menganggap hal tersebut sebagai kebenaran. Contohnya begini, 'viral! Susu beruang bisa sembuhkan korona'. Dan karna masyarakat kita malas membaca maka mereka menerima begitu saja berita 'viral' tersebut dan berbondong-bondong menimbun susu beruang.

Viral juga bisa menjadi ajang promosi untuk membuat mereka yang tidak tertarik menjadi tertarik. Sama seperti kasus susu beruang, meskipun beritanya ketahuan hoax tapi rasa penasaran itu akan membuat orang yang tadinya tak peduli dengan susu beruang menjadi terus meliriknya setiap kali pergi ke mini market. Ajang promosi yang hebat kan?



Dan yang terakhir, berita viral bisa menjadi cara untuk meningkatkan nilai seseorang atau senjata politik. Tahulah apa yang saya maksud, contohnya adalah politikus yang kemana-mana selalu bawa kameramen untuk memotret seluruh kegiatannya.

Namun ada contoh lain yang membuat saya cukup merasa geli. Kasus itu terjadi saat bulan Februari lalu dimana gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diberi gelar pahlawan transportasi oleh TUMI dan disejajarkan dengan tokoh besar seperti Elon Musk. Berita itu cukup viral pada masanya namun saat saya lihat langsung ke akun Twitter pihak yang memberikan gelar tersebut saya merasa heran karna baik jumlah retweet maupun komentarnya relatif rendah. Bahkan postingan anak artis saja bisa dapat lebih dari itu.



So, viral mengartikan sesuatu yang menyebar cepat layaknya virus namun sebenarnya apa gunanya menggunakan kata tersebut? Menurut saya yang menyebabkan sebuah fenomena viral bukanlah penyebarannya melainkan situs berita yang menuliskan 'viral' pada judulnya. Berkat mereka kata tersebut sudah menjalankan fungsinya dengan baik karna di kepala kita sudah tertanam perintah 'berita viral = klik dan share.'

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumber
Diubah oleh ih.sul 14-07-2021 06:05
saiki88
merseysidered
koechingg
koechingg dan 11 lainnya memberi reputasi
12
3.8K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.