Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mental.pengemisAvatar border
TS
mental.pengemis
Setara Institute Sebut 10 Kampus Terpapar Paham Radikalisme
tirto.id - Direktur Riset Setara Institute, Halili mengatakan, terdapat 10 perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia terpapar paham Islam radikalisme. Hal ini berdasar riset yang telah dikerjakan. Ia juga mengatakan gelombang radikalisme pada 10 PTN tersebut dibawa oleh kelompok keagamaan yang eksklusif yakni dari kelompok yakni salafi-wahabi, tarbiyah, dan tahririyah.

"Corak kegiatan keislaman di kampus [yang terpapar radikalisme] itu monolitik. Cenderung dikooptasi oleh golongan Islam tertentu yang tertutup atau eksklusif," ujar dia, dalam diskusi 'Membaca Peta Wacana dan Gerakan Keagamaan di PTN', Jakarta Pusat

Halili mendasarkan penelitiannya kepada 10 PTN yakni 

UI emoticon-Matabelo

ITB
UGM
UNY
UIN Jakarta
UIN Bandung

IPB
UNBRAW
UNIRAM
UNAIR.

Ia juga mengatakan, kelompok keagamaan ekslusif tersebut melahirkan wacana yang kebenarannya diyakini sendiri. "Dominan wacanannya secara umum yakni berpegang teguh pada Alquran, Islam terdzolimi, Islam harus waspada. Mereka hanya meyakini yang mereka pelajari dan cenderung waspada dengan yang berpikir berbeda," ujar dia. Menurut dia, kelompok keagaman ekslusif ini, menjadikan masjid dan musala sebagai basis kaderisasi. Dalam menyebarkan ajarannya, kata dia, kelompok ini menyasar organisasi kemahasiswaan seperti Lembaga Dakwah Kemahasiswaan dan Lembaga Dakwah Fakultas. Menurut Halili, pejabat PTN semula tak mengetahui gerakan kelompok ini, namun kini sudah mulai menanganinya. "Inisiatif yang sudah dilakukan oleh beberapa perguruan tinggi menunjukkan bahwa aktor-aktor kunci di perguruan tinggi memainkan peran penting dalam mengurai structural opportunity dan mendestruksi enebling environments bagi berkembangnya wacana dan gerakan keislaman eksklusif di kampus, khususnya kampus negeri," ujar dia.

https://tirto.id/setara-institute-se...dikalisme-d9nh


chatcare
InRealLife
InRealLife dan chatcare memberi reputasi
0
973
11
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.