trifatoyahAvatar border
TS
trifatoyah
Beberapa Tips Ini Dapat Dilakukan Orang Tua Untuk Menggali Minat Dan Bakat Anak




Assalamualaikum wr.wb

Apa kabar Agan Sista semuanya, apa kabar keluarga Indonesia. Pada forum Kids & parentingkali ini saya ingin berbagi pengalaman dalam mendidik ketiga buah hati saya yang kebetulan semuanya adalah laki-laki.

Bagaimana dengan kesehariannya, kebiasaannya, Hobby nya. Pada dasarnya setiap anak itu cerdas, tidak ada anak yang nakal apalagi bodoh di dunia ini. Karena setiap anak memiliki kecerdasan masing-masing. Anak memiliki hobby atau kegemaran masing-masing, kita tidak harus memaksakan si A harus bisa begini, si B harus bisa seperti si A kakaknya apalagi si C tidak harus seperti A dan B. Karena apa? Anak-anak memiliki kemampuan di bidangnya masing-masing. Kepandaian seorang kakak tidak bisa jadi tolak ukur adik-adiknya, tapi Kakak adalah contoh terbaik untuk adik-adiknya.

Ibarat kata ikan pandai berenang, tapi tidak bisa memanjat pohon. Tupai pandai memanjat pohon, tapi tidak bisa berenang. Burung bisa terbang, tapi tidak bisa berenang.
Begitupun dengan ke tiga Anak saya yang memiliki kemampuan berbeda. Sebagai orang tua tentu saya harus bijak dalam menyikapinya.

Quote:


Spoiler for Cemilan buatan Fikar:


Menghadapi Anak-anak dengan kecerdasan yang berbeda, Anak pertama lebih suka dengan IT, Bahasa dan Game, Anak ke dua lebih suka melukis, edit video Anime, bermain catur dan anak ke tiga lebih suka memasak. Ketika anak-anak yang lain bermain game Fikar dengan senang hati menonton Master Chef Indonesia. Ketika anak-anak yang lain minta beli mobil-mobilan dia bahkan minta dibelikan teflon.

Apa sajakah yang harus orang tua lakukan untuk menggali minat dan bakat Anak-anaknya?
Berikut beberapa tipsnya:

1. Meyakinkan bahwa semua anak itu pintar dan istimewa.

Meyakinkan anak kalau dia pintar itu tidak mudah apalagi saat anak tahu kalau nilai raportnya di bawah kakaknya. Tapi tugas sebagai orang tua bukan malah membuat mentalnya down, tapi bagaimana mengembalikan rasa percaya dirinya. Meyakinka bahwa setiap anak itu pintar juga istimewa.

2. Pintar tidak dilihat dari nilai dan rangking.

Selalu meyakinkan bahwa anak pintar itu tidak dilihat dari nilai dan rangking, saat anak berani tampil atau maju, berani membuat terobosan-terobosan dalam hal-hal yang disukainya berarti dia piantar.

3. Mengamati apa yang dia sukai dan apa yang dia inginkan.

Mengamati keseharian anak, apa yang sering dilakukan, untuk menambah wawasan dan kecerdasannya.

4.Memberikan sarana dan prasarana untuk perkembangan kecerdasan anak menurut saya itu juga sangat penting.

Untuk anak yang senang memasak atau membuat cemilan maka selalu saya sediakan tepung, telur, meses, margarin dan susu. Yang suka melukis ya saya sediakan crayon, buku gambar, spidol.

5. Menyediakan alat-alat untuk memasak membuat cemilan seperti teflon, panci, blender, dan lain-lain.

Sediakan alat-alat apa yang dibutuhkan untuk menunjang hobbynya.

6. Tidak pelit memberikan pujian pada anak ketika anak melakukan kebaikan.

Memberikan pujian ketika Anak bisa membuatkan segelas lemon hangat untuk ibunya. Atau anak bisa melukis kartun kesukaannya. Memberikan pujian ketika dia bisa membuat cemilan untuk dirinya sendiri, juga untuk ke dua kakaknya. Karena dia bisa membuat Martabak, Brownies telur ceplok, Mie rebus.

7. Menghargai dan mengapresiasi apa yang anak telah lakukan.



Hilmisan anak ke dua



Sekian Thread saya tentang dunia anak-anak yang begitu unik dan menarik tentunya di Kids & Parentingsemoga bisa bermanfaat, karena sesungguhnya nggak ada anak bodoh di dunia ini. Setiap anak punya kemampuan dan kelebihan masing-masing yang tidak sama antara anak satu dan anak lainnya.
Sampai jumpa di Thread selanjutnya. Tetap bahagia bersama keluarga tercinta.

Opini pribadi
Sumber gambar dok.pri
Diubah oleh trifatoyah 05-07-2021 21:44
qoni77
Life In Mono
anton2019827
anton2019827 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
2.7K
144
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & ParentingKASKUS Official
4.1KThread4.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.