Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dimasgaharuAvatar border
TS
dimasgaharu
4 Cara Paling Ampuh Menyisihkan Uang Gaji untuk Ditabung
4 Cara Paling Ampuh Menyisihkan Uang Gaji untuk Ditabung

Agan dan aganwati pernah merasakan kesulitan untuk menabung? Niat untuk menabung sudah ada, tapi pada akhirnya uang habis juga setiap bulan. Meski begitu, gan jangan berhenti untuk menabung hanya karena tidak mampu untuk menyimpannya. Agan dan aganwati hanya perlu mengubah cara untuk menyisihkan uang. Jika ingin rajin menabung, 4 cara ini ampuh untuk membantu agan dan aganwati. Cek sekarang, gan!


1. Tentukan Jumlah Uang untuk Ditabung

4 Cara Paling Ampuh Menyisihkan Uang Gaji untuk Ditabung

Lakukan perhitungan bulanan untuk segala jenis pengeluaran selama satu bulan. Hilangkan atau kurangi pengeluaran yang dirasa kurang penting. Lalu, tentukan jumlah uang yang harus agan sisihkan setiap bulannya.

Cara lain, kebalikan dari cara di atas, gan. Tentukan terlebih dahulu jumlah uang yang ingin agan tabung lalu gunakan uang yang tersisa untuk semua kebutuhan selama satu bulan. Agan harus menyesuaikan pengeluaran dan kebutuhan yang ada dengan uang yang tersisa tersebut.

Selain itu, akan lebih baik jika agan menentukan terlebih dahulu tujuan agan untuk menabung, misalnya untuk menikah, membeli rumah, atau naik haji. Dengan adanya tujuan, agan bisa memperhitungkan nominal uang yang harus disisihkan setiap bulannya untuk mencapai jumlah uang yang dibutuhkan di masa depan.

Namun, jika belum memiliki tujuan, juga tidak masalah, gan. Tetaplah menabung dan jalankan rencana keuangan seperti biasa. Saat uang sudah cukup banyak, agan bisa memutuskan kembali cara untuk mengembangkannya, entah dengan berinvestasi, membuka usaha, atau keduanya.


2. Pisahkan Uang

4 Cara Paling Ampuh Menyisihkan Uang Gaji untuk Ditabung

Cara berikutnya, agan dan aganwati harus memisahkan uang yang akan ditabung. Pisahkan sebanyak jumlah uang yang telah agan tentukan. Agar lebih mudah, pisahkan uang tersebut dengan membuka rekening baru khusus menabung atau gunakan fasilitas autodebit dari bank.


3. Disiplin Itu Wajib

4 Cara Paling Ampuh Menyisihkan Uang Gaji untuk Ditabung

Semua usaha menabung akan berantakan jika agan tidak disiplin dalam melakukannya. Disiplin dalam menabung barangkali sama sulitnya ketika agan menyisihkan uang gaji untuk disimpan. Jika agan mulai merasa sulit untuk disiplin, triknya ialah ingat tujuan agan menabung atau bayangkan masa depan yang diidam-idamkan.


4. Jika Tidak Bisa Menabung, Cobalah Investasi

4 Cara Paling Ampuh Menyisihkan Uang Gaji untuk Ditabung

Jika agan tidak bisa melihat uang “nganggur”, daripada dihabiskan untuk belanja, lebih baik diinvestasikan. Dengan berinvestasi, uang tersebut dapat berkembang dan bagus untuk keuangan agan juga di masa depan. Lagi pula, pilihan produk investasi saat ini sudah sangat beragam, gan.

Jika masih merasa khawatir untuk memulai investasi, pilih saja produk investasi yang sudah familiar, seperti emas batangan. Membeli emas batangan pun saat ini sudah bisa dalam nominal kecil sehingga tidak akan memberatkan agan dan aganwati, seperti yang ada di aplikasi e-mas atau Tokopedia Emas. Di aplikasi e-mas agan bahkan bisa membeli emas mulai dari Rp10.000,-an.

Emas batangan hanya satu dari banyaknya produk investasi yang bisa agan pilih. Sebelum berinvestasi, gali informasi sebanyak mungkin dan sesuaikan dengan dana yang dimiliki, ya gan.



Untuk menabung, sebenarnya agan dan aganwati tidak perlu cara yang rumit. Yang terpenting, disiplin dan gunakan uang sesuai dengan kebutuhan, gan. Ingat, dahulukan kebutuhan karena kebutuhan selalu mengenai hal-hal yang penting. Menabung juga merupakan hal yang penting karena menyangkut kesejahteraan hidup di masa depan. Jadi, ayo mulai menabung sekarang, gan sis!





Sumber Artikel



Diubah oleh dimasgaharu 09-10-2018 05:38
0
1.8K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.