rjonzzAvatar border
TS
rjonzz
Sharing Pengalaman ane kena Covid 19
Haloo para agan & sista maupun SR, kali ini ane pengen sharing2 pengalaman kena covid karena selama ini cerita2 maupun thread yg beredar tentang "pengalaman yg kena covid" menurut ane kurang lengkap & detail gitu. yea, thread ini ditulis kisaran hampir 2 minggu setelah ane keluar dari rumah isolasi pemerintah tangerang selatan yang berlokasi di Ciater, Serpong.
Btw, maaf tulisan ane masih acak2an karena ane bener2 newbie dan ini pertama kalinya bikin thread.

jadi, alasan ane bikin thread ini juga karena ane yang gatel pengen cerita2 & berbagi pengalaman aja sama yang belum pernah kena. ane bukan pengen nakut2in apa gimana yaa, pure pengen sharing emoticon-Smilie
oke langsung aja lah ya

Jadi awalnya ane ini bisa dibilang orang yang abai sama prokes, tapi ane bukan aliran J*X ya, yg gak percaya covid. ane percaya 50:50 lah, ane waktu itu juga demen tiap hari nongkrong mulu, pas berangkat pake masker, pas sampe mah sering dilepas, jarang banget gitu abis darimana2 sampe rumah cuci tangan, ganti baju, mandi, dll. pada saat itu yang membuat gw gak terlalu meduliin prokes/covid ya krn banyak juga yang berspekulasi bahwa covid kayak ladang bisnis pemerintah gitu. Skip aja, suatu hari kejadian yang nggak terduga pada tanggal 4 Juni 2021 gw tes antigen dan hasilnya positif.

dari H-1 (tgl 3) gw udah ngerasa ada yang gak beres karena nafas gw mulai agak kesengal sengal, makan nggak ada rasa, nyium nggak ada bau. sampe gw bikin mie goreng yang baunya paling nyanter, gw deketin idung bener2 gak ada baunya. padahal gw nggak lagi flu. makan apapun semuanya hambar, rasanya kek separuh kenikmatan dunia tuh ilang emoticon-Frown , kan banyak orang yang bilang covid bikin gak nafsu makan, kalo menurut gw, yang bikin gw kesel, dan gak nafsu makan ya gara2 itu makanan semuanya hambar. nah setelah baru 1 hari ngerasa ada yang gak beres sama gw, untungnya gw inisiatif langsung lockdown dikamar, dan bilang sama orang tua gw jangan masuk ke kamar gw dulu, gw bilang ke nyokap kalo gw kayanya kena covid. dan nyokap panik juga, dari malem itu nyokap sama bokap kalo mau nanya2 ke kamar gw pake masker, dan besokannya mereka nyuruh gw tes Swab. selama gw lockdown di kamar itu, Alat makan dipisahin, kamar mandi dipisahin, cucian juga.
(Tgl 4)
nah besoknya pas gw tes, bener aja hasilnya positif. dan saat dokter yang ngetes gw itu tau gw positif, dia langsung nyamperin gw & bokap gw untuk meng-Edukasi gw berdua, gimana penanganannya buat isolasi mandiri, yaitu Alat makan gak boleh nyampur, Alat mandi maupun kamar mandi gak boleh bareng, cucian juga harus dipisah sebelum di cuci masukin ember khusus yang udah dituangin deterjen supaya virusnya mati kena sabun, sirkulasi udara diruangan harus lancar, jangan tertutup kek nyalain kipas aja di kamar, jendela di buka, dan pagi2 harus rutin berjemur.

And then setelah gw pulang dari tes. selama lanjut isolasi dikamar, ortu gw sibuk dengan layanan puskesmas, dan pengen nyiapin juga tes swab 1 keluarga.
nah, selama dikamar itu, gw juga banyak pikiran, kenapa bisa kena & bla.. bla.. bla.. tapi yg gw inget saat itu, untuk buat selalu diri gw happy, jangan tambah stress, nanti imunnya malah drop. gw nontonin netflix, youtube, apapun lah yang nongol di beranda, daripada gw mikirin itu.

