Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Kreativv.comAvatar border
TS
Kreativv.com
Butuh Minuman Untuk Hangatkan Badan, Coba Minum Sarabba
Butuh Minuman Untuk Hangatkan Badan, Coba Minum Sarabba
Indonesia memang memiliki kebudayaan yang beragam. Tak hanya kebudayaannya saja, bahkan di setiap daerahnya Indonesia memiliki berbagai macam ciri khas, seperti makanan dan minumannya. Salah satunya adalah racikan minuman hangat yang nikmat.
Di Indonesia sendiri, memang sudah sangat banyak minuman hangat yang khas dsri berbagai daerah, seperti bajigur dan bandrek asal Jawa Barat, ataupun wedang uwuh dari Yogyakarta dan Jawa Tengah yang sangat nikmat untuk diminum di dataran tinggi atau di kala hujan.
Butuh Minuman Untuk Hangatkan Badan, Coba Minum Sarabba

Ilustrasi minuman hangat. (Sumber: shutterstock)



Minuman hangat memang menjadi pilihan yang baik di kala udara dingin. Beberapa minuman bahkan masih banyak dijajakan secara keliling walau kini sudah banyak juga minuman hangat yang sudah tersedia dalam kemasan instan yang juga praktis.
Salah satu minuman yang khas dan mungkin banyak orang yang belum tahu ini berasal dari Makassar. Selain terkenal dengan minuman sari buah markisa yang bahkan sudah terkemal hingga ke manca negara, ada juga loh minuman hangat yang juga dapat meningkatkan stamina, yaitu sarabba.
Apa itu sarabba?
Sarabba merupakan minuman khas Makassar yang terbuat dari campuran jahe, kuning telur, gula aren, santan dan merica bubuk. Minuman hangat ini cocok untuk mengusir flu, menghangatkan badan, mengeluarkan angin dari tubuh saat masuk angin, hingga bisa menjadi minuman di saat begadang.
Butuh Minuman Untuk Hangatkan Badan, Coba Minum Sarabba

Ilustrasi sarabba. (Sumber: Sajiam Sedap)


Masyarakat Makassar sebagian besar mempercayai jika sarabba dapat menjadi pemulih stamina karena kuning telur dipercaya sebagai pemulih stamina (dalam jamu), penawar letih setelah seharian beraktivitas dan untuk menghangatkan badan. Apabila kamu tertarik mencicipi minuman hangat ini, tak perlu jauh-jauh harus ke Makassar.
Berkat tangan-tangan kreatif yang ada, sarabba bahkan sudah dapat dipasarkan dengan praktis. Sarabba kini sudah tersedia dalam bentuk bubuk dan juga minuman dalam kemasan botol. Jadi, kamu bisa lebih mudah jika memang ingin mencicipinya.
Baca Juga :   Minuman Kopi Apa yang Cocok Untuk Kamu Nikmati?

Kandungan jahe dalam sarraba
Seperti minuman kebanyakan lain, jahe memang menjadi bahan utama dalam pembuatan minuman ini. Jahe merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara yang kemudiam akhirnya menyebar ke berbagai negara. Terkenal karena aromanya yang khas, jahe bahkan dijadikan bahan masakan sekaligus pengobatan alternatif di Cina, India, hingga Timur Tengah. Selain dapat menghangatkan badan, jahe juga memiliki beberapa manfaat lainnya, loh!


1. Mengatasi masalah pencernaan
Butuh Minuman Untuk Hangatkan Badan, Coba Minum Sarabba

Ilustrasi pencernaan lancar. (Sumber: pixabay)


Salah satu manfaat jahe adalah mengatasi masalah terkait pencernaan. Jahe dikenal sebagai salah satu bahan alternatif untuk memperlancar sistem pencernaan. Kandungan phenolic dalam jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan. Jahe juga disebut sebagai carminative, suatu substansi yang dapat membantu mengeluarkan gas berlebih yang ada di sistem pencernaan.


Baca Juga :   4 Resep Minuman Kekinian ala Anak Kosan Murah Meriah

2. Membantu proses detoksifikasi
Butuh Minuman Untuk Hangatkan Badan, Coba Minum Sarabba

Ilustrasi berkeringat. (Sumber: shutterstock)


Manfaat jahe lainnya adalah dapat memicu keluarnya keringat. Pengeluaran keringat ini sangat bermanfaat terutama saat kamu sedang demam atau flu. Selain membantu proses detoksifikasi, berkeringat juga ternyata dapat melindungi dirimu dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Para ahli meneliti sejenis protein yang disebut dermicidin, diproduksi pada kelenjar keringat dan berfungsi melindungi tubuh dari bakteri seperti E. coli, staphylococcus aureus, serta jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit.


3. Mengurangi rasa mual
Butuh Minuman Untuk Hangatkan Badan, Coba Minum Sarabba
Ilustrasi mual. (Sumber: shutterstock)


Bagi para ibu hamil, jahe juga dapat memberikan manfaat yang besar, terutama kepada para ibu yang mengalami mual (morning sickness). Tak hanya mual karena morning sickness, jahe juga dapat dimanfaatkan bagi yang mengalami vertigo ataupun efek dari pengobatan kanker. Jahe ini bisa dimakan langsung ataupun melaluo tahap pengolahan. Bahkan sekarang jahe juga sudah banyak ditemukan di dalam permen kemasan sehingga menjadi lebih praktis.

Cara membuat sarabba
Jika kamu tidak suka meminum yang praktis dan penasaran untuk mencoba membuatnya, berikut resep sederhana yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan:
250 gr jahe
200 gr gula aren
150 gr gula pasir
2 gelas santan
1 sdt garam
3 lembar daun pandan
5 gelas air
Kuning telur ayam kampung
Susu kental manis

Baca Juga :   Bikin Menu Keto Food dengan Resep Lezat Mengenyangkan Ini, Yuk!

Cara membuat:
Parut jahe. Peras hingga menghasilkan 1 gelas air jahe. (Bisa ditambahkan sedikit air saat memeras)
Rebus 5 gelas air, gula aren, gula pasir, daun pandan, garam, serta air perasan jahe. Masak hingga mendidih dan gula larut.
Setelah mendidih, tambahkan santan. Masak kembali sampai matang. Tes rasa.
Sarabba telur susu: Masukkan kuning telur ayam kampung dalam gelas. Aduk rata. Tuang sarabba ke dalamnya. Tambahkan susu kental manis. Aduk rata. Hidangkan.
Sarabba susu: Tuang sarabba. Tambahkan susu kental manis. Aduk rata. Hidangkan.
Sarabba original: Sarabba dihidangkan tanpa mendapat tambahan telur ata



0
833
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Selera Nusantara (Indonesian Food)KASKUS Official
9KThread6.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.