• Beranda
  • ...
  • Sports
  • Fakta-Fakta Cristiano Ronaldo Sang Top Skorer Sepanjang Masa Euro

peteradisAvatar border
TS
peteradis
Fakta-Fakta Cristiano Ronaldo Sang Top Skorer Sepanjang Masa Euro

Cristiano Ronaldo bintang andalan dan Kapten Timnas Portugal

Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro atau Cristiano Ronaldo atau CR7 yang saat ini masih tercatat sebagai pemain Juventus tentu bukan nama yang asing lagi di dunia sepak bola internasional. Pemain kelahiran Madeira, Portugal, pada 5 Februari 1985 tersebut masih merupakan salah satu bintang sepak bola papan atas. Penampilan kapten timnas Portugal tersebut masih tergolong bagus dan konsisten setiap musimnya meskipun usianya sudah lebih dari 36 tahun.

CR7 masih menjadi andalan di klub yang dibelanya dan di timnas Portugal. Di level klub maupun negara, penampilannya masih prima dan merupakan penyerang yang masih berbahaya ketika berada di area penalti lawan. Ronaldo juga dikenal sebagai pemain pencetak rekor, khususnya dalam urusan mencetak gol. Kali ini ane akan coba membahas fakta-fakta seputar Ronaldo yang saat ini sedang berjuang membantu Portugal mempertahankan gelar juara di ajang Euro 2020. Selamat membaca gan, sis !

1. Jose Dinis Aveiro, ayah Ronaldo, mendapat inspirasi nama untuk anaknya tersebut dari aktor yang dikaguminya dan sekaligus salah satu Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan.


Ronald Reagan mantan aktor dan Presiden Amerika Serikat yang menjadi inspirasi nama Cristiano Ronaldo

2. Pada usia 14 tahun, Ronaldo pernah diusir dari kelas setelah melempar kursi ke gurunya.


Cristiano Ronaldo kecil diapit kedua orang tuanya, Dolores Aveiro (ibu) dan Jose Dinis Aveiro (ayah)

3. Pada usia 15 tahun, Ronaldo pernah harus menjalani operasi akibat menderita tachycardia yaitu suatu kelainan dimana detak jantung seseorang lebih cepat dibanding detak jantung orang pada umumnya. Akibat kelainan tersebut, Dolores Aveiro, ibu Ronaldo, sempat khawatir anaknya tidak mau lagi bermain sepak bola, beruntungnya seluruh prosedur operasi berjalan dengan baik dan Ronaldo bisa kembali berlatih sepak bola.


Cristiano Ronaldo bersama anaknya, Cristiano Ronaldo Jr., usai memenangi Trofi UEFA Nations League 2019

4. Anak pertama Cristiano Ronaldo lahir pada 17 Juni 2010 dan diberi nama Cristiano Ronaldo Jr.


Cristiano Ronaldo bersama Paris Hilton di suatu acara pada 2009

5. Cristiano Ronaldo diketahui pernah menjalin hubungan dengan Paris Hilton pada 2009 saat mereka terlihat berpesta bersama serta berciuman beberapa kali, namun mereka tidak pernah secara resmi mengumumkan hubungan keduanya. Hubungan singkat mereka berakhir akibat kesibukan masing-masing di lokasi yang berbeda dan terpisah jarak yang jauh.

6. Ronaldo juga dikabarkan pernah menjalin hubungan dengan Kim Kardashian saat keduanya dipergoki berciuman di luar sebuah restoran di Madrid.

7. Ronaldo tidak mengonsumsi alkohol dipengaruhi oleh kematian ayahnya. Ayahnya menderita karena kecanduan alkohol. Selain itu, Ronaldo juga tidak merokok. Ronaldo tidak ingin alkohol dan rokok mengganggu aktivitasnya di sepak bola.

8. Ronaldo tidak memiliki tato di tubuhnya sebab dia rutin mendonorkan darahnya. Orang yang baru saja mentato tubuhnya harus menunggu setidaknya enam bulan sebelum dapat mendonorkan darah.