oiya, kalo dari rasa ni
pas awal2 tuh nafas kayak agak berat, rasanya kayak ada sesuatu lagi nyerang sel di bagian dada jadi kayak ada efek burn2 dikit. sesek sih, tapi gw nggak sesek banget yang sampe engap2 gitu.
nyeri dada, asli sih itu bener2 nyeri gitu rasanya kayak mau panic attack, kalo pengalaman ane, ane di sebelah kiri. katanya itu mungkin bagian paru2 kiri yang lagi diserang ya? ane sampe tidur tuh nggak nyenyak kebangun bangun terus dan kaget2an.
badan gampang banget keringetan walaupun dah pake AC.
badan pegel2 dan linu2 sampe tulang.
batuk2 (jujur aja gw orangnya tuh gak terlalu sering batuk) tapi rasa batuknya itu beda sama yg umumnya, batuk kering dan agak sakit, dah gitu kyk ada dahak ngganjel gitu, berdahak sih iya tapi dikit.
pilek, nah pileknya ini juga beda, bukan kaya pilek biasa, tapi ada rasa radang di area hidung - tenggorokan.
kalo pusing, kan banyak orang covid mengeluhkan sakit kepala, tapi gw merasakan sering sakit kepala bukan di awal melainkan di sebelum minggu ke-2 masa isolasi disana, karena covid kan nyerang oksigen, jadi kayak oksigen tuh gak tersalurkan dengan baik ke otak, makanya waktu itu gw sakit kepala yang lumayan nyut2an dan bikin gak bisa tidur juga. orang2 pada pake paracetamol dsb, kalo gw mah gw diemin aja udah, karena dari kecil emang gak biasa minum paracetamol atau modelan panadol2 gitu.

Oiya, malah kepanjangan, back to the story

setelah di swab semua, alhamdulillah keluarga gw gak ada yg kena, cuma gw doang. disitulah gw dibujuk buat isolasi di tempat karantina, karena di rumah resiko nular ke keluarga tuh tinggi banget apalagi yang tua2 punya penyakit penyerta, itu lebih bahaya daripada kita yang masih muda2 gini. temen gw pas semasa isolasi bilang, keluarganya kena ada yang dari cucian atau alat makan itu. covid tuh nularnya juga cepet loh.
akhirnya setelah gw dibujuk bujuk dari yang tadinya gak mau, terpaksa mau dan pasrah sambil berpikir "bakal diapain nih gue".
ya, pada tengah malem itu tanggal 5 an, gw dibawa pake ambulan ke tempat karantina. setelah sampe sana gw agak heran juga, ini tempat karantina tapi bagus banget, kek modelan Glamping (Glamour Camping) jadi berasa liburan. tempatnya kaya gini.

hari pertama dan ke 2, gw masih ngerem di kamar aja, karena masih kaget aja dengan keadaan yg spontan berubah. aktivitas disana seru kok, senam pagi2, makan 3x sehari menunya enak" lagi, ngobrol2 nongkrong sama sesama penghuni sana, sharing2 cerita bgmn mereka bisa sampe masuk sini. lagi nongkrong

di tempat karantina ternyata gak seburuk yang gw bayangkan, disana kita cuma pure bener2 disuruh istirahat doang, makan tidur, makan tidur. kalo ada yang punya keluhan khusus bisa hubungin dokter by WA, nanti obatnya dianter sama petugas. asli ternyata gw disana bener2 ngerasa plong kayak nggak mikirin banyak kegiatan kalo lagi di rumah.
Fyi : selama gw nongkrong disana, mereka pada banyak yg nyetok bear brand, karena emang ampuh juga tuh minuman, gw yang aslinya nggak suka, jadi minumin terus Alhamdulillah agak mendingannya cepet.

kalo yang mau tau jangka gejala nya, jadi di tiap orang itu beda2, contohnya dari aroma & rasa, ada yg cepet ada yg lama. temen gw disana ada yg cuma 3 harian, gw seminggu baru balik lagi. kalo sesek, ya gw dalam waktu 1 minggu masa penyembuhan itulah udah mulai normal tapi kesini2nya jadi gampang capek.
kalo pusing, random dia datengnya wkwk, temen gw ada yg diawal, bahkan ada yg pas mau pulang baru mulai2 pusing.
Mual, itu gw kisaran hari ke 4-5 mual, cuman kata orang sono kalo mual berarti tandanya mau sembuh. eh bener aja gw setelah mual2 gitu badan kerasa agak fit an.
aktifitas gw selama masa karantina cukup asik sih, tiap hari push rank Mobile legend bareng temen2 disana, Jogging2, Senam Pagi, Hanging out & make friend dengan orang2 disana. mereka orangnya pada ramah2 untungnya. bahkan sampe gw udah pulang, gw masih bertemen diluar sama dia.
gw diedukasi juga pas disana oleh dokter selaku pemilik rumah karantina tsb. katanya yang paling banyak kena gejala berat sampe meninggal, itu yang punya penyakit penyerta, tapi gak menutup kemungkinan anak muda bisa juga. karena gw dikasih tau data rentang kematian berdasarkan usia, yang masih muda ternyata banyak juga. jadi kalo yang masih belum percaya atau menentang covid, pikirin lagi deh buat orang tua nya yg udah tua, apalagi punya komorbid. jadi gejala covid itu dibagi 3, ada yang ringan, sedang, dan berat. alhamdulillahnya gw waktu itu di kategori ringan, ah ringannya aja juga seseknya berasa loh asli.. tapi temen2 gw disana banyak juga yang kategori sedang.
*fyi : kalo yang gejala berat, itu langsung dirujuk di RS, kalo buat yang ringan dan sedang, masuknya di tempat gw.

