Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ayasbwg86Avatar border
TS
ayasbwg86
Abbas bin Firnas dan Pesawat Terbang
Mayoritas manusia di dunia mengidentifikasikan penemuan konsep pesawat terbang pertama ialah oleh Wright Bersaudara bukan? hingga dikancah per televisian pun sudah dibuat serial nya, hingga animasi yang disaksikan para generasi penerus dibuat kagum oleh Wright Bersaudara.

Padahal jauh Berabad-abad sebelumnya tepatnya pada awal abad ke 11 masehi, konsep Pesawat terbang sudah ditemukan oleh Ilmuwan Muslim asal Andalusia, Yang bernama Abu al-Qasim Abbas bin Firnas bin Wirdas at-Takurini al-Andalusi al-Qurthubi yang biasa dipanggil dengan Ibnu Firnas.

Bermodalkan kecerdasan dan ketekunan dalam menimba Ilmu, sehingga beliau berhasil mengkaji masa benda ketika dihadapkan dengan udara dan pengaruh tekanan udara terhadap benda di ruang hampa udara. 
Berbekal dari penguasaan ilmu eksak, matematika, dan kimia, ia terus mengkaji masa benda. Sampai akhirnya ia melakukan eksperimen menerbangkan diri dengan mengguna memakai semacam sayap burung lengkap dengan bulu-bulunya yang terbuat dari sutra. sampai Akhirnya mendarat dengan sempurna.

Sehingga masyarakat Kordoba terkagum-kagum akan eksperimennya yang membuat benda padat dapat terbang di angkasa, sehingga teori konsep ini terus di kembangkan hingga menjadi pesawat modern sekarang.

Hingga masa Akhirnya beliau wafat atas eksperimen yang begitu menjadi role model hingga era sekarang.

Selalu ada peran Islam dibalik kemajuan sebuah peradaban dunia. Termasuk pesatnya perkembangan di industri pesawat terbang.sementara dibalik itu kita tak tahu ada Pembelokan sejarah yang dilakukan orang-orang Barat, sehingga kita buta akan penumuan itu, Marilah dari sekarang kita sadar akan sejarah Islam yang begitu luas dan beradab.

Sumber : Raghib As Sirjani-Sumbangsih Islam pada Dunia
*Disalin & disunting dari Generasi Shalahuddin


pakisal212
anton2019827
anton2019827 dan pakisal212 memberi reputasi
2
1.1K
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.