DPRDAvatar border
TS
DPRD
Viral Ganjar Pranowo Marahi Mahasiwa Positif Covid-19 yang Tolak Pakai Masker Setahun


Suara.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memarahi mahasiswa positif Covid-19 yang sedang menjalani isolasi. Hal ini dikarenakan mahasiswa itu menolak pakai masker meski kondisi sedang terinfeksi virus corona.

Momen ini dibagikan Ganjar sendiri di akun Instagram resminya pada Jumat (2/7/2021). Ia mendatangi tempat isolasi di Klinik Pengobatan Penyakit Paru di Kebumen.

Sampai di sana, Ganjar menemukan mahasiswa positif Covid-19 yang menjalani isolasi tanpa memakai masker. Dengan memakai masker dan menjaga jarak, Ganjar menegur mahasiswa itu.

"Maskernya dipakai. Sudah positif jongkok. Anda ketularan dari mana? Ditutup maskernya ditutup. Ditutup dulu. Kuliah di mana?," tanya Ganjar dalam video seperti dikutip oleh Suara.com, Sabtu (3/7/2021).

Ganjar kemudian bertanya-tanya bagaimana mahasiswa itu bisa sampai tertular Covid-19.

"Ketularan (virus corona) dari mana?," tanya Ganjar.

Tak disangka, jawaban mahasiswa Polines itu membuat syok. Ia mengaku ke Ganjar sering main terus. Bahkan, saat keluyuran, ia memutuskan untuk tidak memakai masker. Hal ini dilakukan setahun.

"Saya main terus pak. Setahun gak maskeran. Karena memutuskan untuk tidak maskeran pak. Sekarang masih sama aja (tidak maskeran), cuma menghormati saja," ungkap mahasiswa itu.

"Oh ya rasakan. Tidak pernah maskeran? O kendel (berani) yo," timpal Ganjar.

Ganjar pun menegur mahasiswa itu kemungkinan besar sudah menularkan virus corona ke banyak orang.

"Menghormati tapi sekarang positif? Kalau jenengan gak pakai masker kan nulari orang mas. Kemungkinan besar (nulari) mas," tegur Ganjar.

Namun, mahasiswa ini tetap bandel dan menjelaskan alasannya tidak menulari orang. Menurutnya, ia selama ini menghormati orang lain dan hanya tidak memakai masker saja.

"Saya menghormati pak. Sudah 1 tahun saya tidak salaman dengan orang tua. Terus selalu cuci tangan. Hampir 20 kali mungkin karena saya orangnya disipin," jelas mahasiswa itu.

Ganjar sendiri masih berusaha sabar menanggapi mahasiswa itu. Ia pun menyebut mahasiswa seharusnya paham jika memakai masker di masa pandemi sangat wajib.

"Oh agak disiplin tapi tidak pakai masker? Oh ya itu yang bikin ketularan mas. Mahasiswa paham dong harus pakai masker?," tanya Ganjar.

Mahasiswa itu sendiri mengaku paham tapi memutuskan untuk tidak memakai masker. Menurutnya, memutuskan tidak memakai masker seharusnya tidak masalah.

"Paham tapi kalau memutuskan tidak pakai masker, boleh dong pak," jawab mahasiswa itu.

Jawaban itu langsung membuat Ganjar memarahi mahasiswa itu. Ia menegus dan berusaha memberikan edukasi sesabar mungkin kepada mahasiswa positif Covid-19 jika tidak memakai masker salah.

"Ya tidak boleh! Tidak boleh mas. Kalau Anda positif sekarang tidak pakai masker, tidak bisa mas Anda melanggar. Masa mahasiswa harus diajari kaya gitu," tegur Ganjar.

"Penularannya covid itu dari mana mas mahasiswa? Tolong ya pakai rasional sedikit ya mas. Jadi kalau Anda tidak pakai masker dan Anda positif, itu yang ketularan banyak orang bukan kita sendiri," lanjutnya.

Lebih lanjut Ganjar pun meminta masyarakat untuk tidak meniru aksi mahasiswa itu. Ia meminta semua pihak menghargai orang lain di masa pandemi dengan selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"'Hak saya Pak kalau tidak pakai masker'. Ya tidak hak. Anda tidak menghormati orang lain. Anda tidak pakai masker urusan Anda, tapi kalau kemudian hari ini Anda sakit dan positif harus pakai masker. Yang seperti ini, mesti diedukasi. Masa kalau mahasiswa kayak itu tidak ngerti. Ya tidak boleh," tegas Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menegaskan pihaknya akan menindak tegas warga yang tidak patuh prokes semasa PPKM Darurat. Terakhir, ia mengajak masyarakat untuk tidak bersikap egois.

"Nanti di PPKM darurat, yang begini-begini akan kita tertibkan. Masyarakat tetap saja sekarang harus jaga protokol kesehatan. Pakai masker wajib sekarang. Maka masyarakat, yuk kita jangan egois," pungkasnya.

Video Ganjar memarahi mahasiswa positif Covid-19 itu telah disaksikan lebih dari 480 ribu kali. Warganet juga langsung memberikan beragam komentar mengenai aksi nekat mahasiswa tersebut tak memakai masker yang dinilai egois.

"Mahasiswa-mahasiswaan iku Pak. Mahasiswa kok koyok ra berpendidikan blas," komen warganet.

"Mas e mbalik SD wae mas. Ra wangun dadi mahasiswa," tambah yang lain.

"Sangat meremehkan anggap Covid hal sepele," sahut warganet.

"Waduuh. Udah positif kok ngeyel banget. Mahasiswa lho itu. Harusnya lebih tahu aturan. Kok malah memutuskan gak pakai masker. Pemikiran dari mana itu," kritik warganet.

"Diasingkan mawon pak," saran warganet.

"Yang kaya begini yang makin memperburuk keadaan. Di sisi lain ada nakes yang bekerja keras untuk membantu kesembuhan pasien. Miris," ungkap warganet.

"Mahasiswa songong. Sok berlogika, berani menentang. Padahal songong," komen lainnya.


sumber

yang model2 gini mesti nya di karantina di satu pulau aja, model gini yang bikin pandemi gak selesai2. masih banyak model egois seperti ini diluaran.

pake masker itu kewajiban untuk melindungi orang lain, agar doplet banyak tersebar kemana2. walaupun pake masker tetap aja pasti ada doplet yang keluar saat kita berbicara, namun persentase nya berkurang banyak dan kemungkinan nularin orang lain pun semakin kecil.

simple nya satu ruangan di isi gas sarin full 100% jaminan mati semua yang ada didalam nya. tapi kalo hanya tercemar 1% kemungkinan gak akan berakibat fatal walaupun mungkin tetap ada korban.

ngaku nya mahasiwa tapi logika ama akal kok gak ada. 
Diubah oleh kaskus.infoforum 06-07-2021 14:15
viniest
kokot96
anton2019827
anton2019827 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
8.3K
146
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.