• Beranda
  • ...
  • Bisnis
  • Besi mu berkarat ? Lakukan ini untuk memperbaikinya !

musangmalamAvatar border
TS
musangmalam
Besi mu berkarat ? Lakukan ini untuk memperbaikinya !

 


Sebuah usaha yang paling banyak dilakukan untuk menjaga atau merawat ketahanan besi adalah dengan mengetahui cara agar besi tidak berkarat. Salah satu unsur penting dalam bahan bangunan adalah besi. Kita menggunakannya karena sifatnya yang kuat dan tahan lama. Bahkan besi digunakan untuk memperkuat struktur beton pada bangunan atau rumah kita. Dari situ kita mengenal istilah besi beton. Sebenarnya penggunaan istilah ‘besi’ (iron) ini kurang tepat, karena sebetulnya yang kita gunakan adalah baja (steel). Istilah ‘Besi beton’ saat ini digunakan sebagai terjemahan dari concrete steel.

Walaupun kuat, unsur besi memiliki kelemahan juga. Yang paling sering kita temui adalah karat. Karat adalah hasil proses oksidasi pada besi. Besi yang terpapar oksigen akan berkarat. Jika besi mulai berkarat, maka lama kelamaan karat akan menyebar dan menurunkan kekuatan struktur besi. Besi akan mudah patah dan keropos. Karat juga bersifat racun yang membahayakan kesehatan sehingga industri makanan lebih memilih untuk menggunakan baja tahan karat (stainless steel)untuk peralatan yang ada pada area makanan.

Cara agar besi tidak berkarat : 

Struktur besi yang mengalami pengkaratan akan mempengaruhi ketahanan bangunan secara keseluruhan. Hal ini dapat membahayakan para pengguna atau penghuni bangunan tersebut, Untuk itu perlu dilakukan beberapa metode untuk mencegah terjadinya karat pada struktur besi seperti 4 cara dibawah ini :

Memodifikasi lingkungan

Mengurangi kadar oksigen dan menurunkan kelembaban udara dapat memperlambat proses oksidasi pada besi itu sendiri. Penggunaan Air Conditioneruntuk mendinginkan dan mengurangi kelembaban di dalam gudang sangat dianjurkan untuk memperpanjang usia besi itu sendiri.

Menggunakan alloy steel

Stainless steeladalah alloy steel (campuran besi dengan unsur lain) yang tahan karat karena mengandung 12% kromium dan sedikit karbon. Baja tahan karat ini umum digunakan dalam industri makanan dan kimia untuk tetap menjaga sterilitas dari besi berkarat.

Menggunakan proteksi katodik

Logam besi yang dihubungkan dengan logam seng/zinc(Zn) atau magnesium (Mg) akan sulit mengalami oksidasi. Cara ini umumnya digunakan pada struktur besi yang berada di dalam area yang memiliki kelembaban tinggi dan salinitas tinggi seperti air laut, atau pipa besi yang dipendam dalam tanah. Perlu pengecekan rutin dan berkala untuk merawat instalasi ataupun struktur besi yang menggunakan metode ini.


Melapisi besi dengan senyawa logam atausenyawa non-logam

Senyawa logam seperti emas, perak, nikel, timah, tembaga dan platina dapat membantu melindungi besi dari oksidasi. Senyawa non-logam yang dapat digunakan adalah cat, kaca, plastik ataupun pelumas seperti oli. Metode pelapisan dengan cat adalah metode yang paling sederhana dan yang paling mudah untuk dilakukan sebagai bagian dari pencegahan dan perawatan. Jika Anda tertarik untuk melakukan perawatan besi agar mencegah terjadinya karat dengan melapisinya terlebih dahulu.

Jika struktur besi sudah berkarat, sebaiknya diganti dengan yang baru. Kemudian lakukan metode yang sesuai untuk mencegah terjadinya karat pada struktur besi yang baru tersebut. Memang diperlukan pengecekan rutin dan perawatan berkala untuk mempertahankan struktur besi untuk mencegah terjadinya karat.

Mengetahui cara agar besi tidak berkarat sangatlah penting besi yang Anda gunakan pada bangunan tetap kokoh dan estetik. Sebagai tindakan preventif, ada baiknya anda mengetahui supplier besi Sidoarjo, Besi CNP Surabaya dan Besi Siku Surabaya yang terpercaya. [url=https://www.S E N S O R.com/][/url][url=https://S E N S O R.com/blog/besi-mu-berkarat-lakukan-ini-untuk-memperbaikinya-]Sentral Besi Pratama[/url]supplier besi yang berbasis di Sidoarjo, yang kualitas produk dan pelayanannya terjamin serta harganya yang bersaing. Silahkan kunjungi website kami di [url=https://www.S E N S O R.com/][color=#1155cc][size=3][font=Roboto, sans-serif][u][url]https://www.S E N S O R.com/[/url][/u][/font][/size][/color][/url] untuk informasi lebih lanjut.


0
746
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Bisnis
BisnisKASKUS Official
69.8KThread11.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.