Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tolong Bedakan Introvert dan Anti Sosial, Kita Berdua Tidak Sama!

adnanamiAvatar border
TS
adnanami
Tolong Bedakan Introvert dan Anti Sosial, Kita Berdua Tidak Sama!

Seringkali ane melihat bahwa orang-orang berlindung di balik kata "introvert".

"Maklum lah, gue kan introvert"
"Itu anak introvertnya kebangetan, gak punya temen."


Well, sepertinya orang sudah salah kaprah dan tidak bisa membedakan antara introvert dan anti sosial.

Introvert adalah salah satu bentuk kepribadian manusia dimana orang tersebut tidak menyukai keramaian dalam jangka waktu panjang, butuh waktu sendiri untuk menemukan ketenangan dan lebih banyak mendengar ketimbang berbicara.

Sedangkan anti sosial adalah kondisi dimana seseorang tidak bisa berbaur dalam lingkungan sosial. Merasa harus terus menghindar dari orang lain karena tidak nyaman dengan bersosialisasi.

Jadi sangat salah jika orang yang nggak mau bergaul dengan orang lain itu disebut introvert. No! Mereka itu termasuk anti sosial.

Dan tidak semua introvert anti sosial. Mereka masih bisa hidup berdampingan dengan orang lain, masuk ke lingkungan sosial tertentu dan berbaur.

Bahkan di satu kondisi tertentu tidak semua introvert terlihat seperti introvert. Bahkan percaya atau tidak, bahwa presenter kondang seperti Boy William yang tampak talkactiveternyata memiliki kepribadian introvert.



Dalam episode wawancara di channel Youtubenya dengan Maudy Ayunda, Boy William mengakui sendiri bahwa dirinya seorang introvert.

Introvert itu bukan berarti orang yang pendiam, tidak punya teman, tidak bisa bersosialisasi, BUKAN! Tapi introvert adalah jenis kepribadian.

Jadi kalau ada orang yang kikuk berada di keramaian, selalu malas kumpul dengan orang, lalu dia mengaku-ngaku itu semua karena kepribadiannya yang introvert, menurut ane itu cuma alibi saja.

Seorang introvert meskipun memang lebih menyukai kesendirian untuk memulihkan energinya, tetap bisa dilatih untuk menjadi orang yang pandai bergaul.

Kepribadian manusia secara garis besar ada 3 yaitu introvert, ambivert dan ekstrovert. Ciri khas dari introvert adalah mereka lebih tertutup, butuh waktu menyendiri untuk me time. Sedangkan ekstrovert adalah orang yang terbuka, suka bergaul/kumpul dengan orang banyak untuk menemukan "soul" mereka.

Ekstrovert akan merasa sosialisasi dengan orang lain merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi untuk membuatnya lebih hidup. Sedangkan ambivert adalah perpaduan dari introvert dan ekstrovert.

So, kalau ada orang yang tampak tidak bisa mengatasi masalah bersosialisasinya dan menyalahkan kepribadian introvertnya, dia hanya sedang tidak mengakui jika anti sosial guys!

Introvert dan Anti Sosial adalah dua hal yang berbeda, jangan disamakan ya! Ok, ane @adnanamipamit, silahkan follow akun ane untuk dapat update thread inspiratif lainnya!

Kalian juga bisa berkunjung ke halaman kaskus ane dengan klik gambar di bawah ini! Sampai jumpa kembali di lain kesempatan.



Share pendapat kalian di kolom komentar ya!

Referensi:
1. gambar
2.Youtube Boy William
0
1.5K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.