• Beranda
  • ...
  • Do It Yourself
  • Buat Paludarium Yuk! Ekosistem Buatan yang Bikin Interior Rumah Makin Cantik & Asri!

hayosayasiapaAvatar border
TS
hayosayasiapa
Buat Paludarium Yuk! Ekosistem Buatan yang Bikin Interior Rumah Makin Cantik & Asri!


Agan dan Sista tau ga Paludarium itu apa?

Kalau kita telaah artinya dari segi bahasa, paludarium merupakan kata yang berasal dari bahasa latin, yaitu ‘palus’ yang artinya ‘rawa’ atau ‘tanah dekat air’, dan ‘arium’ yang berarti ‘wadah’, ‘tempat’ atau ‘ruang’. Jadi kalau disimpulkan, paludarium merupakan rawa atau tanah dekat air yang berada dalam sebuah wadah, jadi kayak “ekosistem” rawa dalam aquarium gitu, GanSis. Paludarium juga biasa disebut sebagai vivarium yang terdiri dari dua elemen, yaitu air dan tanah. Nantinya kedua elemen ini akan diletakkan di dalam sebuah wadah.

Sejak corona melanda dan membuat orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, kegiatan membuat paludarium ternyata menjadi salah satu hobi yang cukup banyak digemari loh. Selain bisa membunuh waktu saat di rumah aja, keindahan paludarium juga bisa menambah nilai estetika dalam sebuah hunian, GanSis. Pokoknya jadi nambah dekorasi alam deh di rumah.



Nah, untuk Agan dan Sista yang baru mengenal paludarium dan ingin coba membuat paludarium, kalian ga usah khawatir ya, karena membuat paludarium terbilang ga sulit kok. Hal terpenting yang harus kalian perhatikan saat membuat paludarium adalah kalian harus menghadirkan 3 buah komponen utama, yaitu kanopi, tanah dan air.



Kanopi



Area kanopi adalah area paling atas dari sebuah paludarium, GanSis. Layaknya kanopi yang ada dalam kehidupan kita, kanopi pada paludaium ini juga berfungsi sebagai payung teduh bagi lingkungan sekitar. Nah, di area kanopi ini, Agan dan Sista bisa meletakkan segala macam jenis tanaman dan bunga yang ingin kalian tanam dan biasanya di area ini lah rumah bagi hewan-hewan yang menyukai tempay tinggi. Oh iya, di area kanopi ini biasanya terdiri dari hardscape GanSis, yaitu seperti dahan kayu dan batu.


Tanah



Selain area kanopi, ada juga area tanah. Nah, area tanah ini lah yang berfungsi sebagai letak pondasi yang mengatur seluruh ekosistem paludarium. Oh iya, meskipun namanya area tanah tapi ga melulu harus tanah kook. Area ini juga bisa diisi dengan batu-batuan , kayu apung, atau pasir. Nah di area ini juga biasanya digunakan sebagai tempat tinggal hewan-hewan semi akuatik.


Air



Namanya area air, maka sudah seharusnya diisi oleh air. Yaa, meskipun hanya air, tapi di lingkungan ini ekosistem paludariummu akan berkembang pesat, GanSis. Area ini juga terbilang menjadi area yang vital, karena selain menjadi tempat tinggal hewan air, air juga berfungsi untuk menghidrasi area lainnya untuk meningkatkan kelembaban dalam ekosistem paludarium yang kamu miliki.



Itu dia 3 komponen utama yang harus ada di paludarium, GanSis.



Gimana? Makin tertarik untuk membuatnya? Gampang kok. GanSis tinggal meletakkan kayu apung besar ke dalam aquarium untuk menopan penghuni paludarium. Setelah itu, isi bagian bawah akuariummu dengan tanah, pasir, atau bebatuan, setelah itu kalian tinggal mengisinya dengan air. Oh iya saat mengisi air kalau bisa dilakukan secara perlahan yaa, agar pasir atau tanahnya tidak tercampur dan jangan sampai aairnya menjadi kotor.
richardus96
ziont
toinxx08
toinxx08 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.9K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Do It Yourself
Do It Yourself
icon
1.5KThread1.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.