Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

adindaptrarnAvatar border
TS
adindaptrarn
Langkah Awal Yang Harus GanSis Lakukan Kalau Anak Menunjukkan Gejala COVID 19
Pengadaan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) menandakan kasus yang terus meningkat dan mengkhawatirkan. Di awal pandemi, kita tau bahwa virus ini lebih banyak menyerang orang dewasa dan lanjut usia. Sayangnya kenyataan itu harus ditambah pait dengan munculnya kemungkinan anak kecil yang terpapar. Anak-anak memang punya imun yang bisa dibilang lebih kuat dari dalam, maka dari itu di awal gak banyak yang teridentifikasi positif.

Baru diketahui baru-baru ini, di thread ini bilang kalau ternyata Indonesia menyandang negara tertinggi kasus COVID 19 kepada anak-anak. Makin serem aja kan, GanSis? Apalagi yang orang tua udah kerasa banget merindingnya setiap hari dan rasanya cuma mau sama anak terus biar bisa jagain 24/7. Virus yang super kecil dan bisa berkeliaran di udara punya resiko yang tinggi apalagi mereka gak keliatan.

Langkah Awal Yang Harus GanSis Lakukan Kalau Anak Menunjukkan Gejala COVID 19

Photo By Liputan6.com


Orang tua pun mengerahkan segala cara buat melindungi buah hati, seperti pakai masker, makanan makanan bergizi, dan konsumsi vitamin. Tapi, terkadang hidup memang tak selalu mulu. Usaha yang dikerahkan semaksimal mungkin, harus pupus dengan anak yang jatuh sakit. Tidak semua penyakit memang adalah COVID 19, tapi gejalanya yang mirip dengan beberapa penyakit lainnya, kerap kali bikin panik gak cuma orang tua tapi juga yang lain dengan kondisi tiba-tiba ‘gak enak badan’.

Kalau udah panik rasanya pengen langsung peluk anak dan berdoa biar kita aja yang sakit karena gak tega ngeliat buah hati kesakitan dan cuma berbaring di tempat tidur. Gejala COVID 19 yang umum terjadi biasanya; panas, batuk, pusing, badan nyeri, dan pusing. Ini emang gejala umum yang bisa menjurus ke penyakit lain, jadi kalau udah malem atau belum mau dibawa ke rumah sakit, GanSis bisa coba cara ini yang siapa tau bikin anak membaik.

Minum Teh Hangat dan Makan
Makan emang terbukti menambah energi tiap makhluk hidup. Jika salah satu gejala di atas muncul atau berbarengan, coba GanSis suapin pelan-pelan dan berikan teh hangat. Hal ini berguna agar tubuh mereka memiliki nutrisi dan tidak terlalu lemas untuk melawan penyakit. Memang terkadang anak yang sakit tidak akan suka untuk makan. Salah satu cara menyiasatinya bisa dengan porsi kecil tapi intensitas pemberiannya yang harus ditingkatkan.

Banyak jenis makanan yang Agan & Sista bisa kasih ke anak asal mereka memang menyukai makanan tersebut. Bisa buah-buahan, sayuran, protein, bahkan snack kesukaan. Yang penting dirinya mau mengkonsumsi makanan.

Kalau Panas dan Pusing, Berikan Paracetamol
Penanganan pertama untuk meredakan panas, pusing, dan badan nyeri adalah paracetamol. Banyak banget obat jenis ini di apotik bahkan minimarket terdekat dengan berbagai macam merk, seperti tempra dan sanmol. GanSis bisa bebas pilih. Kalau buah hati punya sat paracetamol yang cocok, boleh diberikan sesuai dengan yang biasa diminum.


Langkah Awal Yang Harus GanSis Lakukan Kalau Anak Menunjukkan Gejala COVID 19

Photo By Popmama.com


Memberikan Ruang Untuk Beristirahat
Hendaknya ketika anak mulai mengeluh tak enak badan, ada baiknya jangan mengganggu agar mereka bisa tidur dan beristirahat dengan puas. Anggap aja itu adalah kita yang lagi pusing dan badan kerasa gak enak banget, pasti rasanya pengen tiduran aja, kan?


Langkah Awal Yang Harus GanSis Lakukan Kalau Anak Menunjukkan Gejala COVID 19

Photo By Merdeka.com


JIka Mereka Sudah Merasa Lebih Baik, Coba Hibur
Penyakit biasanya tidak langsung pergi begitu saja. Ada baiknya sebagai orang tua kita menghibur supaya imun anak kembali baik. GanSis bisa bercanda bersama, menonton film, atau sekedar membacakan cerita yang menyenangkan.


Langkah Awal Yang Harus GanSis Lakukan Kalau Anak Menunjukkan Gejala COVID 19

Photo By Simomot.com


Kondisi Tidak Membaik? Langsung Bawa ke Rumah Sakit
Pilihan terakhir dari semuanya adalah membawa buah hati ke rumah sakit. Penyakit apapun nantinya, lebih baik diketahui daripada nanti-nanti. Dengan tau penyakitnya, GanSis juga akan lebih jelas dalam mengambil tindakan.

Semoga tips di atas bisa membantu Agan & Sista ya apalagi di tengah kondisi yang makin gak pasti ini. Stay Safe!


edv039
cheria021
anton2019827
anton2019827 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.6K
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & ParentingKASKUS Official
4.1KThread5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.