• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • 5 Fakta Menarik Truk Di Indonesia, Mulai Desain Hingga Teknologi!

ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
5 Fakta Menarik Truk Di Indonesia, Mulai Desain Hingga Teknologi!
Annyeong Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar 5 fakta menarik truk di Indonesia, mulai desain hingga teknologi.




Gansis hampir pasti pernah melihat truk, baik di jalan raya, jalan tol, parkiran, diler, bengkel, pinggir jalan, atau tempat lainnya. Entah truk light duty yang merupakan truk berukuran kecil, truk medium duty yang merupakan truk berukuran besar, atau truk heavy duty yang merupakan truk berukuran sangat besar.

Mungkin, Gansis akan penasaran dengan fakta-fakta unik dari truk tersebut. Apa saja sih? Nah, kali ini ane akan bahas seputar 5 fakta unik truk di Indonesia, mulai desain hingga teknologinya.

1. Truk Di Indonesia Masih Ada Yang Mempertahankan Desain Jadul



Truk di Indonesia masih ada kok yang mempertahankan desain jadul, yang sudah digunakan sejak tahun 80an lalu, hingga sekarang. Contohnya Fuso 220PS berwarna orange, atau ada juga Mitsubishi Colt L300.

Mungkin, hal ini dikarenakan desain truk tersebut yang everlasting atau tak akan termakan zaman, serta masih sangat diminati orang-orang Indonesia hingga sekarang.




Bukan hanya desain eksterior yang dipertahankan, tetapi desain interior hingga instrument cluster, tak lupa juga setir, tetap dipertahankan. Seperti yang sudah ane sebutkan diatas, tetap dipertahankan karena orang-orang Indonesia masih meminati desain jadul tersebut.

2. Di Indonesia, Banyak Sekali Truk Yang Dimodifikasi




Gak susah kok untuk menemukan truk yang sudah dimodifikasi seperti di atas, di Indonesia. Karena memang, banyak sekali orang Indonesia yang suka memodifikasi truk dan mengikuti kontes.

Tren ini sudah berjalan cukup lama (CMIIW). Ane kurang tahu kapan tren ini dimulai, tetapi setahu ane tren ini sudah ada cukup lama di Tanah Air. Truk yang dimodifikasi biasanya truk light duty, paling sering terlihat Mitsubishi Canter atau Isuzu Elf Giga sebagai basisnya.



Kontes truk di Indonesia pun tak bisa dibilang sedikit. Hampir di tiap provinsi bahkan mungkin kabupaten, tiap tahun diadakan kontes truk. Kontes ini mempertandingkan truk-truk modifikasi.

3. Jumlah Truk Sudah Ada 6,5 Juta Unit




Iya, menurut situs Gaikindo, jumlah truk di Indonesia diperkirakan sudah ada 6,5 juta unit. Wajar saja, mengingat Indonesia memiliki populasi yang sangat tinggi dan jaringan jalan yang cukup banyak terutama di pulau Sumatera dan Jawa, serta demand and supplies dari penjualan barang-barang yang juga cukup banyak pula.

Jika dirata-ratakan, misalnya satu truk panjangnya 6 meter, berarti jika seluruh truk di Indonesia berbaris, panjangnya total bisa mencapai 39 ribu kilometer! Yup, 39 ribu kilometer, hehehe.



Kemungkinan, ane kira 2-3 juta diantaranya merupakan truk light duty, 1-1,5 juta diantaranya truk medium duty dan heavy duty, sisanya mobil pickup biasa yang ada di jalanan Indonesia.

4. Warna, Menjadi Ciri Khas Suatu Seri Truk Atau Pabrikannya Di Indonesia

sumber gambar


Ciri khas suatu seri truk atau pabrikannya di Indonesia adalah warnanya. Iya, warnanya, karena memang hampir semua seri truk atau pabrikannya di Indonesia pasti punya warna dengan ciri khas tersediri.

Contohnya, misalnya Hino yang terkenal dengan warna hijau untuk hampir semua truk-truknya. Hanya Hino 700 yang terkenal dengan warna putihnya, itupun dengan populasi yang bisa dibilang sedikit. Atau misalnya, Mitsubishi yang terkenal dengan warna kuning untuk seri Colt Diesel-nya, oranye untuk seri Fuso-nya, dan hitam untuk pickup legendarisnya (L300). Oh iya, satu lagi, Isuzu, sangat terkenal dengan warna putihnya untuk semua truknya.




Ane tidak tahu kenapa hal ini dilakukan oleh para produsen truk dengan hanya memberikan 1 pilihan warna untuk truk-truknya. Kemungkinan, untuk menambah signature dari produk tersebut, jadi mudah dikenali di jalan, hehehe.

5. Kebanyakan Truk Di Indonesia Rata-rata Teknologinya Masih Konvensional





Bukan rahasia umum kalau teknologi mesin truk di Indonesia rata-rata masih mempertahankan teknologi zaman dulu atau teknologi yang masih konvensional Gansis.

Hal ini dikarenakan teknologi yang masih konvensional itu dianggap lebih mudah dalam perawatannya, lebih durable dan masih mau meminum solar bersubsidi di Indonesia yang kualitasnya terbilang masih rendah.



Teknologi yang masih konvensional juga lebih disukai masyarakat Indonesia, karena masyarakat Indonesia kebanyakan masih lebih menyukai teknologi konvensional dibanding teknologi modern. 

Nah, jadi itu dia 5 fakta menarik truk di Indonesia, mulai desain hingga teknologi. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star

aaawancuzcuz780
asamboigan
alfidanger
alfidanger dan 21 lainnya memberi reputasi
22
5.8K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.