Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wa2n43Avatar border
TS
wa2n43
okowi Yakin Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II 7 Persen, Airlangga: Kuncinya...
Jokowi Yakin Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II 7 Persen, Airlangga: Kuncinya...

Reporter: Bisnis.com
Editor: Kodrat Setiawan
Rabu, 30 Juni 2021 22:49 WIB
Jokowi Yakin Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II 7 Persen, Airlangga: Kuncinya...
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerima audiensi dari para insan perfilman di Loka Kretagama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada Jumat, 19 Maret 2021. Sejumlah insan perfilman yang hadir antara lain Triawan Munaf, Mira Lesmana, Dian Sastro, Wicky Olindo, Joko Anwar, Dewinta Hutagaol, Sunil Samtani, Chand Parwez dan Angga Dwimas Sasongko. FOTO/Kemenko Perekonomian

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menanggapi keyakinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait pertumbuhan ekonomi triwulan II 2021. Menurut Airlangga, pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah berada di jalur yang tepat.

“Bapak Presiden confident pada triwulan II 2021 pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 7 persen karena itu merupakan sesuatu yang terlihat. Kuncinya tetap Pemerintah sudah mengalokasikan anggaran untuk pemulihan ekonomi nasional,” kata Airlangga pada acara yang dikutip melalui keterangan pers, Rabu, 30 Juni 2021.

Vaksinasi, tambah Airlangga, menjadi game changer di tengah Covid-19. Seperti arahan Presiden Jokowi, Vaksinasi dipercepat dari 1 juta dosis per hari menjadi 2 juta sampai 2,5 juta dosis per hari.

“Hal ini dilakukan untuk mencapai target herd immunity. Jika pada semester pertama target belum tercapai karena masalah delivery vaksin. Sekarang kita sudah mendapat tambahan delivery vaksin,” ucapnya.

Menurut Airlangga, mengajak pelaku usaha dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memproduksi sendiri obat dan alat kesehatan sehingga dapat menciptakan kemandirian.

“Ini dapat menjadi sebuah fase untuk kemajuan riset dan inovasi khususnya pada sektor farmasi dalam negeri. Dalam Munas ini, pemerintah meminta Kadin Indonesia bersama dunia usaha dan lembaga penelitian nasional untuk bersama-sama berperan dalam strategi penyediaan vaksin Covid-19 secara mandiri yaitu Vaksin Merah Putih,” katanya.

Airlangga menjelaskan bahwa selain untuk mengendalikan penyebaran Covid-19, upaya tersebut diharapkan dapat menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional. Memasuki 2021, pertumbuhan ekonomi pada triwulan I 2021 terkontraksi 0,74 persen.

Momentum pemulihan ekonomi terus berlanjut hingga pertengahan triwulan II 2021. Dukungan dari konsumsi pemerintah telah mendorong perbaikan pada konsumsi rumah tangga dan investasi.

Membaiknya permintaan domestik juga telah direspons dengan peningkatan aktivitas produksi di sektor usaha dan terus menunjukkan pemulihan.

Indeks Keyakinan Konsumen terus meningkat ke level optimis di 104,4 pada bulan Mei. Sejalan dengan itu, Indeks PMI Manufaktur juga meningkat ke level tertinggi yakni 55,3.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II sebesar 7 persen. Angka itu lebih tingi dari kuartal I yang sebesar minus 0,74 persen. "Kita semua masih optimis di kuartal kedua, sebelumnya kuartal I minus 0,74 persen, di kuartal II kita optimis insya allah tumbuh di kurang lebih 7 persen," kata Jokowi dalam pembukaan Munas VIII Kadin yang disiarkan secara virtual, Rabu, 30 Juni 2021.

BISNIS

https://bisnis.tempo.co/amp/1478317/...angga-kuncinya

ekonomi tumbuh 7%

sing percoyo sopo
Diubah oleh wa2n43 01-07-2021 05:47
NaisInpho
kakekane.cell
kakekane.cell dan NaisInpho memberi reputasi
2
777
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.