Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dodydrogbaAvatar border
TS
dodydrogba
Mengenal Distopia, Sebuah Masa Depan yang Hancur

Kalian pasti sudah pernah menonton film I am Legend, Book of Eli atau Quiet Place, memainkan game The Last of Us atau State of Decay atau membaca komik seperti Walking Dead atau Sweet Tooth. Jika diperhatikan beberapa film, game atau komik seperti di atas mempunyai tema yang sama. Ya, sebuah konsep masa depan yang tidak sempurna atau hancur. Kehancuran bisa dilihat tidak hanya dari segi fisik seperti punahnya beberapa umat manusia, namun juga tatanan sosial hingga pemerintah, moral dan etika, sehingga hidup didasarkan pada konsep survival ataupun insting bertahan hidup. Sebagian mungkin masih bisa mempertahankan moral dan etika nya bahkan di situasi ketika dunia sudah dalam kehancuran. Sebagian lagi akan menggunakan sebuah ideologi tertentu yang bisa saja berakibat baik ataupun buruk bagi sekitarnya.


 
Konsep distopia sudah dikenal lama dalam dunia pop culture atau budaya populer seperti film, serial tv, novel, komik hingga game. Konsep ini mulai terkenal juga di film Terminator salah satunya, walau kisah distopia hanya diperlihatkan sekilas di mana di masa depan bumi dikuasai oleh mesin - mesin yang ingin memusnahkan manusia, setidaknya dari film Hollywood yang tersebar ke seluruh dunia konsep distopia jadi dikenal banyak orang. Konsep ini biasanya nimbrung di film dengan genre horor, scifi, hingga action. Jadi tidak terpaku pada horor, film dengan tema masa depan canggih juga bisa masuk ke dalam distopia terutama jika ada kaitan dengan tatanan pemerintahan yang bobrok yang menciptakan kesenjangan sosial yang parah, hukum dan keadilan yang tidak berjalan semestinya, konsep hidup survival dan ditambah dengan pemerintahan tirani yang parah. Film seperti Akira bahkan Battle Angel Alita bisa masuk ke dalam sini.


 
Konsep distopia sendiri merupakan istilah yang menggambarkan keadaan yang berlawanan dengan utopia (ideal/indah/bagus) dan biasanya menceritakan kehidupan manusia yang lebih buruk dari kehidupan yang kita jalani di dunia nyata. Bisa dikatakan juga bahwa distopia mengacu pada dunia yang awalnya tampak sempurna namun kemudian menjadi ketidaksempurnaan karena hal tertentu. Walaupun masuk dalam ranah fiksi, biasanya isu distopia digunakan para penulis untuk mengkritik isu politik, ekonomi hingga sosial yang mana ketika hal tersebut dikuasai orang para manusia yang jahat maka bisa berakibat buruk bagi dunia ini.
 
Untuk hal - hal yang biasanya menjadi penyebab distopia sendiri ada banyak terutama dalam budaya populer itu sendiri, berikut contoh - contohnya:

Spoiler for 1. Pandemi:


 

Spoiler for 2. Perperangan:


Spoiler for 3. Invasi Alien/Zombie/Robot dl:


Spoiler for 4. Pemerintahan/Penguasa/Corporate atau Kelompok yang zalim.:


Spoiler for 5. Penyebab lainnya:



 
Di masa pandemi seperti saat ini, film atau tv series yang hadir menyesuaikan dengan keadaan yang ada, misal seperti adegan mengecek suhu tubuh, penggunaan masker, mencuci tangan dan lain sebagai nya sebagai bentuk untuk mengkampanyekan pencegehan Covid19, misalnya seperti tv series Sweet Tooth atau Army of the Dead. Ya, beberapa tema distopia rata - rata menggunakan tema post apocalyptic atau cyberpunk, mungkin karena itu yang sangat populer. Misalnya seperti Walking Dead, The Last Man on Earth, Dredd, Akira, Battle Angel Alita, Blade Runner, I am Legend, Sweet Tooth, Snow Piercer, Into the Badlands, A Quiet Place, Zombieland, 12 Monkey, Wall E, The Road dan masih banyak lainnya. Mungkin sekian yang bisa saya tulis kali ini, mohon maaf jika masih ada kesalahan. Dan menurut kalian distopia itu seperti apa sih, dan film,.tv series, game, novel atau komik apa yang kalian sukai yang bertemakan distopia.


Diubah oleh dodydrogba 11-07-2021 05:12
jiresh
emineminna
anton2019827
anton2019827 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
6.3K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.