• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Yang Diberitakan Calon Motor 250cc, Kenapa Yang Keluar Yamaha Byson Versi Retro?

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Yang Diberitakan Calon Motor 250cc, Kenapa Yang Keluar Yamaha Byson Versi Retro?



Kalau agan-agan ini ingat, ane sempat bahas sebuah penampakan spyshot motor retro yang tertangkap di India. Menurut informasi, motor tersebut adalah calon dari Yamaha XSR250. Tetapi pada saat foto tersebut mulai tersebar, banyak tanda tanya yang dipertanyakan oleh banyak warganet.

Dilihat dari penampakan fotonya, memang cukup terlihat jelas kalau sosok yang tertangkap adalah motor bertampang retro. Bahkan sekilas siluet motor tersebut mirip dengan lineup XSR series…alhasil langsung disimpulkan kalau motor tersebut adalah calon XSR versi 250cc.



Nah sekarang terjawab sudah, fakta yang dikatakan tidak seperti yang diduga sebelumnya. Ternyata hasil tangkapan spyshot tersebut adalah sosok Yamaha Ray-ZR yang kalau kalian intip mesinnya pasti sudah tidak asing lagi merupakan turunan motor apa.

Motor ini memang tidak dirilis di Indonesia melainkan di India, dan disana Yamaha Phazer atau FZ series itu sangat diminati. Lalu FZ 150 sendiri kalau di Indonesia itu adalah wujud versifikasi lain dari Byson, gak heran kalau kita gak asing sama bentuk desain mesinnya.



Nah sesuai tangkapan spyshot, motor ini benar mengusung konsep retro. Bentuknya pun sekilas mirip dengan XSR Series, terutama di bagian tangki. Yang jadi poin minus menurut ane adalah, formasi jok dan buritan belakang motor.

Entah kenapa, kalau lihat dari samping ke belakang dari motor ini, agar terkesan aneh dan kurang serasi. Ditambah Yamaha enggan menggunakan swingarm model banana, dan shock depan model konvensional yakni teleskopik…jadi kesannya agak terlihat jomplang.

Overall bodinya jauh lebih gambot motor 150 pada umumnya, coba deh lihat ukuran tangkinya, lebar dan gede banget.



Untuk bagian teknologi, sisi perangan depan dan belakang sudah pakai LED, kemudian speedometernya mengusung tipe digital berlatar belakang biru. Kemudian sektor rem sudah pakai ABS, dan speedometer tersebut ternyata sudah y connect.

Sayang banget mesin teknologi lawas Byson masih dipertahankan di generasi berikut, rincian spec mesin dihitung memiliki jumlah total kubikasi 149cc single silinder, berpendingin cairan, SOHC. Mesin tersebut dapat memproduksi tenaga sebesar 12.4 PS pada 7250rpm dan torsi maksimal mencapai 13,3Nm di 5500rpm.
Lemot baget bukan?



Referensi : https://warungasep.net/2021/06/18/yamaha-fzx-150-2021-motor-retro-yamaha-versi-kearifan-lokal-india/
rickyrickardo
ultramenk
anton2019827
anton2019827 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
7.8K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.