9. Hanya ada sembilan pemain dalam sejarah yang mampu mencetak lebih dari 50 gol dalam semusim. Ronaldo mampu melakukannya enam musim beruntun sejak 2010/2011 hingga 2015/2016 ketika membela Real Madrid.


Museu CR7 di kota Funchal, Madeira, Portugal

10. Sepanjang karirnya, Ronaldo telah memenangkan begitu banyak trofi, oleh karena itu dia merasa perlu tempat khusus untuk menyimpannya. Ronaldo memutuskan membangun museum yang diberi nama Museu CR7 yang terletak di Madeira, Portugal untuk menampung seluruh trofi yang telah dimenanginya. Di museum tersebut juga masih tersisa cukup banyak ruang untuk menampung trofi-trofi selanjutnya yang akan dimenangi Ronaldo.


Foto Ronaldo sebelum dan sesudah memindahkan botol Coca-Cola saat konferensi pers laga Euro 2020 Hungaria vs Portugal

11. Beberapa hari lalu publik sempat heboh ketika Ronaldo meminggirkan botol Coca-Cola yang ada di hadapannya pada jumpa pers jelang laga Hungaria melawan Portugal di Euro 2020, namun siapa sangka Ronaldo ternyata pernah menjadi bintang iklan minuman bersoda tersebut pada 2006 lalu. Jika penasaran, videonya masih dapat ditemukan di YouTube dengan keyword ‘Ronaldo Coca Cola Commercial’.

12. Ronaldo ternyata juga pernah membintangi iklan Extra Joss yang dibuat pada 2005 lalu, syuting iklan tersebut dilakukan di Bali. Iklan tersebut dibuat untuk meramaikan ajang Piala Dunia 2006 di Jerman.

13. Akibat aksi meminggirkan botol Coca-Cola yang dilakukannya, saham Coca-Cola sempat mengalami penurunan dari semula USD 56,1 menjadi USD 55,2 pada Senin, 14 Juni 2021 lalu. Tampaknya kini, harga saham Coca-Cola mulai kembali merangkak naik.


Cristiano Ronaldo bersama pasangannya Georgina Rodriguez dan keempat anaknya

14. Hingga saat ini, Cristiano Ronaldo belum secara resmi menikah, namun dia sudah memiliki empat orang anak yaitu Cristiano Ronaldo Jr., si kembar Eva Maria dan Mateo, serta Alana Martina. Keempat anak Ronaldo lahir dari ibu yang berbeda. Tiga anak pertama lahir dari ibu pengganti atau surrogate mother yang hingga kini identitasnya masih dirahasiakan, sementara anak keempat lahir dari pasangannya saat ini Georgina Rodriguez.

15. Passion Ronaldo terhadap sepak bola sudah terlihat sejak kecil mulai dari bermain bola hingga gabung ke klub sepak bola. Kemampuan bermain bolanya terus berkembang seiring berbagai pelatihan yang didapatnya. Karena keinginannya untuk fokus di sepak bola, pendidikan sekolahnya sempat terbengkalai.

16. Ronaldo memiliki sejumlah koleksi mobil mewah seperti Audi, Bugatti, Cadillac Escalade, Ferrari, Lamborghini, McLaren, Mercedez, dan Porsche. Dia juga memiliki jam tangan mewah seharga 2 Juta Euro yang berhiaskan 424 berlian merah dan putih.


Pestana CR7 Hotel salah satu bisnis Ronaldo yang terletak satu komplek dengan Museu CR7

17. Ronaldo memiliki sejumlah bisnis diantaranya pakaian dalam, denim, parfum, agensi digital, hotel hingga restoran. Seluruh bisnis itu disiapkannya sebagai sumber penghasilan ketika dia sudah berhenti bermain bola suatu saat nanti.


Selebrasi gol khas Ronaldo

18. Selebrasi perayaan gol Ronaldo yang biasanya disertai teriakan ‘Siuuuu’ menjadi ciri khasnya dan banyak diikuti pesepakbola lain di seluruh dunia.

