masnukho
TS
masnukho 
Memaksimalkan Potensi Pariwisata Kalimantan Timur Tanpa Melupakan Pelestarian Alam
Terkenal dengan kekayaan alam dan keindahannya, pariwisata Kalimantan Timur harus dimaksimalkan dengan pengawasan dan pelestarian


Kalimantan Timur, adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan tepatnya berada di ujung paling timur berbatasan dengan Malaysia, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi.
Provinsi ini memiliki luas 127.346,92 km2 dengan jumlah populasi 3.793.152 jiwa sensus 2020.

Dengan total luas daerah dan perbandingan penghuni atau populasinya, Kalimantan Timur dinobatkan menjadi wilayah dengan kepadatan penduduk terendah nomer 4 di Indonesia.
Provinsi Kalimantan Timur sendiri beribukota di daerah Samarinda.

Pada tahun lalu tepatnya di sekitaran bulan Agustus, pemerintah berencana akan memindahkan ibukota Indonesia ke daerah provinsi Kalimantan Timur tepatnya di wilayah administratif Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, namun karena adanya pandemi ini rencana pemindahan ibukota dikesampingkan sementara dan berfokus pada penanganan covid-19.


Quote:


Memiliki wilayah luas dengan jumlah populasi yang masih sedikit tentu Kalimantan Timur sangat tepat dijadikan sebagai ibukota Provinsi Indonesia yang baru GanSis. Namun dalam pembangunan ibukota ini harus benar-benar direncanakan dengan matang tanpa harus merusak lingkungan GanSis, mungkin dapat dipikirkan untuk membuat pusat pemerintahan dengan tetap mempertahankan alam dan mendesain bangunan-bangunan yang memang lebih ramah lingkungan atau Green BuildingGanSis.

Pembangunan ibukota Indonesia di Kalimantan Timur pastinya akan membawa dampak positif jika tepat dalam merencanakan dan mengatur tata kota ibukota GanSis. Kalimantan Timur akan menjadi pusat pemerintahan yang akan dikunjungi oleh orang dari seluruh penjuru Indonesia dan mancanegara, untuk mengurus segala macam kepentingan dan mengeksplor alam Kalimantan Timur yang masih sangat asri dan terjaga.


Quote:


Luasnya wilayah Kalimantan Timur yang belum terjamah tangan-tangan tidak bertanggung jawab tentu saja memiliki kekayaan dan keindahan alam yang benar-benar patut disyukuri GanSis.
Ada puluhan tempat-tempat wisata alam yang masih sangat asri dan rekomended untuk dikunjungi saat Agan dan Sista datang ke daerah Kalimantan Timur.

Adapun beberapa tempat wisata yang wajib Agan dan Sista kunjungi ketika datang ke Kalimantan Timur di antara adalah:


Quote:


3 tempat wisata tersebut merupakan sebagian dari sekian banyak tempat-tempat wisata alam yang ada di daerah Kalimantan Timur GanSis, masih banyak tempat-tempat wisata lainnya yang tidak kalah menarik untuk dibahas dan dieksplore saat Agan dan Sista pergi ke provinsi Kalimantan Timur.

Nah yang menjadi masalah disini GanSis masyarakat kita adalah masyarakat yang belum sepenuhnya sadar dan patuh terhadap peraturan. Coba bayangkan jika suatu saat nanti Kalimantan Timur telah menjadi ibukota provinsi Indonesia, pasti akan banyak orang yang datang ke Kalimantan Timur entah untuk kepentingan tertentu atau hanya sekedar liburan bukan.

Disinilah tugas pemerintah GanSis yaitu untuk menertibkan, mengawasi, dan melestarikan lingkungan dengan melibatkan langsung pengunjung atau wisatawan yang datang ke tempat-tempat wisata alam.

Jika pemerintah nantinya mengawasi ketat entah dengan menugaskan penjaga-penjaga tempat wisata untuk mengawasi hiruk pikuk wisatawan atau menggunakan peraturan dengan sanksi dan denda yang diterapkan dengan tegas, pasti masyarakat dan wisatawan mau tidak mau akan membiasakan sikap disiplin dan ikut menjaga kelestarian alam dan lingkungan tempat wisata.


Quote:


Semoga saja sedikit ide dari ane ini bisa menjadi salah satu langkah memajukan provinsi Kalimantan Timur namun dengan tetap memperhatikan kelestariannya GanSis.
Jangan sampai tempat-tempat seindah surga ini rusak hanya karena ulah wisatawan yang kurang perduli terhadap kelestarian alam.

Percayalah, saat kita menjaga alam dengan baik maka alam akan memberikan kebaikan yang lebih besar dibandingkan kebaikan kita.

Terima kasih untuk Agan dan Sista yang telah singgah, dan sampai jumpa di thread ane yang lain.


Quote:

Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
TissueM4gicanton2019827adipd
adipd dan 4 lainnya memberi reputasi
5
3.4K
4
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kalimantan Timur
Kalimantan Timur
icon
983Thread471Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.