missterry92Avatar border
TS
missterry92
Lunasi Hutang,MLM Terselubung

Sumber gambar : komunitasumkm

Gan sis orang yang memiliki hutang bukanlah sebuah hal yang baik untuk di banggakan. Salah satunya ane sendiri yang kena hutang banyak. Bingung untuk melunasinya. Mulai dari gali lobang sampai tutup lobang. Begitu seterusnya. Nah kali ini ane mau menceritakan pengalaman ane gan semoga menjadi pembelajaran ya..
Kisah di mulai ketika teman ane yang bernama D tiba tiba wa jam 6 pagi.

D : mbak ada temen yang mau hutang ribanya lunas ta?
(Wow semangat donk ane... Mana pengen segera lunaas ye kan... )
Ane : ia mbk ak mau
D : kapan free mbk? Bisa kerumahku kan, nanti kita ngobrol-ngobrol.

Ane : wokey mb siap..
(Ane mikir donatur mana yang baik hati mau pinjemi duit pribadi, buat bayar hutang bank-bank kita semua dan lagi bayarnya gak ada jatuh tempo semampunya lagi.)

Terus hari itu ane cerita ama suami ane ya kan.. Suami ane yang berpendidikan lebih tinggi pasti paham. Trus ane di ketawain donk..
Jaman sekarang mana ada orang mo minjemin duit cuma cuma katanya. Coba kalo di pikir kenapa Raffi Ahmad gak bikin acara buat minjemin uangnya yang banyak itu kan Sultan sebutannya. Terus ak bersikukuh donk, ane bilangnga kalo rejeki trus masak mau di tolak ikut aja dulu ya nant kelanjutannya di pikir belakangan.

Trus dateng lah ane di acara mini seminar. Dirumah temen ane si mbak D. Waktu dateng uda ada bapak bapak paruh baya. Cara bicaranya Wow sangar, kaya orang penting. Mahir banget bertutur kata. Jadi didalem ruangan itu hanya ada 3 orang, ane dan mbak D serta si bapak kita sebut saja Y. Kami saling bercerita keluh kesah masing-masing. Di mulai dari si mbak D yang bercerita awal mulanya memiliki hutang bank 150 juta sekarang jadi 500 juta. Trus ane bilang utangku 99 juta pak. Itu ada juga yang kecil kecil. Trus si Pak Y ini tertawa sambil nada menghina hutang kami yang segede upil. Oak Y bilang "sampean belum punya utang 1M kan?? Aku ini utangnya sakM mbk". Wow ternyata lebih gede dari utangku. Terus jam udah menunjukkan pukul 3 sore. Teman yang lain dari mbak D ternyata gak dateng. Tetapi teman laki-laki dari pak Y ini hadir. Jadi kami ada 4 orang. Dan akhirnya dateng mobil Avanza putih, ada 2 orang keluar didalamnya. 1 cowok dan 1 cewek.

Setelah di siapkan proyektor dan laptopnya. Si perempuan mengenalkan diri dengan sebutan mbak M dan laki-laki yang datang berbarengan dengannya kita sebut saja mas A. Mereka membuka dengan memberikan tayangan video tentang dosa riba. Jadi gan dalam islam bila kita melakukan riba maka dosanya seperti kita berzina dengan orang tua sendiri. Wah video oke nih pikirku. Lanjut ke slide berikutnya tentang masalah hutang riba apa aja, dan di tunjukkan orang orang yang tergabung di komunitas tersebut bisa berhasil melunasi hutang riba mereka. Dari profesi tukang parkir, pedagang bakso sampai ibu rumah tangga biasa. Mereka sukses dengan join bersama komunitas ini dan selain hutang mereka lunas mereka juga mendapatkan reward yaitu motor scopy dan mobil fortuner. Nah maap maap no yee.. dari sini ane uda feeling gak enak ini.
Lalu lanjut slide berikutnya. Si mbak motivator ini bilang bahwa komu itas kita gak punya uang. Karena itu komunitas kerjasama dengan PT **** . Jadi yang punya uang itu PT ****, di tunjukkan slide profil perusahaannya dan CEO nya. Yang sudah sukses di usia 30 tahun. Nah slide berikutnya menjelaskan bahwa perusahaan ini bekerja di bidang kecantikan, kesehatan, pertanian, dan otomotif. Disini ane sempet mikir wah ada titik terang nih. Ane pikir pak CEO tersebut yang mau minjemin duit buat kita semua. Eits... Slide berikutnya nunjukin jd tergabung di komunitas tu kita gak di suruh jualan. Kita gak fokus buat jualan produknya. Tapi tugas kita cuma ngajak temen buat ikut di komunitas. Dengan cara mendaftar sebagai member komunitas kita akan di berikan produk dari PT **** senilai 3 juta rupiah. Daftar member cukup membayar 2,2 juta rupiah. Nah loo.... Ujung ujung e emang semua gak ada yang gratis. Nah jiwa pembangkang ane muncul nih.

