• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Beberapa Norma Dan Sopan Santun Yang Sudah Mulai Memudar Di Era Sekarang

febi12283Avatar border
TS
febi12283
Beberapa Norma Dan Sopan Santun Yang Sudah Mulai Memudar Di Era Sekarang

                                                      Ilustrasi Sopan Santun Via Google



Hai Kaskuser…..

Adat serta etika sudah menjadi suatu kebiasaan yang tidak bisa terlepaskan dari budaya timur yang ada di Indonesia,sopan  santun dan basa-basi menjadi sebuah acuan bahwa norma-norma yang ada di Indonesia merupakan sebuah cara khusus kita beradaptasi dan berinteraksi antar sesama dengan yang lainya.

Salah satu bentuk budaya kesopanan yang masih ada hingga saat ini adalah mengucapkan salam ketika bertamu ke salah satu rumah teman,tetangga ataupun ke rumah kerabat terdekat.

Kesopanan dan sopan santun sangat berkaitan dengan lingkungan dan peran dari pendidikan orang tua kita,masih ingat jelas dalam ingatan saya betapa marahnya ibu saya ketika saya mengambil makanan yang bukan milik saya,ketika tanpa saya sadari jika saya telah melakukan sebuah kesalahan besar dan di anggap sebuah tindakan yang tidak sopan dan melanggar etika.

Di tengah berkembangnya tekhnologi saat ini dan semakin terbukanya kita kepada hal-hal yang baru baik itu budaya dari luar yang luar biasa di serap oleh anak-anak muda kita yang mereka dapatkan dari internet,tontonan video dan lainya membuat banyak Norma dan kesopanan yang dulu kerap di ajarkan oleh orang tua menjadi memudar dan perlahan sedikit menghilang.

Jika anda mengikuti perkembangan berita akhir-akhir ini,anda akan merasa miris dengan tingkah dan laku dari beberapa anak kecil yang kurang sopan ketika melakukan komunikasi kepada gurunya ataupun kepada orang yang lebih tua dengan menggunakan bahasa yang sedikit kasar.
 
Ada beberapa sopan-santun yang sepertinya sudah memulai memudar saat-saat ini dan telah menjadi sesuatu yang sedikit mengkhawatirkan.
 
1.Hormat kepada guru
 Menghormati guru adalah bentuk tindakan yang seharusnya di lakukan oleh semua murid karena sebagai balas jasa kita kepada guru kita yang telah berkorban datang ke sekolah untuk memberikan ilmunnya kepada semua muridnya,namun beberapa murid sekarang seperti kurang menghargai gurunya,dengan menunjukan sikap yang kurang sopan,mengajak berkelahi bahkan tidak jarang mengejek gurunya,terutama guru yang sudah cukup tua.
 
2.Menghormati yang lebih tua
Menghormati orang yang lebih tua sepertinya juga sudah semakin memudar,tidak jarang kita melihat anak-anak muda era sekarang seperti kurang berlaku sopan kepada yang lebih tua,mereka kerap menggunakan kalimat yang kasar,berbicara seperti kepada teman sebaya nya,dan tidak menunjukan etika yang seharusnya.
 
3.Mencium tangan kerabat yang lebih tua
Ini yang saya alami sendiri,dulu waktu saya kecil kalau ketemu kerabat yang lebih tua itu setidaknya harus cium tangan,karena posisi kita yang masih lebih kecil,beberapa sepupu dan keponakan saya sepertinya sudah tidak terlalu peduli lagi dengan hal tersebut dan melongos saja seperti tidak bersalah kalau lewat depan kita,padahal kita masih kerabat dekat bapak/ibunya,entah orang tua nya yang tidak mengajarkan atau bagi anak muda sekarang hal itu tidaklah penting lagi untuk di lakukan di era sekarang.

Sebenarnya masih ada beberapa tingkah laku anak-anak kecil dan anak-anak muda yang buat mengelus-elus dada,dan silahkan tambahin sendiri ya bre….
 
Referensi:
Pribadi


sukhoipakfa
sukhoipakfa memberi reputasi
1
1.1K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.