Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sinsin2806Avatar border
TS
sinsin2806
Butuh Jangka Untuk Membuat Lingkaran? Bikin Jangka Sendiri Aja Gan. Gratis!
Butuh Jangka Untuk Membuat Lingkaran? Bikin Jangka Sendiri Aja Gan. Gratis!
Event menulis Kaskus Kreator kali ini benar-benar mengusung tema yang sangat menarik, terutama untuk tipe orang seperti ane. Tipe orang yang selalu mencari jalan pintas, tipe orang yang enggan mempersulit diri, dan tipe orang yang menyukai semua hal yang berbau gratis emoticon-Big Grin. Dan ane yakin tidak hanya ane, pasti semua orang pernah melakukan trik-trik untuk mempermudah kehidupan serta mampu meningkatkan produktivitas tanpa harus mengeluarkan biaya lebih. Karena konsepnya semua orang menginginkan ke efektifan dalam segala hal, tanpa tambahan biaya. 

Dan ane juga termasuk tipe orang yang tidak pernah mengeluarkan uang untuk membeli barang yang nantinya akan jarang terpakai, karena rasanya sia-sia aja gitu. Beli barang mahal-mahal tapi jarang sekali dipakai, lebih baik uangnya untuk membeli sesuatu yang lebih bermanfaat dan jelas dipakai setiap harinya.

Sejak jaman sekolah SD sampai sebesar ini, hampir 25 tahun. Ane belum pernah membeli barang yang bernama "Jangka". Kalian tau jangka kan? Iya benar, alat yang biasa dipakai untuk menggambar lingkaran yang biasanya terbuat dari besi dan diujungnya ditempeli dengan arang pensil. Kita sering menggunakan alat ini untuk menggambar pada saat pelajaran matematika atau kesenian. Ane tidak membeli ini sewaktu sekolah dulu, karena harganya yang lumayan mahal, dulu harganya sekitar 15 ribu rupiah, tapi tergantung jenis jangka nya, kalau terbuat dari besi lebih mahal pastinya, harga 15 ribu ini untuk jangka yang terbuat dari plastik. 

Walaupun sewaktu ane sekolah dulu ane tidak mempunyai jangka, ane tetap bisa menggambar lingkaran dengan proporsional dong. Karena ane lebih suka membuat jangka sendiri, dengan mengaitkan 2 pensil. Hasil nya sama persis seperti jangka asli.

Butuh Jangka Untuk Membuat Lingkaran? Bikin Jangka Sendiri Aja Gan. Gratis!

Bisa dilihat dari contoh gambar diatas, hasil lingkaranya sangat proporsional kan? Tentu saja, kan ane memakai jangka menual yang bisa di bongkar pasang. Ga perlu beli lagi cukup dibuat dengan peralatan yang ada. Cara membuat jangka manual ini mudah sekali, kalian hanya membutuhkan peralatan seperti :

- 2 buah bulpoint (pensil juga bisa) 

- 2 buah tali karet

- 1 buah penghapus.

Butuh Jangka Untuk Membuat Lingkaran? Bikin Jangka Sendiri Aja Gan. Gratis!

Cara mengaitkan kedua bulpoin tersebut agar bisa berfungsi seperti jangka gampang sekali, kalian tinggal mengikatkan tali karet pada ujung atas bulpoin, setelah itu kalian bisa menyelipkan penghapus ditengah-tengah kedua bulpoint tersebut. Dan langkah terakhir adalah mengikat penghapus tadi dengan kedua pulpen menggunakan tali karet. Saran dari ane, ikatan atas dan ikatan tengah harus kuat, supaya bulpoin tidak bergeser saat kalian membentuk lingkaran nanti. Tampilan jangka manual nya seperti ini :

Butuh Jangka Untuk Membuat Lingkaran? Bikin Jangka Sendiri Aja Gan. Gratis!

Mudah sekali kan membuatnya? Kalian hanya membutuhkan waktu sekitar 1 menit untuk membuat jangka manual ini. Dan tidak peralatan yang dipakai pun flexibel bisa bulpoint bisa pensil seadanya kalian saja. Dari pada buang-buang uang untuk membeli Jangka, tentu lebih hemat membuat sendiri seperti ini kan. Ini adalah life hackandalan ane yang biasa ane gunakan sejak ane SD dulu. Kalau ane bisa mengakali nya, kenapa kalian engga. Untuk pembuatan jangka lebih jelasnya, kalian bisa perhatikan video ane berikut ini.

{thread_title}
Semoga trik ini bisa bermanfaat juga untuk kalian ya, selamat mencoba. Kalau ada cara yang lebih mudah dan hemat kenapa engga. Hidup sudah sulit jadi jangan dipersulit lagi ya. Semangat untuk kita semua.

sumber gambar : dokumentasi pribadi

sumber artikel : pengalaman pribadi

ceuhetty
delia.adel
bat4k0
bat4k0 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
3.5K
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Do It Yourself
Do It YourselfKASKUS Official
1.5KThread1.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.