19. Sepanjang karirnya, Ronaldo telah meraih banyak penghargaan baik tim maupun individual. Penghargaan paling bergengsi yang pernah diterimanya adalah Ballon d’Or, penghargaan tertinggi individu sepak bola yang diraihnya lima kali.

20. Ronaldo memiliki dua nama panggilan masa kecil yaitu Si Cengeng dan Lebah Kecil. Julukan Si Cengeng diberikan karena dia sering menangis ketika perjalanan karirnya tidak sesuai keinginan. Sementara julukan Lebah Kecil diberikan karena kelincahannya saat bermain bola.

21. University of British Columbia di Kanada menjadikan Cristiano Ronaldo sebagai mata kuliah dimana mahasiswa sosiologi semester empat akan mempelajari kehidupan dan karir sang bintang.


Ronaldo saat diperkenalkan sebagai galactico baru Real Madrid

22. Perkenalan Cristiano Ronaldo sebagai pemain baru Real Madrid di Santiago Bernabeu yang dihadiri 80 ribu fans ternyata telah merusak rekor abadi yang sempat ditorehkan legenda Argentina, Diego Maradona saat diperkenalkan sebagai pemain Napoli di hadapan 75 ribu fans di Stadion Sao Paolo pada 1984.

23. Berkat postur tubuh atletis dan wajah tampannya, Ronaldo mampu memikat banyak brand internasional seperti Coca-Cola, Armani, Nike, Konami, Motorola, KFC, Castrol, Herbalife, dan lain-lain untuk menjadikannya brand ambassador.

24. Berdasarkan jumlah pengikut di media sosial Instagram, Ronaldo adalah pesepakbola sekaligus individu paling populer dengan jumlah pengikut yang mencapai 302 juta.

25. Berkat dua gol yang diceploskan ke gawang Prancis di laga terakhir Grup F Euro 2020, Ronaldo menyamai capaian Ali Daei sang legenda sepak bola Iran sebagai top skor sepanjang masa di pertandingan internasional. Keduanya telah mencatatkan 109 gol bagi negaranya masing-masing. Ronaldo hanya butuh satu gol lagi untuk melampaui capaian Ali Daei.

26. Hingga saat ini, Ronaldo menjadi satu-satunya pemain yang mampu mencetak 11 gol di 11 pertandingan di tiga kompetisi berbeda yaitu La Liga, Serie A, dan Liga Champions.

27. Ronaldo saat ini masih menjadi top skor Real Madrid dengan 450 gol dalam 438 pertandingan.

28. Sebelum bergabung dengan Manchester United pada 2003 lalu, Ronaldo ternyata hampir saja bergabung dengan Arsenal yang saat itu dilatih Arsene Wenger. Namun akhirnya Ronaldo lebih memilih Manchester United setelah laga persahabatan antara Sporting Lisbon melawan Manchester United.

29. Ronaldo adalah pemain termahal hingga saat ini yang pernah dijual oleh Manchester United.

30. Juventus diperkirakan harus mengeluarkan dana 117 Juta Euro untuk membawa Ronaldo dari Real Madrid. Ronaldo menjadi pemain termahal yang pernah ditransfer ke Serie A.

Membahas fakta-fakta seputar Cristiano Ronaldo tampaknya memang takkan ada habisnya, terlebih selama dia masih aktif bermain. Mungkin masih banyak fakta lain yang belum ada di thread ini seputar sang top skorer sepanjang masa Euro ini. Semoga semua fakta yang sudah ane kumpulkan bisa memberi wawasan tambahan bagi semua penggemar sepak bola, khususnya fans CR7.


Spoiler for Sumber:


Spoiler for Foto:


Diubah oleh peteradis 24-06-2021 16:38
EriksaRizkiM
m4ntanqv
anton2019827
anton2019827 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
6.3K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
SportsKASKUS Official
22.9KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.