ya selama isolasi disana bener2 pengalaman yg terindah buat gw. alhamdulillah gw dikasih sakit saat itu, yang memberikan gw pelajaran juga supaya gw lebih aware sama ini dan sayang keluarga.
ternyata gw baru tau disana banyak juga yang cluster keluarga, jadi full 1 keluarga di karantina disana, gw kadang ikutan happy juga sih ngeliat mereka walaupun statusnya pasien positif, didalem masih bisa happy2 bareng, jadi imunnya cepet bagus dibanding gw yang sendirian doang. disana juga banyak anak kecil, bahkan bayi juga yg masih nyusu sama maknya juga ada.

waktu itu yang bikin gw agak stress & depresi ya jelas sanksi sosialnya. gw jadi gibahan tetangga karena berita gw covid sampe di share2 di grup warga yang kata2nya agak kurang meng-enakkan, bahkan di grup keluarga-sodara sendiri gw sampe dikata2in. setelah gw nyadar kalo gw lagi di tempat isolasi yang bareng sama orang positif, gw berpikir gw nggak boleh stress baca sampah begini, gw putuskan gw nggak mau baca grup2 itu lagi. setiap ada kabar atau yang isi grupnya ada yg nge-tag langsung gw archive, nggak mau liat hal2 yang bikin gak ngenakkin. ya disana gw bener2 ngalamin seneng2 terus sih, bercandaannya orang sana asik2.
Pokoknya minggu ke-2 isolasi, gw udah ngerasa baikan sih, nyesek2 udah nggak, batuk pilek udah nggak, pusing cuma kadang2, rasa sama penciuman udah balik normal.

saran gw buat yang mungkin baru kena, dan masih dalam gejala ringan atau sedang. minum vitamin C sama B complex (gw dikasih juga dari dokter dan dinkes) tiap pagi jemuran yang rajin, kalo sesek2 udah agak ilang olahraga dikit2 tapi kalo masih mah jangan, gak boleh olahraga berat soalnya. bear brand kencengin, tidur yang cukup 8 jam sehari, jaga imunitas, bikin diri happy2 terus. nontonin RANS kek, Bapau kek biar gak gabut wkwkwkw. jangan dibawa stress.
yang lagi isolasi mandiri di rumah, jangan campur alat makan, cucian, kamar mandi.
dan misalnya kalian di rujuk di tempat karantina atau RS, terima aja jangan nolak, malah enakan yang di RS karena ada dokter jaga 24 jam, jadi kalo ada apa2 ditanganinnya cepet. jangan mikir yang tempat begitu katanya malah bikin stress, cobain dulu deh, karena "yang kata orang" sama "pengalaman sendiri" pasti beda deh.

Alhamdulillah tanggal 18 juni gw telah dinyatakan lulus karantina dan boleh pulang, walaupun kata dokternya buat yang udah kerja boleh lagi untuk berbaur dikantor, kalo gw sendiri tetep pengennya masih spare isolasi di rumah juga

itu aja, sekian dari Thread pengalaman yang gw alami pas kena Covid 19, semoga dari pengalaman gw ini bisa dijadikan pelajaran buat Agan/Sista walau sebenernya yang parah tu sanksi sosialnya xixixixi.... tapi ada juga kok yang tetangga2 nya ikut support sampe ngirim2 makanan ke tetangga yang lagi kena. tergantung warga lingkungan masing2 tempat tinggal aja sih.

ya, kalo ada yang mau nanya2, tulis aja di komen, akan ane jawab sebisa mungkin. sekian... terimakasih untuk para readers yang mau meninggalkan like nya
Diubah oleh rjonzz 02-07-2021 03:37
sudarmadji-oye
aripmaulana
anton2019827
anton2019827 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
2.3K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.