Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Lifestyle
  • Gaji Pas-Pasan Harus Tetap Punya Tabungan, Ini Dia Tips-Tips Menabung yang Benar

ahoy44Avatar border
TS
ahoy44
Gaji Pas-Pasan Harus Tetap Punya Tabungan, Ini Dia Tips-Tips Menabung yang Benar


Pemasukan yang pas-pasan nggak bisa dijadikan alasan untuk nggak menabung. Gan. Menysihkan gaji untuk ditabung adalah hal yang penting banget dilakukan, terutama bagi para tulang punggung keluarga. Selain sebagai investasi di masa depan, menabung juga penting untuk membiayai biaya-biaya yang tak terduga. Menabung dengan cermat sejak dini juga  pastinya bisa memberikan kemudahan bagi kita di kemudian hari. 

Lalu gimana dong, caranya memenuhi kebutuhan bulanan sekaligus menabung tanpa kehabisan uang tiap bulannya? Ikutin aja tips-tips menabung di bawah ini Gan!

1. Tetapkan tujuan



Tetapkan tujuan yang jelas untuk menabung. Misalnya, Agan memasang target dalam dua tahun harus bisa membayar DP rumah atau mobil. Dengan adanya tujuan ini, Agan akan semakin terarah dan fokus dalam menabung, serta berusaha keras untuk mewujudkannya. Tujuan yang jelas akan membuat Agan menabung dengan lebih efektif, dibandingkan menabung tanpa tujuan dan keinginan yang kuat.

2. Sisihkan uang di awal



Saat waktu gajian tiba, segera sisihkan sebagian uang untuk ditabung sebelum memakai sisanya untuk kebutuhan lain, apalagi untuk kebutuhan yang nggak penting. Sebelum gajian, Agan bisa tentuin dulu berapa persen gaji yang dimasukkan ke tabungan. Berapa persennya ini harus dipertimbangkan dengan baik ya, Gan. Tentukan nominal yang realistis dan seimbang.
Agan bisa mulai dengan menabung sepuluh persen dari gaji Agan. Meskipun sedikit, tentunya ini lebih baik daripada nggak menabung sama sekali.

3. Buat anggaran bulanan



Agan perlu mencatat kebutuhan Agan selama sebulan, supaya Agan bisa memprioritaskan pengeluaran tertentu dan menjaga keseimbangan antara pengeluaran, pemasukan, dan tabungan. Saat membuat anggaran bulanan, tentukan mana yang menjadi kebutuhan, dan mana yang cuma keinginan.

Saat sebagian gaji sudah disisihkan untuk ditabung, dan semua kebutuhan dan tagihan udah terpenuhi, baru deh Agan bisa ‘menghadiahi’ diri Agan sendiri dengan menyisihkan uang untuk hiburan seperti nonton, makan di luar atau jalan-jalan. Penting juga untuk mencatat semua pengeluaran Agan dan lihat apakah Agan menaati anggaran atau nggak setiap bulannya.

4. Bawa bekal dari rumah



Selisih antara biaya memasak sendiri dengan biaya jajan makan siang di kantor sangat jauh loh Gan, bahkan bisa nyaris setengahnya! Selain lebih mahal, makanan yang dibeli di luar juga perlu dipertanyakan kebersihan dan gizinya. Nah, bagi Agan yang mau berhemat dan menyisihkan sebagian gaji untuk ditabung, Agan bisa mulai meluangkan waktu memasak dan mempersiapkan bekal sebelum Agan berangkat kerja.

5. Hindari pengeluaran yang sepele



Pengeluaran untuk hal-hal kecil yang sepele seringkali dianggap remeh. Misalnya, kebiasaan membeli kopi atau mampir ke kafe sebelum atau sepulang kerja. Meskipun kelihatannya nggak seberapa, kalau biaya yang agan keluarkan untuk hal sepele ini diakumulasikan, totalnya besar juga loh. Agan bisa pikirkan ulang pengeluaran-pengeluaran kecil ini dan cari alternatif yang lebih terjangkau, seperti menyeduh kopi di kantor, misalnya.

6.   Lunaskan dulu semua utang



Sebelum menabung, ada baiknya Agan melunasi segala utang terlebih dulu supaya terbebas dari beban. Utang yang nggak segera dilunasi akan membuat keuangan Agan semakin tercekik. Sebaliknya, dengan melunasi semua utang terlebih dulu, Agan bisa fokus untuk menyisihkan uang untuk ditabung.
 
Itu dia Gan, beberapa tips menabung yang benar. Udah Agan lakuin belum? Ayo, mulai nabung dan berhemat dari sekarang, Gan, untuk kebutuhan masa depan kita.

Sumber
Diubah oleh ahoy44 02-09-2019 04:28
0
1.8K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
LifestyleKASKUS Official
10.5KThread11.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.