• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Jokowi Tanggapi Sebutan 'The King Of Lip Service', Ini Pentingnya Budaya Sopan Santun

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Jokowi Tanggapi Sebutan 'The King Of Lip Service', Ini Pentingnya Budaya Sopan Santun
Mulai hilang rasa dan sikap budaya sopan santun, kritikan menjadi hujatan dan hinaan


Indonesia adalah negara yang menjunjung budaya tata krama dan sikap sopan santun, hal itu sudah jelas diturunkan oleh para leluhur untuk seluruh masyarakat secara turun temurun.

Budaya tata krama dan sopan santun sendiri menjadi sikap baik yang perlu dijaga dan dilestarikan karena dengan budaya dan kebiasaan tersebut masyarakat Indonesia terlihat berbeda, ramah, dan lebih menunjukkan sikap sosial serta empati terhadap sesama.

Namun semakin hari dengan semakin berkembangnya zaman, budaya tata krama dan sopan santun kian hilang dan berkurang. Saat ini banyak anak kurang sopan terhadap orang tua, banyak orang tua yang menyepelekan anak muda, dan beberapa contoh hilangnya sikap dan tata krama lainnya.

Bahkan hilangnya budaya tata krama ini dapat kita lihat dari cara orang mengkritik dan mengkritisi orang lain, jika dahulu seseorang akan memikirkan perasaan orang lain sebelum mengomentari kehidupan orang lain saat ini hal tersebut sudah tidak berlaku.
Banyak orang tidak dapat membedakan antara mengkritik dan menghujat, sebab itulah sering muncul permasalahan dampak dari kesalahpahaman dalam menyampaikan kritikan.

sumber gambar

Kritik tanpa memperhatikan adanya tata krama dan sopan santun akan berubah menjadi hinaan dan hujatan, hal tersebut adalah benar.
Sering kali orang menyalah artikan kritikan, merasa bahwa kritik itu bebas sebebas-bebasnya sampai lari dari rambu-rambu yang seharusnya tetap dijaga.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kecaman atau tanggapan yang disertai uraian dan juga pertimbangan baik buruk atas suatu hasil karya, pendapat, dan lain sebagainya.

Jika merujuk pada pengertian tersebut tentu kritikan harus diserta dengan alasan dan masukan demi kebaikan dan kemajuan sesuatu yang dikritisi ya GanSis.




Membahas tentang kritikan tentu dapat ditujukan kepada siapapun, kapanpun, dan oleh siapapun GanSis.
Begitu juga boleh diberikan oleh rakyat kepada pemimpin Negaranya, melihat memang Negara Indonesia adalah negara demokrasi yang membebaskan masyarakat untuk berpendapat dan juga mengkritisi kinerja pemerintah.

Beberapa waktu lalu sempat viral perihal kritikan berupa istilah atau sebutan dari mahasiswa yang ditujukan kepada Bapak Jokowi yaitu "The King Of Lip Service".
Kritikan ini dinilai kurang sopan oleh banyak orang dan dianggap melecehkan simbol Negara.

Namun tanggapan lain disampaikan oleh Bapak Jokowi terhadap bentuk kritikan tersebut.
Beliau merasa tidak menyoal terhadap kritikan yang diberikan oleh masyarakat karena memang Indonesia adalah negara demokrasi.
Sebutan tersebut dianggapnya sebagai bentuk ekspresi mahasiswa yang tidak boleh dihalangi oleh pihak kampus.

Tapi di dalam klarifikasi tanggapan yang ditayangkan di kanal YouTube sekretariat Presiden pada tanggal 29 Juni 2021 kemarin beliau juga mengingatkan bahwa Negara Indonesia adalah negara yang menjunjung budaya tata krama dan kesopan santunan.

Di bawah ini video tanggapan Presiden Jokowi tersebut!


Spoiler for Tanggapan Bapak Jokowi:


Melihat penjelasan dan tanggapan dari Bapak Jokowi tersebut tentu memang semuanya benar ya GanSis.
Indonesia adalah Negara demokrasi yang membebaskan masyarakatnya untuk berpendapat, mengkritik atau memberikan masukan kepada pemerintahnya, namun pastinya kita juga tidak dapat melupakan budaya yang telah terpelihara sejak lama sebab orang terdahulu juga menggunakan budaya ini untuk menjalankan Negara serta menjaganya.

Terlepas dari permasalahan kritik yang diberikan oleh para mahasiswa kepada Presiden Jokowi, pentingnya budaya tata krama dan sikap sopan santun dalam segala hal yaitu untuk menghormati orang lain, menjaga perasaan dan menciptakan kedamaian.
Saat seseorang dapat menyampaikan kritikannya dengan baik dan sopan maka kemungkinan salah paham dan melukai perasaan orang lain itu lebih kecil dan itu lebih baik dari menyampaikan kritikan tanpa tata krama serta sopan santun yang jatuhnya akan menjadi sebuah hujatan, cacian, atau bahkan makian.




Oke itulah tadi GanSis sekilas thread yang membahas tentang kritikan, tanggapan Pak Jokowi, dan pentingnya budaya tata krama dan sopan santun.
Mudah-mudahan bermanfaat dan dapat kita ambil manfaatnya.

Terima kasih telah singgah, dan sampai jumpa di thread ane yang lain.



Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar & referensi
1, 2, 3
Diubah oleh masnukho 29-06-2021 23:45
0
2.7K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.