Ane : mbak M, lha ini aja buat makan susah gimana mau daftar member mbak?
M : tergantung masing-masing orang aja mbak, mau hutang ribanya segera lunas atau gak.
Ane : lho kalo kitanya ma niat mbak, tapi mbayar daftarnya yang gak ada
M : dulu saya juga sama kayak mbaknya, utangku banyak mbak. Aku uda di ajak gabung komunitas sampe 7x tapi yang terakhir ini sepertinya Allah menggerakkan hatiku mbak. Jadi aku yakin, terus aku pinjam koprasi buat daftar member mbak. Jadi mbak bisa pinjem koprasi dulu mbak.
Ane : ....??? ( Lho ini gimana seh, katanya hutang riba itu dosa seperti zina dengan orang tua sendiri ini kenapa di suruh hutang koprasi )


Nah dari sini ane paham ternyata tugas ane hanya ngajakin temen yang mau daftar member di komunitas tersebut gan. Kalau temen ane ikut ane dapat komisi. Nah disini di jelasin akan dapat komisi 400rb setiap satu orang yang di ajak. Iming-imingnya sih kalau sehari bisa ngajak 10 orang. 1 hari 4 juta. Kalo 1 bulan itung aja ndiri ya gan.. yang jelas banyak. Nah di sini yang bikin ane gak yakin, kalau temen yang di ajak nih mau daftar member baru dapat bonus ya kan. Kalau yang di ajak gak daftar member trus dapat bonusan dari mana??? Terus kalo uda terlanjur hutang koprasi mau balikin gimana? Nah di sini jiwa kewarasan ane bangkit. Temen ane si D ini uda percaya banget. Uda yakin 1000% malahan, dan ujung-ujungnya dia sedikit memaksa guwe buat daftar member, soalnya dia uda terlanjur daftar member komunitas. Sedangkan uang yang dia pake daftar itu uang buat nyicil tagihan bank nya 1 bulan 5 juta rupiah.

Ane mikirnya gak deh aku gak mau gali lobang tutup lobang lagi. Dah kapook.. jadi dari sini kita dapat pembelajaran kalau mau hutang lunas YA DIBAYAR sendiri dengan bantuan dan izin dari Allah. Minta di lancarkan rejeki dan di mudahkan jalannya. Jadi di harapkan buat agan sista yang lain dapar mengambil hikmah dari pembelajaran ini. Walaupun sudah putus asa dengan masalah mu tetap rasional ya... Minta bantuan orang terdekat untuk mendiskusikan, memang mereka gak akan bantu kalian buat bayar hutang tapi dapat membantu mempertimbangkan keputusanmu. Ingat minta bantuan utama sama Tuhan ya...

Tetap semangat.. jangan putus asa
Diubah oleh missterry92 07-07-2021 04:54
proto1
Fey1985
erwhyienzst
erwhyienzst dan 26 lainnya memberi reputasi
25
6.3K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.