• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 5 Alasan Kenapa Film Perang Dunia I Jarang dibuat Hollywood, No 1 Jadi Alasan Utama

cintadineAvatar border
TS
cintadine
5 Alasan Kenapa Film Perang Dunia I Jarang dibuat Hollywood, No 1 Jadi Alasan Utama
Selamat datang kembali di thread ane gan.

Dalam sejarah perfilman Hollywood, film yang bertemakan perang dunia II sudah banyak diproduksi dan banyak yang sukses. Mulai dari Saving Private Ryan sampai Dunkirk semuanya mengambil cerita dari salah satu event atau peristiwa perang dunia II. Tapi apakah agan pernah bertanya kenapa film Hollywood yang bertema perang dunia I jumlahnya sedikit? Ya, sepanjang sejarah industri Hollywood, film yang mengambil tema perang dunia pertama memang mudah dihitung dengan jari, seperti Path of Glory (1957), Lawrance of Arabia (1962), dan terakhir ada film 1917 (2019).


Kenapa sih film tentang perang dunia I jauh lebih sedikit dibandingkan dengan film perang dunia II?

1. Perang Dunia Kedua Lebih Menarik


Alasan yang pertama adalah bahwa perang dunia II jauh lebih menarik untuk dibahas, mulai dari penyebab peperangan sampai peristiwa demi peristiwa yang terjadi sampai akhir peperangan. Para pembuat film seakan tak kehabisan bahan dalam memproduksi film perang dunia II karena banyak peristiwa menarik yang terjadi. Sebut saja peristiwa pertempuran Normandia yang diambil oleh Saving Private Ryan, pendudukan Iwo Jima dalam film Flag of Our Fathers, penyerangan Pearl Harbor dan masih banyak lagi. Bandingkan dengan peristiwa Perang Dunia I yang kurang menarik.

2. Bahan Riset yang kurang


Masih ada beberapa veteran perang dunia 2 yang masih hidup dan juga dokumentasi yang lengkap dan terjaga sehingga memudahkan para pembuat film dalam meriset perang dunia II. Bandingkan dengan Perang Dunia I yang sudah sangat lama dan para pelakunya sudah tidak ada. Selain itu bukti dokumentasi perang punia I juga kurang lengkap dan menyulitkan pembuat film agar semuanya akurat.

3. Amerika "Pahlawan" Perang Dunia II


Amerika Serikat selalu membanggakan diri karena mengklaim sebagai pahlawan perang dunia II dan menulis sejarah mereka melawan kejahatan perang Nazi Jerman. Perlu diketahui AS terlibat pada perang dunia II tapi awalnya netral. Perang dunia I AS juga awalnya tidak terlibat namun di masa-masa akhir AS turun tangan dan melawan pihak Jerman dan aliansinya kalah. Akan tetapi AS rupanya tidak terlalu membanggakan kemenangan perang dunia I.

Sebaliknya, Paman Sam sangat bangga atas kemenangannya di perang dunia II sehingga dengan senang hati membuat film-filmnya sebagai sesuatu yang harus diingat dan diketahui publik dunia.

4. Konflik yang kurang jelas

Konflik perang dunia II sangat jelas dan mudah dimengerti yaitu peperangan antara blok fasis melawan blok barat ditambah Uni Soviet. Penyebabnya adalah invasi yang dilakukan oleh Nazi, pembantaian Yahudi, dan kemudian invasi Jepang di wilayah Asia. Hal tersebut menjadi menarik untuk difilmkan karena peperangan ideologi yang begitu kuat. Sedangkan perang dunia I konflik utamanya sebenarnya terlalu klise dan lebih bersifat patriotis antar negara sehingga kurang menarik untuk difilmkan.

5. Dampak Perang Dunia II jauh lebih besar


Bukan berarti perang dunia I tidak ada dampaknya, karena dampaknya cukup besar yaitu bencana kemanusiaan, penurunan populasi manusia, hancurnya Kekaisaran Rusia, hingga munculnya Arab Saudi. Tapi dampak perang dunia II jauh lebih besar dan terasa hingga sekarang bahkan kemerdekaan sejumlah negara termasuk Indonesia merupakan salah satu dampak dari perang dunia II. Itulah salah satu alasan kenapa perang dunia II lebih sering difilmkan dibanding perang dunia.

Nah itu dia gan pembahasan singkatnya. Ane sendiri masih kepo tentang sejarah perang dunia I dan pengen nonton film-filmnya. Kalau perang dunia II sejarahnya ane udah banyak tahu. Kalau agan gimana, udah nonton film perang dunia I yang mana aja? emoticon-Big Grin

Quote:
SuaraLagita
Nikita41
anton2019827
anton2019827 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
12.2K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.